Home / Artikel / Healthy / 7 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Manusia

7 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Manusia


7 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Manusia

Jahe merupakan tanaman rimpang yang biasa dipakai untuk bahan rempah makanan dan juga minuman hangat. Namun selain itu, jahe ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Jahe adalah tanaman rimpang yang biasa dipakai sebagai bahan rempah makanan dan juga minuman hangat di musim dingin atau musim hujan. Selain bisa menghangatkan tubuh, jahe ternyata juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Bahkan beberapa minuman herbal juga memakai jahe sebagai bahan utamanya. Tak hanya itu saja, di luar negeri seperti di Australia. Jahe juga dijadikan sebagai minuman dan juga cemilan khas yang di produksi secara massal ke seluruh penjuru Australia. Berikut kami paparkan beberapa manfaat jahe untuk kesehatan tubuh manusia :

1. Obat Masuk Angin

Jahe adalah tanaman yang bisa dijadikan sebagai minuman penghangat tubuh. Minuman jahe ini juga merupakan minuman wajib bagi orang-orang yang tinggal di daerah pegunungan dengan cuaca yang sangat dingin. Selain itu, kandungan anti toksin dalam jahe juga mampu mengobati masuk angin.

2. Pencegah Kanker

Manfaat lain dari jahe bagi kesehatan tubuh adalah bisa mencegah timbulnya penyakit kanker. Sebab kandungan ekstrak dalam jahe itu mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker seperti kanker paru-paru, kanker kulit, dan kanker ginjal.

3. Melegakan Pernafasan

Untuk anda yang sering mengalami masalah pernafasan seperti batuk dan flu. Cobalah untuk mengkonsumsi jahe. Sebab jahe merupakan tanaman yang memiliki ekspektoran alami untuk melegakan dan menghilangkan dahak yang menghambat pernafasan.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Selain bisa dijadikan sebagai minuman hangat. Jahe ternyata memiliki manfaat yang sama dengan buah-buahan yakni untuk melancarkan sistem pencernaan. Jika anda sering mengalami susah air besar. Maka jahe bisa menjadi solusinya, sebab jahe juga bisa membantu melancarkan pencernaan.

5. Meredakan Rasa Nyeri

Manfaat lain dari jahe adalah dapat digunakan untuk meredakan rasa nyeri. Jika anda sedang mengalami memar atau pun luka lebam. Maka gunakanlah jahe sebagai obat untuk meredakan rasa nyeri. Tak hanya itu, jahe ternyata juga bisa mengurangi rasa nyeri pada orang yang mengalami masalah rematik.

6. Mengurangi Kulit Berminyak

Tak hanya bisa dijadikan sebagai obat, jahe juga bisa dipakai untuk mengurangi kulit berminyak. Yakni dengan cara menyampurkan jahe dengan garam, bubuk kayu manis, dan juga bubuk pala. Setelah itu anda bisa menghaluskan dan mengaduknya dengan air hingga merata. Kemudian oleskan secara merata pada wajah dan tunggu hingga beberapa menit. Terakhir, anda tinggal membilasnya dengan air dingin.

7. Mengurangi Ketombe

Manfaat lain dari jahe adalah dapat mengurangi ketombe pada rambut. Yakni dengan cara memakai jahe sebagai pencuci rambut alami. Dengan menggunakan jahe sebagai bahan pencuci rambut, anda pun bisa mengatasi masalah kerontokan.

Demikian artikel tentang 7 manfaat jahe untuk kesehatan manusia. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda tentang manfaat-manfaat tanaman jahe.

 

Sumber: vebma.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Covid-19, Vitamin C dan Kekebalan Tubuh

access_time 18 April 2020 10:53:01 folder_open 238

Pengusaha Cantik Asal Semarang yang Pekerjakan Puluhan Difabel

access_time 21 Maret 2020 11:21:55 folder_open 120

Nasihat Habib Jindan Agar Tak Kawatir Soal Rejeki

access_time 14 Maret 2020 11:40:13 folder_open 81




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Diskon 50% APD dan Masker, JNE Express

    Diskon 50% APD (JTR) dan Masker (OKE) ke Seluruh Pulau Jawa dan Bali.. Max. 5kg. Walk in Interview di Sales Counter

  2. Belum ada komentar

menu
menu