Home / Artikel / Inspiring / Jangan Malu Jadi Sederhana Tapi Malulah Kalau Pura-Pura Kaya

Jangan Malu Jadi Sederhana Tapi Malulah Kalau Pura-Pura Kaya


Jangan Malu Jadi Sederhana Tapi Malulah Kalau Pura-Pura Kaya

Terkadang saat kita terlalu sibuk dan serius dalam mengejar dunia, kita sendiri melupakan apa yang sebenarnya menjadi kebahagiaan kita. Karena kelalaian ini dan semakin menjauh dari Sang Pencipta menjadikan beberapa diantara kita bahkan diri kita sendiri menyombongkan diri dengan hal-hal yang sebenarnya tidak kita miliki.

Setiap saat manusia selalu melakukan usaha terbaiknya untuk mencapai sesuatu yang dia inginkan dan dia cita-citakan. Hal itu memang sudah menjadi sebuah kepastian jika manusia dilahirkan untuk berusaha dan berbuat manfaat mencapai tujuan hidupnya yakni bahagia dan membahagiakan orang lain. Bukan suatu hal yang tabu pula jika manusia selalu menginginkan dirinya hidup dengan diliputi kesenangan, kemakmuran, dan kebahagiaan dalam hidupnya.

Semua orang hampir mempunyai pemikiran seperti itu yang menjadikan dia ambisius dan idealis dalam mencapai sesuatu yang dia anggap sebagai kebahagiaan di dalam hidupnya. Bukan suatu hal mudah tentunya untuk mencapai semua itu. Pengorbanan waktu, tenaga, pikiran, dan hati bahkan semua usaha keras patut kita lakukan demi mencapai kebahagiaan itu. Hampir mayoritas diantara kita memaknai kesuksesan dan kebahagiaan adalah dari segi materi, dimana kehidupan kita diliputi dengan segala hal yang mewah, kehidupan yang mapan, penghasilan menakjubkan, dan berbagai perspektif mengenai harta. Namun ketahuilah bahwa harta itu fana dan bukan suatu ukuran untuk menjadi tolak ukur kebahagiaan seseorang.

Terkadang saat kita terlalu sibuk dan serius dalam mengejar dunia, kita sendiri melupakan apa yang sebenarnya menjadi kebahagiaan kita. Karena kelalaian ini dan semakin menjauh dari Sang Pencipta menjadikan beberapa diantara kita bahkan diri kita sendiri menyombongkan diri dengan hal-hal yang sebenarnya tidak kita miliki. Manusia memang diciptakan memiliki hati yang menjadikannya mahluk perasa dan sensitif.

Diantara kita ada orang yang selalu bersikap seolah-olah dia mempunyai segalanya padahal semua yang ia bicarakan tidak satupun yang benar-benar menjadi miliknya. Lantas apa hubungannya dengan hati? Jawabannya adalah gengsi. Ya, manusia terkadang mempunyai perasaan malu karena dia tidak mempunyai apa yang orang lain miliki sementara dia tidak ingin orang lain mengetahui dan menjadikan dia berdusta terhadap segala perbuatan dan perkataannya. Orang-orang seperti ini selalu tidak pernah bersyukur atas nikmat yang telah diberi.

Dia selalu buta dan iri akan milik dan hasil usaha orang lain tanpa pernah berpikir mensyukuri apa yang sebenarnya telah ia miliki. Orang seperti ini akan malu jika orang lain mengetahui bahwa dirinya tidak mempunyai materi seperti yang orang lain miliki. Inilah bencana yang selalu akan didapati dari orang-orang yang tak pernah bersyukur atas nikmat yang dititipkan, seharusnya mereka malu akan hal tersebut.

Berbeda terbalik dengan orang yang selalu bersyukur dan hidup dalam kesederhanaan sekalipun sebenarnya dia dititipi Tuhan dengan harta yang melimpah. Yang ia lakukan dengan hartanya adalah bersedekah karena ia sadar sebagian hak orang yang tak mampu ada pada harta yang dimiliki. Dia selalu bersyukur atas nikmat yang telah diberi tanpa pernah malu ataupun merasa iri dengan yang orang lain miliki.

Mereka sadar bahwa semuanya adalah titipan Yang Maha Kuasa jadi tidak sepantasnya jika kita menyombongkan diri dengan itu semua. ingat bahwa sederhana adalah gaya hidup orang-orang yang senantiasa bersyukur, bukan berarti dia mau miskin tetapi dia selalu sadar bahwa yang sekarang ada hanyalah sementara dan tidak patut untuk dipamerkan kepada orang lain. Dia selalu mengerti hakikat kehidupan ini yang hanya sementara, maka dari itu selalu bersyukur akan menjadikan dia hambaNya yang paling berbahagia.

 

Sumber: vebma.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Covid-19, Vitamin C dan Kekebalan Tubuh

access_time 18 April 2020 10:53:01 folder_open 237

Pengusaha Cantik Asal Semarang yang Pekerjakan Puluhan Difabel

access_time 21 Maret 2020 11:21:55 folder_open 120

Nasihat Habib Jindan Agar Tak Kawatir Soal Rejeki

access_time 14 Maret 2020 11:40:13 folder_open 81




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Promosikan Bisnis Anda bersama AdsMart by Komiqu.com

    Promosikan bisnis atau produk Anda bersama AdsMart by Komiqu.com, cuma Rp. 10.000 / hari saja bro..

  2. Belum ada komentar

menu
menu