Home / Artikel / Hewan dan Tumbuhan / Fakta Menarik Tentang Ayam

Fakta Menarik Tentang Ayam


Fakta Menarik Tentang Ayam

Ayam mungkin salah satu hewan yang paling familiar dengan manusia. Terdapat beberapa fakta menarik tentang ayam itu sendiri.

Hewan yang paling sering ditemui selain kucing dan anjing mungkin adalah ayam. Ayam pun seringkali dipelihara dan diolah menjadi makanan. Ayam mungkin salah satu hewan yang paling familiar dengan manusia. Terdapat beberapa fakta menarik tentang ayam itu sendiri. 

Sebagai hewan yang paling sering ditemui, mungkin banyak dari kita yang tidak mengetahui bahwa terdapat fakta-fakta menarik tentang ayam itu sendiri. Apa saja faktanya?

1. Hanya boleh makan ayam dengan tangan

Ternyata ada sebuah daerah di dunia ini dimana hanya memperbolehkan memakan ayam dengan tangan. Di Kota Gainesville, Georgia, terdapat sebuah peraturan aneh. Kota yang dijuluki sebagai Kota Unggas Dunia ini adalah kota dimana ayam sangat dihargai. Bahkan di kota ini terdapat sebuah tugu dengan patung ayam di atasnya. Karena itu, memakan ayam adalah hal yang illegal disini. Satu-satunya cara untuk dapat mengkonsumsi ayam itu sendiri adalah dengan memakannya menggunakan tangan. Jadi jangan coba-coba untuk memakannya menggunakan sendok, garpu, atau bahkan pisau steak ya.

2. Chicken dance

Chicken dance atau tarian ayam tentu sudah sangat familiar dengan Anda bukan? Seperti misalnya di film Warkop yang diperankan oleh Almarhum Dono, Almarhum Kasino, dan Indro. Di film tersebut tari ayam seringkali ditampilkan diiringi dengan lagu khasnya. Bahkan diva besar seperti Beyonce pun pernah melakukan chicken dance di atas panggung. Tetapi tahukah Anda siapa pencipta tarian tersebut? Tarian ayam atau chicken dance ini diciptakan oleh Werner Thomas of Davos di Switzerland sekitar pada tahun 1960-an.

3. Hewan berdarah panas

Siapa yang menyangka jika ternyata hewan bernama ayam ini adalah hewan yang berdarah panas? Bukan hanya sekedar berdarah panas seperti yang sering kita pelajari di dalam Biologi, tetapi ayam memang memiliki darah yang panas secara harfiah. Jadi tidak sembarangan orang yang dapat memegang darah ayam segar. Karena itu suhu tubuh mereka pun tidak pernah berubah-ubah dan selalu stabil.

4. Wajah 100 orang

Percaya atau tidak, ternyata ayam memiliki kemampuan khusus yang mungkin tidak dimiliki oleh hewan lainnya. Kemampuan ini adalah kemampuannya dalam mengenali wajah. Menurut penelitian, ayam diyakini dapat mengenali wajah hingga 100 orang. Menarik, bukan?

5. Memiliki usia yang panjang

Menurut penelitian ayam adalah hewan dengan ketahanan tubuh yang baik. Meskipun terkesan memakan apa saja secar sembarangan, nyatanya ayam jarang sekali sakit seperti hewan lainnya. Hal ini besar dipengaruhi oleh daya tahan tubuhnya yang baik. Karena hal ini ayam pun diyakini memiliki masa hidup atau umur yang panjang. Usianya sendiri dapat mencapai 10-12 tahun. Ada baiknya meskipun ayam memiliki kekebalan tubuh yang baik, pemiliknya pun tetap harus merawat dan memberikan vaksinasi agar kesehatan ayam tersebut tetap terjaga.

6. Ayam goreng adalah menu favorit setiap orang

Ayam goreng adalah makanan yang paling mudah ditemui dan ramah bagi perut rata-rata kebanyakan orang. Faktanya, sekitar 80% dari seluruh orang di dunia mengaku bahwa mereka menyukai ayam goreng. Tidak heran jika restoran yang menyajikan ayam goreng sebagai menunya laris diserbu di seluruh dunia. Tak hanya itu, variasi ayam goreng itu pun kini semakin berkembang dan makin disukai. Sebut saja ayam goreng tepung khas restoran cepat saji yang sangat banyak penggemarnya. Lalu berbagai ayam goreng khas Indonesia yang juga tidak kalah enaknya. Tak heran jika banyak orang yang menyukai ayam goreng, bukan?

Ternyata ayam bukanlah sekedar ayam tetapi menyimpan berbagai fakta yang mungkin belum diketahui khalayak banyak. Anda penggemar olahan ayam?

 

Sumber: vebma.com



Berita Terbaruberita terbaru lainnya

Jorge Lorenzo Puji Bali Setinggi Langit

access_time03 Desember 2019 18:14:04

Erick Thohir Heran Banyak BUMN Punya Hotel

access_time03 Desember 2019 17:43:52

Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Kisah Pilu Fikri, Santri "Peramal" Prabowo Jadi Menteri

access_time 29 Oktober 2019 21:48:25 folder_open 125

Gambar Pedesaan atau Gajah yang Pertama Kali Dilihat?

access_time 29 Oktober 2019 21:29:45 folder_open 113

Sejarah Panjang Tupperware, Wadah Favorit Emak-Emak

access_time 29 Oktober 2019 12:24:58 folder_open 103




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted TIKI Arjawinangun, Hanya Satu Titipan Kilat

    TIKI, Hanya satu titipan kilat.. Kami hadir lebih dekat, telah hadir TIKI AGEN ARJAWINANGUN, Kab. Cirebon

  2. Belum ada komentar

menu
menu