Home / Artikel / Healthy / Ciri Awal Ketika Kamu Terserang Penyakit Flu

Ciri Awal Ketika Kamu Terserang Penyakit Flu


Ciri Awal Ketika Kamu Terserang Penyakit Flu

Saat sedang sakit apalagi saat sedang sakit flu, terkadang beberapa aktifitas menjadi terganggu.

Tubuh yang sehat adalah kebahagiaan bagi sebagian banyak orang. Beraktifitas menjadi lancar, perasaan senang, dan melakukan apapun menjadi lebih semangat.

Dengan tubuh sehat yang dimiliki seseorang, pasti ia selalu menjaga pola makan dan istirahatnya secara teratur sehingga kekebalan tubuhnya akan selalu terjaga setiap waktu. Kadang penyakit juga bisa datang dari seseorang yang berada di sekitarmu. Contohnya saja penyakit yang sangat mudah menular lewat udara atau sentuhan seperti penyakit flu, yang lebih dikenal dengan penyakit pilek.

Usia dini maupun dewasa pun sama saja dan rawan tertular penyakit flu, jika pada saat itu kondisi tubuh mereka memang tidak pada kondisi yang fit. Dan lagi, kurangnya olah raga yang membuat bdan menjadi cepat lelah dan kurang bertenaga. Penyebab lainnya adalah makanan dingin dan juga makanan yang pengolahannya kurang sehat dan juga tidak ditutupi sehingga tercampur debu yang tak kasat mata saat dimakan.

Penyakit yang disebabkan oleh virus RNA dari family orthomyxhoviridae yang memang sangat mikro ukurannya dan hanya bisa dilihat dengan alat bantu mikroskop. Gejalanya hidung seperti terasa tersumbat, dan juga adanya cairan ingus sangat mengganggu kelancaran pernafasan pada paru – paru. Lalu, pernahkah kalian bingung saat badan kalian tiba – tiba terasa aneh ?

Berikut tanda – tanda awal seorang terserang virus flu atau influenza.

Badan Terasa Pegal

Pernahkah kalian merasa pegal – pegal di badan padahal pada hari itu kalian tidak terlalu banyak melakukan aktifitas berat ? Itu adalah bentuk reaksi dari tubuh dalam menerima rangsangan dari virus flu yang menular ke kalian. Biasanya badan akan terasa lebih lemas dan pegal lebih dari biasanya sekalipun kalian tidak melakukan aktifitas.

Kepala Pusing

Biasanya gejala pertama akan diikuti dengan rasa pusing ringan di kepala yang membuat kepala menjadi terasa agak berat dan otor syaraf di daerah pelipis seperti menegang.

Suhu Tubuh Meningkat

Pada saat seseorang terserang flu, suhu badannya akan lebih panas beberapa derajat dari suhu biasanya, Jika suhu normal orang dalah 36 derajat celcius, maka suhu tubuh bisa menjadi 37 atau 38 dan tidak terlalu panas.

Bersin

Setelah rasa sakit dan gatal di tenggorokan agak mereda, biasannya  akan berlanjut pada gejala bersin – bersin, yaitu gejala seperti tersentak pada area hidung dan mengeluarkan suatu cairan yang juga merupakan respon alami tubuh untuk melawan virus flu sebelum ditangani dengan obat.

Hidung Mengeluarkan Ingus

 

Dan ini adalah ejala awal yang paling kentara pada penderita penyakit flu yang mana pasti hidung akan mengeluarkan cairan ingus sebagaiman respon alami tubuh yang berusaha untuk mengeluarkan virus itu melalui cairan ingus. Jika tidak segera diberikan obat atau pola makan dan istirahat jurang dijaga, biasanya malah berdampak pada hidung terasa seperti tersumbat.

Saat – saat pilek memang tidak pernah menyenangkan apalagi untuk beraktifitas dalam keseharian yang sangat membutuhkan tenaga fit untuk melakukan bermacam kegiatan.  

Untuk itu selalu jaga pola makan dan istrihatmu ya  agar mempercepat proses penyembuhannya !

 

Sumber: vebma.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Kisah Pilu Fikri, Santri "Peramal" Prabowo Jadi Menteri

access_time 29 Oktober 2019 21:48:25 folder_open 129

Gambar Pedesaan atau Gajah yang Pertama Kali Dilihat?

access_time 29 Oktober 2019 21:29:45 folder_open 124

Sejarah Panjang Tupperware, Wadah Favorit Emak-Emak

access_time 29 Oktober 2019 12:24:58 folder_open 113




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Size Inn Hotel Cirebon, Low Budget 3-Stars Hotel

    Hotel nyaman dengan Lokasi strategis ditengah pusat kota Cirebon, dekat dengan shopping center, CSB dan Grage Mall

  2. Belum ada komentar

menu
menu