Home / Artikel / Antariksa / Sehari di Planet Pluto

Sehari di Planet Pluto


Sehari di Planet Pluto

Gambar-gambar beresolusi tinggi yang menakjubkan mengenai planet Pluto yang sering anda lihat saat ini sebagian besar hanya menunjukkan satu sisi saja dari planet kerdil tersebut, karena roket penyelidik New Horizons hanya terbang melintas dalam waktu yang singkat untuk mengambil gambar. Namun dalam jangka panjang, akumulasi dari penerbangan yang singkat ini membuat roket penyelidik New Horizons dapat memetakan gambar planet Pluto secara keseluruhan beserta bulan terbesarnya, yaitu Charon.

Perputaran Pluto yang terjadi sekali setiap 6,4 hari Bumi telah membuat Long Range Reconnaissance Imager (LORRI) dan Ralph/Multispectral Visible Imaging Camera yang terpasang di New Horizons mampu untuk menangkap gambar-gambar setiap rotasi yang terjadi di planet Pluto. Pengambilan gambar dimulai dari 8 juta kilometer (5 juta mil) pada tanggal 7 Juli, kemudian pengambilan gambar mengalami peningkatan hingga jarak 645.000 kilometer (400.000 mil) pada 13 Juli, sehari sebelum mendekati pengambilan gambar secara keseluruhan.

Sementara salah satu sisi Pluto, dengan wilayah berbentuk hati yang secara tidak resmi dikenal dengan sebutan Tombaugh Regio, tertangkap dalam gambar yang memiliki resolusi lebih tinggi, belahan Pluto lainnya tidak tampak secara terperinci. New Horizons tidak dapat menangkap gambar yang lebih baik dari itu. Hal ini disebabkan karena tidak ada misi terencana lainnya untuk menjelajah ke planet Pluto.

Sebuah mosaik terpisah mengungkapkan sehari penuh di Charon, bulan terbesar yang mengorbit planet Pluto, yang lagi-lagi hanya menampilkan satu belahan bulan saja yang dapat dilihat dalam tampilan penuh, seiring New Horizons yang hanya melintas secara sekilas. Bulan ini juga menyelesaikan satu rotasinya setiap 6,4 hari, yang berarti pasang surutnya terkunci pada planet Pluto sehingga Charon selalu terlihat di langit dan di tempat yang sama dari planet kerdil ini.

Tidak seperti Pluto, kedua belahan Charon terlihat cukup mirip, dengan kawah dan pegunungan yang tersebar tidak beraturan di permukaannya. Baik planet maupun bulan tersebut, keduanya terus memberikan berbagai ilmu yang menarik, seperti penemuan yang baru-baru ini terjadi, yaitu ditemukannya gunung berapi di planet Pluto.

New Horizons, sementara ini, terus-menerus mengirimkan berbagai data ke bumi. Selain itu juga, roket penyelidik New Horizons saat ini sedang dalam perjalanan untuk bertemu dengan sebuah objek yang dinamakan Kuiper Belt Object (KBO) yang terletak jauh melampaui orbit Pluto.

 

Sumber: bagikertas.blogspot.co.id



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Kisah Pilu Fikri, Santri "Peramal" Prabowo Jadi Menteri

access_time 29 Oktober 2019 21:48:25 folder_open 197

Gambar Pedesaan atau Gajah yang Pertama Kali Dilihat?

access_time 29 Oktober 2019 21:29:45 folder_open 202

Sejarah Panjang Tupperware, Wadah Favorit Emak-Emak

access_time 29 Oktober 2019 12:24:58 folder_open 178




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Kopi Kebersamaan, Kopi Enak Ga Harus Mahal

    Kopi Enak Ga Harus Mahal, dibuat dari biji kopi pilihan asli Indonesia dengan varian rasa yang bikin segar

  2. Belum ada komentar

menu
menu