Home / Artikel / Healthy / Tips Menjaga & Mencegah Kerusakan Mata

Tips Menjaga & Mencegah Kerusakan Mata


Tips Menjaga & Mencegah Kerusakan Mata

Mata adalah sumber pengelihatan pada tubuh kita. Menjaganya untuk tetap sehat adalah hal yang wajib dilakukan.

Mata adalah salah satu organ tubuh yang mempunyai peran penting bagi tubuh kita. Melalui mata kita dapat melihat indahnya dunia dan ciptaannya. Namun mata tidak dapat selalu sehat apabila dari kita sendiri tidak menjaganya dengan baik. Ada kalanya pengelihatan mata mulai berkurang dan ada nya rasa tidak nyaman pada mata kita.

Supaya organ tubuh yang satu ini tetap sehat diperlukan perawatan yang baik dan pencegahan dari hal-hal yang mungkin tanpa kita sadari dapat merusak fungsi dari mata kita sendiri. Melalui perawatan dan pencegahan tentu saja dapat meminimalisir kerusakan dini pada mata. Tips-tips berikut ini bisa kita lakukan agar mata kita bisa terus sehat dan berfungsi dengan berfungsi dengan baik.

Rutin mengkonsumsi buah & sayur yang mengandung Vitamin A

Mata kita sangat membutuhkan Vitamin A agar bisa terus sehat dan terjaga. Untuk mendapatkan asupan Vitamin A tersebut kita wajib mengkonsumsi buah dan sayur yang banyak memiliki kandungan tersebut. Buah dan sayur yang banyak mengandung Vitamin A diantaranya pepaya, mangga, wortel, semangka, dan strawberry.

Selain mendapatkan asupan Vitamin A dari buah dan sayuran, kita bisa menambah asupan Vitamin A untuk mata kita dengan mengkonsumsi Vitamin dari apotik atau dokter yang dianjurkan. Dengan rutin mendapatkan asupan Vitamin A ke tubuh kita otomatis mata kita akan tetap sehat dan terjaga.

Kurangi paparan cahaya Smartphone / Laptop


Smartphone dan laptop tidak bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Baik itu untuk keperluan bekerja, berkomunikasi atau mungkin sebagai media hiburan. Tapi perlu diketahui bahwa cahaya dari layar laptop ataupun smartphone dapat merusak pengelihatan kita apabila kita tidak memberikan istirahat pada mata setelah menatap layar smartphone / laptop tersebut.

Para dokter menganjurkan untuk menimalisir kerusakan pada mata kita akibat paparan cahaya smartphone / laptop tersebut kita setiap 20 menit harus mengarahkan pandangan mata ke tempat lain selama 20 detik. Yang lebih dianjurkan adalah melihat dedaunan hijau dan tumbuh-tumbuhan segar seperti contohnya bunga. Ini wajib dilakukan setiap 20 menit sekali secara berkala.

Jangan sering mengusap mata

Terkadang mata kita terasa gatal sehingga kita merasa tidak nyaman. Namun apabila hal tersebut terjadi, lebih baik kedipkan saja mata hingga rasa gatal hilang. Tetapi apabila rasa gatal tak kunjung hilang boleh mengusap mata, asalkan tangan kita tidak dalam kondisi kotor. Apabila kita mengusap mata sedangkan tangan kita dalam kondisi kotor kemungkinan akan ada kotoran yang akan masuk ke daerah organ mata.

Jadi, selalu perhatikan kondisi tangan sebelum mengusap mata kita. Untuk yang suka merasa mata gatal dan mata merah juga apabila suka menggunakan obat tetes mata sebaiknya mulai dikurangi, karena obat tetes mata tidak baik jika digunakan secara terus menerus dan hingga menjadi kebiasaan.

Hindari membaca terlalu dekat dan pencahayaan minim

Bagi yang hobi membaca, perhatikan jarak mata dengan buku yang dibaca. Perlu diketahui membaca terlalu dekat sangat tidak dianjurkan untuk kesehatan mata. Membaca dengan cahaya minim pun demikian, karena ketika kita membaca dengan cahaya yang minim organ mata kita cenderung bekerja lebih keras lagi dan jika ini terus dilakukan perlahan akan merusak mata.

Untuk mengantisipasi kerusakan akibat membaca, kita dapat menjaga jarak pandangan antara buku yang dibaca dengan mata kita sejauh 30cm. Sedangkan untuk membaca, walaupun malam hari sebenarnya boleh dilakukan asalkan pencahayaan cukup dan cahaya tidak hanya difokuskan pada tulisan yang kita baca saja.

Rutin memeriksa kesehatan mata ke dokter


Rutin memeriksa ke dokter penting dilakukan walaupun kita sudah merasa telah menjaga kesehatan mata dengan baik dan tepat. Apalagi jika kita sudah merasa adanya gangguan pada mata, itu harus segera diperiksakan dan dikonsultasikan bersama dokter.

Jadi jangan menunda nunda apabila sudah ada rasa tidak nyaman pada mata, apabila dibiarkan bisa saja terjadi hal buruk ke mata kita. Datanglah ke dokter yang memang sudah ahli dalam bidang tersebut dan pertanyakan masalah yang kita alami pada mata kita. Harapannya tentu saja kita mengetahui apa masalah pada mata kita dan kita segera bisa mengatasi permasalahan tersebut.

Menjaga mata tetap sehat harus dilakukan. Kita pastinya tidak mau menggunakan kaca mata karena pengeliatan mata mulai buram dan tidak jelas lagi. Apalagi jika usia masih muda, menjaga mata harus dilakukan supaya tidak rusak di usia dini dan perlahan mencegah kerusakan mata di masa mendatang.

Dengan melakukan tips-tips diatas dengan benar dan rutin, pastinya perlahan kita akan merasakan dampak baiknya pada kesehatan mata kita. Kesehatan adalah sesuatu hal yang mahal, maka dari itu kita harus segera memulainya supaya nantinya tidak menyesal dikemudian hari.

 

Sumber: vebma.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Covid-19, Vitamin C dan Kekebalan Tubuh

access_time 18 April 2020 10:53:01 folder_open 321

Pengusaha Cantik Asal Semarang yang Pekerjakan Puluhan Difabel

access_time 21 Maret 2020 11:21:55 folder_open 151

Nasihat Habib Jindan Agar Tak Kawatir Soal Rejeki

access_time 14 Maret 2020 11:40:13 folder_open 107




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Promosikan Bisnis Anda bersama AdsMart by Komiqu.com

    Promosikan bisnis atau produk Anda bersama AdsMart by Komiqu.com, cuma Rp. 10.000 / hari saja bro..

  2. Belum ada komentar

menu
menu