Home / Artikel / Edukasi / Kunci Sukses Menjadi Musisi Besar

Kunci Sukses Menjadi Musisi Besar


Kunci Sukses Menjadi Musisi Besar

"Banyak jalan menuju roma", begitulah pepatah yang mungkin sering kita dengarkan, yang intinya adalah banyak cara untuk mencapai sesuatu yang kita inginkan. Begitu juga dalam bermusik, banyak cara yang dapat dilakukan untuk bisa menjadi pemusik yang profesional, masing-masing orang mempunyai caranya sendiri dalam meningkatkan skillnya dalam bermain musik dan mencapai kesuksesan di industri musik.

Tekun berlatih adalah kunci sukses untuk menjadi musisi yang berhasil di industri musik. Dengan berlatih anda akan menemukan ciri khas atau gaya musik sendiri dalam bermusik, dalam industri musik keunikan musik mempunyai nilai jual yang tinggi.

Untuk menunjang keterampilan Anda dalam bermusik berikut ini akan saya berikan beberapa kunci untuk mempermudah menjadi musisi terbaik.

Menentukan Ritme/ Rythm

Ritme adalah perulangan bunyi-bunyi yang mengiringi lagu dan mempunyai pola tertentu dalam sebuah lagu, ritme juga dapat mengatur atmosfer sebuah lagu, dengan adanya ritme sebuah lagu akan terdengar indah dan harmonis, biasanya ritme dapat menentukan perasaan yang dibawakan oleh sebuah lagu. Jika anda ingin menjadi musisi besar, anda harus bisa menentukan ritme-ritme lagu anda, berlatih menentukan ritme-ritme pada setiap lagu yang anda sukai dari musisi lain dapat memudahkan anda nanti dalam membuat lagu-lagu anda sendiri nantinya. Kalau kita sudah fasih mengatur atau mengaransmen ritme sebuah lagu, saya yakin anda akan menjadi musisi besar nantinya. Latih terus intuisi anda dalam menentukan ritme karena dari situ anda juga dapat menemukan ciri khas atau keunikan gaya bermusik Anda.

Melatih Pendengaran

Kadang-kadang kita pernah mendengar sebuah lagu yang mungkin terasa tidak seimbang, atau salah satu instrumen perlu terdengar sangat keras padahal itu tidak perlu dan membuat musik tersebut kurang harmonis. Hal tersebut sebenarnya dapat diatasi, walaupun biasanya pada dapur rekaman sudah ada orang yang biasanya disebut dengan bagian mastering yaitu orang  mengatur tinggi rendahnya suatu instrumen pada saat mixing tapi alangkah baiknya kalau kita sendiri yang mengatur hal tersebut, dengan begitu kita dapat memciptakan lagu seperti yang kita inginkan.

Kita dapat melatih pendengaran kita dengan cara menyimak lagu dengan seksama dan memisahkan suara-suara setiap instrumen, jadi kita dapat mengimajinasikan bentuk suatu suara dalam lagu kita dan kemudian membentuk suara tersebut yaitu dengan mengatur tinggi rendahnya suara pada setiap instrumen. Hal tersebut mudah di aplikasikan jika kita menggunakan salah satu DAW, tapi jika kita memaikan musik secara berkelompok atau band, Anda harus bisa bekerja sama dengan tim untuk mengatur setiap pukulan atau petikan instrumen-instrumen masing-masing sehingga Anda dapat mendapatkan feel musik yang anda inginkan.

Melatih Ingatan

Ingatan sangat penting dalam bermusik, ingatan yang kuat dapat mempermudah kita dalam bermusik. Jadi sangat penting bagi Anda untuk melatih daya ingat anda dalam bermusik, misalnya mengingat nada, chord, melody atau bagian-bagian lagu lainnya. Saya rasa berlatih dapat meningkatkan daya ingat anda, asal caranya jangan terlalu kaku, ikuti saja alunan-alunan lagu yang anda dengar lalu aplikasikan sampai dengan alat musik Anda sampai anda hafal, karena hal tersebut akan memudahkan anda dalam mengingat.

Konsisten

Salah satu yang paling penting jika anda ingin menjadi musisi profesional adalah konsisten. Anda harus konsisten dengan apa yang anda lakukan dalam musik. Konsisten dengan berlatih dan mencoba hal-hal baru dalam permainan musik anda dapat membuat proses berlatih menjadi sangat menyenangkan. Hal ini juga dapat meningkatkan memory anda dalam mengingat nada-nada musik, sehingga secara tidak langsung anda meningkatkan kosa kata anda dalam bermusik.

Rajin

Sama seperti konsisten, anda harus giat untuk menjadi musisi besar, tidak ada sesuatu yang instan kecuali mie instan hehehe :), rajin berlatih dan mencoba hal-hal baru merupakan cara paling cepat untuk kesuksesan anda dalam industri musik. Musisi besar saat ini tidak mungkin malas-malasan sampai akhirnya mereka menjadi sukses, bahkan sampai saat ini mereka masih sering berlatih dan berlama-lama di studio untuk terus mengasah kemampuan mereka.

Mempunyai Inisiatif

Berinisiatif sendiri dalam melakukan sesuatu yang baru dan teknik baru dapat menuntun anda menemukan langkah-langkah brilian Anda sebagai musisi. Inisiatif sangat penting kaitannya bagi seorang musisi, yaitu dengan bagaimana seorang musisi dapat mendapatkan motivasi dari inisiatif-inisiatif yang Ia torehkan dan juga dapat menularkannya dengan orang lain sehingga menjadikan seni musik lebih beraneka ragam.

Pelajari Setidaknya Beberapa Aliran Musik

Kita tahu sekarang sudah banyak sekali aliran-aliran musik yang berkembang baik di dalam negeri maupun mancanegara. Kita sebagai musisi harus flexibel untuk mau mempelajari aliran-aliran musik yang berkembang, oleh karena itu jangan hanya mempelajari aliran musik yang kita senangi saja, sangatlah bijaksana jika kita mau mencoba memahami aliran-aliran musik lain. Dengan memahami beberapa aliran musik lain dapat memungkinkan kita untuk bisa mengawinkan beberapa aliran musik menjadi satu, sehingga dapat menciptakan aliran tersendiri, siapa tahu dengan aliran musik yang Anda ciptakan itu Anda akan menjadi musisi besar di sana.

Temukan Ciri Khas Musik Anda

Bukan rahasia umum lagi saat ini banyak musisi-musisi terkenal dalam sekejap karena mempunyai keunikan dari musik yang Dia buat. Style sangat dibutuhkan dalam industri ini yang dapat menunjukan bahwa anda lain dari pada yang lain. Ini sangat penting, jadi berlatihlah sampai anda mempunyai nilai sendiri pada musik anda.

Cintailah Musik

Anda akan kesuliatan nantinya jika Anda tidak bisa mencintai apa yang anda lakukan, jadikanlah musik sebagai hidup Anda. Rasa cinta Anda terhadap musik akan membimbing Anda untuk bisa melakukan hal-hal luar biasa dalam bermusik. Kecintaan anda terhadap musik merupakan motivasi terbesar yang sangat anda butuhkan untuk bisa berhasil di industri musik, karena menjadi musisi profesional membutuhkan perjalanan yang sangat panjang, dengan kecintaan Anda pada musik akan membuat Anda pantang menyerah dan terus berusaha menemukan kesuksesan Anda menjadi seorang musisi besar nantinya.

Kesimpulannya adalah yang paling penting untuk sukses di industri musik adalah inovasi, kecintaan, konsisten dan giat dalam menekuni bidang ini, kita bisa lihat salah satu penyanyi kita yaitu Agnes Monica yang kini telah sukses bahkan di industri musik luar negeri, yang pada mulanya dia sendiri hanya bermodalkan kecintaannya pada musik yang terbukti pada saat dia meninggalkan dunia akting demi untuk bisa konsisten di dunia musik.

Hal yang dapat ditiru bagi kita yang ingin sukses dalam industri musik yaitu harus percaya pada impian kita untuk bisa menjadi musisi besar, seperti Agnes Monica yang mulai bermimpi sejak tahun 2006 untuk menjadi penyanyi internasional dan sekarang tahun 2014, ya sekitar 8 tahunan Dia berjuang dan akhirnya saat ini bisa dikatakan berhasil. Itulah musik, butuh waktu yang panjang tapi akan terasa ringan ketika kita mempunyai tekad dan percaya pada mimpi kita.

 

Sumber: http://tipsdaninformasimusik.blogspot.co.id/2014/04/kunci-sukses-menjadi-musisi-besar.html



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Covid-19, Vitamin C dan Kekebalan Tubuh

access_time 18 April 2020 10:53:01 folder_open 219

Pengusaha Cantik Asal Semarang yang Pekerjakan Puluhan Difabel

access_time 21 Maret 2020 11:21:55 folder_open 111

Nasihat Habib Jindan Agar Tak Kawatir Soal Rejeki

access_time 14 Maret 2020 11:40:13 folder_open 75




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted J&T Express Arjawinangun, Gratis Jemput Paket DiTempat

    J&T Express, Gratis Jemput Paket DiTempat, melayani kiriman paket dan dokumen. Temukan DP terdekat kami dikota

  2. Belum ada komentar

menu
menu