Home / Artikel / Healthy / Mengenali Penyakit Anemia dan Cara Pencegahannya

Mengenali Penyakit Anemia dan Cara Pencegahannya


Mengenali Penyakit Anemia dan Cara Pencegahannya

Anemia merupakan kondisi dimana tubuh kita kekurangan sel darah merah. Untuk itu marilah kita mulai mengenali penyakit Anemia tersebut dan melakukan pencegahan sebelum penyakit ini menyerang kita.

Anemia biasa disebut dengan kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah. Sementara sel darah merah sendiri berfungsi sebagai penghantar zat gizi serta nutrisi kedalam tubuh. Dengan mengidap anemia tentu saja akan berdampak pada penurunan aktifitas dari diri kita sendiri. Seperti mudah lelah, sering mengalami pusing, tidak bisa berkonsentrasi, dan gejala-gejala yang berdampak buruk lainnya bagi tubuh.

Anemia sendiri bisa menyerang siapa saja. Tidak hanya orang yang telah berusia lanjut saja, tetapi remaja pun bisa terkena penyakit yang satu ini. Maka dari itu, penting bagi kita semua untuk mengenal penyakit Anemia dan mencoba mencegahnya supaya menyerang kita supaya kelak tidak akan mengganggu aktifitas kita..

Mengenali tanda-tanda terkena Anemia

Mengenali tanda-tanda terkena Anemia bisa dilihat dari fisik luar orang tersebut. Yang paling jelas adalah adanya perubahan warna pada mata pengidapnya, apabila biasanya dibawah kelopak mata kita berwarna merah cerah. Namun apabila yang terlihat adalah berbeda warna, maka bisa dicurigai orang tersebut mengidap anemia. Untuk dari orang itu sendiri yang mengindikasikan terkena penyakit Anemia adalah terasa mudah lelah, sakit kepala, dan merasakan mual.

Jika tanda-tanda tersebut sudah terlihat, ada baiknya segera periksakan ke dokter untuk dapat menganalisa lebih jauh apa yang sebenarnya sedang terjadi. Mintalah saran dan penanganan yang tepat untuk dapat mengatasi penyakit anemia tersebut.

Faktor-faktor penyebab Anemia

Banyak faktor penyebab timbulnya Anemia, yang paling jelas adalah karena asupan makanan yang tidak tepat. Anemia bisa ditimbulkan karena kurangnya gizi untuk tubuh kita. Selain itu, penyebab anemia juga bisa disebabkan oleh faktor genetic. Jadi, semisal orang tua kita mempunyai riwayat penyakit anemia bisa diturunkan juga ke tubuh kita.

Namun, faktor penyebab Anemia yang paling jelas adalah dari pola makan dan makanan yang kita konsumsi. Untuk itu, cobalah mengkonusmi makanan yang kaya akan gizi, zat besi, asam folat dan Vitamin B12. Kemudian bagi Ibu Hamil lebih rentan terkena Anemia. Ini karena Ibu Hamil cenderung lebih banyak membutukan sel darah merah. Maka dari itu bagi Ibu Hamil untuk mencegah terkena Anemia bisa dengan mengkonsumsi Vitamin penambah darah agar kebutuhan darah merah tetap tercukupi dan tidak adanya gangguan pada kehamilan nya.

Bahaya dari penyakit Anemia

Semua penyakit mempunyai bahaya dan dampak buruk yang berbeda-beda bagi tubuh. Tidak terkecuali Anemia, untuk penyakit yang satu ini mempunyai bahaya bagi tubuh dimana apabila kita terserang Anemia akan sulitnya tubuh menerima Oksigen. Dampaknya tentu saja tubuh akan kekurangan Oksigen, jadi dapat terlihat jelas bahwa yang mengidapnya akan terlihat kurang bertenaga serta cenderung lemas.

Anemia sebenarnya sangatlah berbahaya, terutama bagi ibu hamil. Karena kekurangan sel darah merah, ibu hamil yang terserang Anemia bisa infeksi saat bersalin dan bahkan dampak terburuknya adalah keguguran. Sedangkan bagi non ibu hamil, terserang Anemia dapat menyebabkan penyakit ginjal, kelainan jantung, dan gangguan pada sistem imun.

Langkah pencegahan Anemia

Sebelum penyakit Anemia menyerang kita, ada baiknya melakukan langkah pencegahan sebelum terlambat. Langkah pencegahannya sendiri yang paling utama adalah pola makan dan makanan yang kita konsumsi sendiri. Usahakan kita selalu mengkonsumsi makanan yang kaya akan gizi, nutrisi, serta Vitamin B12. Karena itu semua yang dibutuhkan dalam tubuh untuk mencegah penyakit ini menyerang kita. Serta konsumsi juga makanan yang tinggi akan serat.

Kemudian langkah mudah selanjutnya adalah dengan rajin meminum air putih. Rutin meminum air putih akan membantu tubuh dalam menyerap berbagai nutrisi, termasuk zat besi yang memang sangat dibutuhkan untuk pencegahan anemia. Untuk yang suka meminum teh dan kopi juga sebaiknya jumlah lebih dikurangi. Ini karena apabila kita meminum teh ataupun kopi kandungan kafein pada kedua minuman tersebut dapat memperlambat tubuh dalam penyerapan zat besi. Sedangkan zat besi sendiri dapat mencegah anemia.

Selain dari makanan dan minuman yang kita konsumsi, mencegah anemia juga bisa kita lakukan dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan kita yang mampu menimbulkan penyakit anemia tersebut. Salah satunya adalah begadang, kebiasaan yang satu ini sebenarnya banyak sekali mempunyai dampak buruk terhadap tubuh. Khusus untuk pencegahan anemia, begadang wajib dikurangi karena apabila kita begadang, waktu tidur yang seharusnya bisa untuk penyerapan nutrisi termasuk zat besi akan tidak terpenuhi. Maka dari itu penting bagi kita mengurangi kebiasaan begadang dan mulai memenuhi kebutuhan istirahat kita.

Penyakit Anemia bisa menyerang siapa saja, dari mulai anak-anak hingga orang tua. Oleh karena itu penting bagi kita untuk lebih waspada yaitu dengan melakukan beberapa tips pencegahan diatas dan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang justru bisa menimbulkan penyakit Anemia itu sendiri bisa menyerang kita. Mulailah hidup sehat dan lebih sayang terhadap tubuh.

 

Sumber: vebma.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Berapa Lama Ikan hingga Susu Bisa Disimpan di Kulkas?

access_time 22 Agustus 2019 10:49:47 folder_open 32

8 CEO Startup Ini Pernah Melesat Lalu Melarat

access_time 19 Agustus 2019 11:19:24 folder_open 52

Tomat Bisa Bikin Mr P Tambah Besar, Mitos atau Fakta?

access_time 19 Agustus 2019 11:05:48 folder_open 51




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted TIKI Arjawinangun, Hanya Satu Titipan Kilat

    TIKI, Hanya satu titipan kilat.. Kami hadir lebih dekat, telah hadir TIKI AGEN ARJAWINANGUN, Kab. Cirebon

  2. Belum ada komentar

menu
menu