Home / Artikel / Motivasi / Tak Perlu Menyombongkan Diri Atas yang Kita Miliki

Tak Perlu Menyombongkan Diri Atas yang Kita Miliki


Tak Perlu Menyombongkan Diri Atas yang Kita Miliki

Terkadang manusia sulit mengerti bahwa dunia ini hanyalah sekedar cerita sementara yang pada suatu saat kita akan menjumpai akhirnya. Kita tak lebih dari seorang hamba tak berdaya yang tak bisa melakukan apapun tanpa kuasa Sang Pencipta yang memiliki segalanya. Seharusnya kita bersyukur telah diberi kesempatan untuk hidup seperti sekarang ini dan menyadari bahwa hidup itu untuk memberikan manfaat bukannya sombong akan seuatu yang sekedar titipan. Jangan sampai kita terbuai dengan yang fana hanya karena kita lalai akan perintah dan jauh dariNya.

Kita sebagai manusia terkadang sulit menyadari dan bersyukur atas apa yang telah Tuhan berikan dan Tuhan titipkan kepada kita. Kita sulit untuk menyadari bahwa segala yang kita butuhkan Tuhan telah mencukupi dan memberikannya kepada kita. Namun namanya manusia selalu kurang atas apa yang ia miliki.sifat konsumtif dan selalu ingin yang lebih membuat manusia kadang lupa akan makna dari bersyukur.

Terlebih lagi bagi para manusia yang diberikan kelebihan harta, banyak diantara mereka yang malah menjadi serakah, sombong akan apa yang ia miliki seakan-akan dia yang paling berkuasa dan mampu berbuat sesuka hatinya. Dia tak pernah sedikitpun bersyukur dan sekedar menyadari bahwa semuanya hanya titipan Tuhan dan akan ditinggal ketika kita semua wafat.

Tak ada satupun yang hakiki kecuali Tuhan Yang Maha Menciptakan segalanya sesuai dengan apa yang diperlukan dan memiliki manfaat bagi hambaNya. Jadi apa yang perlu kita sombongkan dan kita banggakan? Tidakkah kita sadar bahwa semuanya hanyalah titipan?

Memang sudah menjadi kodratnya bahwa manusia selalu silau akan keberhasilan dan kesuksesan orang lain hingga kadang mereka lupa bahwa apa yang telah ia dapatkan dan Tuhan berikan sudah lebih dari sempurna untuk melengkapi kehidupannya. Melihat sosok lain yang lebih sempurna tanpa berkaca dan bersyukur atas apa yang kita miliki hanya akan menjadikan kita semua buta dan tak pernah mengerti akan hakika sebenarnya sesuatu yang kita miliki dan yang Tuhan berikan bagi hidup kita.

Selebihnya itu semua hanya akan mengundang kesengsaraan karena kita yang tidak bisa bersyukur atau malah kita berjalan dengan sombong diatas bumi yang Tuhan ciptakan ini. Kita harus menyadari bahwa segala yang melekat pada kehidupan kita sejatinya hanyalah titipan sementara dari Tuhan sebagai pelengkap hidup kita di dunia agar kita bisa dianggap sebagai seorang manusia.

Namun bagi mereka-mereka yang tak mengerti arti kehidupan akan jumawa dan merasa yang dia miliki sekarang adalah hasil usahanya sendiri tanpa berpikir kalau itu sejatinya adalah milik Tuhan yang hanya sebagian kecil di titipkan kepada kita sebagai hambaNya. Lantas apa yang perlu kita sombongkan dari barang titipan itu semua? bukankah itu bukanlah milik kita?

Terkadang manusia sulit mengerti bahwa dunia ini hanyalah sekedar cerita sementara yang pada suatu saat kita akan menjumpai akhirnya. Tiada satupun diantara kita yang akan kekal dalam cerita yang hanya sandiwara ini. Tidak satupun diantara manusia yang dapat menolak ketika kita harus kembali padaNya. Inilah yang seharusnya kita sadari dan kita pahami bahwa untuk apa kita menyombongkan diri jika kita sendiri sebenarnya hanyalah boneka berjiwa yang berperan dalam suatu cerita.

Kita tak lebih dari seorang hamba tak berdaya yang tak bisa melakukan apapun tanpa kuasa Sang Pencipta yang memiliki segalanya. Seharusnya kita bersyukur telah diberi kesempatan untuk hidup seperti sekarang ini dan menyadari bahwa hidup itu untuk memberikan manfaat bukannya sombong akan seuatu yang sekedar titipan. Jangan sampai kita terbuai dengan yang fana hanya karena kita lalai akan perintah dan jauh dariNya.

 

Sumber: vebma.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Covid-19, Vitamin C dan Kekebalan Tubuh

access_time 18 April 2020 10:53:01 folder_open 244

Pengusaha Cantik Asal Semarang yang Pekerjakan Puluhan Difabel

access_time 21 Maret 2020 11:21:55 folder_open 125

Nasihat Habib Jindan Agar Tak Kawatir Soal Rejeki

access_time 14 Maret 2020 11:40:13 folder_open 85




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Size Inn Hotel Cirebon, Low Budget 3-Stars Hotel

    Hotel nyaman dengan Lokasi strategis ditengah pusat kota Cirebon, dekat dengan shopping center, CSB dan Grage Mall

  2. Belum ada komentar

menu
menu