Home / Artikel / Healthy / Menghirup Jeruk Lemon, Bisa Hilangkan Stress Berat dan Badmood

Menghirup Jeruk Lemon, Bisa Hilangkan Stress Berat dan Badmood


Menghirup Jeruk Lemon, Bisa Hilangkan Stress Berat dan Badmood

Bukan hanya membuat otak menjadi tenang dan mengatasi depresi, manfaat lain yang bisa anda rasakan ketika mencium aroma buah lemon diantaranya

Seringkali badmood dan stres berat menghampiri setiap orang. Hal ini disebabkan karena berbagai faktor. Yang membuat orang yang mengalami stress berat, depresi  dan badmood menjadi kehilangan semangat dan tidak memiliki gairah dalam hidupnya. Apabila begini caranya, maka ini sangat berbahaya bagi diri anda sendiri.

Faktor yang membuat depresi, badmood dan stress berat diantaranya adalah karena putus cinta, nilai akademis yang tidak sesuai dengan harapan, mengalami masalah dengan pasangan, kehilangan pekerjaan padahal saat itu kamu merasakan kenyamanan dan sudah merasa pekerjaan itu adalah pekerjaan yang kamu cintai atau bahkan karena ekonomi yang sedang berada di ambang keterpurukan yang membuat pikiran tidak tau lagi harus bagaimana dan harus berbuat apa. Banyak sekali faktor-faktor yang menjadi sumber depresi, badmood, dan stress berat.

Harapan yang tidak menjadi sebuah kenyataan tidak jarang bila membuat seseorang menjadi uring-uringan, emosional, tidak mampu berpikir logis. Apalagi harapan itu berkaitan dengan cinta. Sudah pasti pikiran kita menjadi tidak karuan. Kalut dan terasa berat untuk menjalani sesuatu yang baru.

Nah, apabila anda sedang mengalami depresi, badmood, dan juga stres berat maka cobalah untuk menarik nafas pelan -pelan dan buang dengan perlahan rasakan setiap nafas ini. Kemudian tenangkan pikiran anda. Beranjaklah ke tempat tidurmu maupun ke tempat yang membuatmu merasakan kenyamanan dan ketenangan, kemudian rebahkan tubuhmu pada tempat tidurmu atau tempat yang kamu sukai dan merasa tenang, rasakan ketenangan dan pejamkanlah matamu. Memutar musik menjadi salah satu alternatif yang memberikan ketenangan dalam jiwamu, maka putarlah sesuai dengan musik yang kamu suka dan membuatmu tenang. Banyak sekali hal-hal yang bisa membuat anda untuk menghilangkan rasa badmood tersebut. Atau gunakan cara terakhir dimana kamu bisa menghirup aroma terapi yang bukan hanya menenangkan jiwa kamu tetapi juga bisa menyehatkan tubuh.

Aroma terapi yang bisa anda gunakan salah satunya adalah menghirup buah lemon. Lantas benarkah dengan menghirup buah lemon kita bisa mendapatkan ketenangan? Dan bisa menghilangkan stres berat dan badmood yang kita alami? Dari laman asiantown.net dikutip bahwa, aroma khas yang terdapat dari buah lemon yang segar dapat membantu melepas hormon stres yang ada di otak manusia. Dan menurut Profesor Tim Jacob dari Cardiff University School of Bioscience, mengatakan bahwa aroma segar dan warna dari buah lemon yang masih segar dan cerah secara tidak langsung bisa dan akan menstimulus otak supaya lebih tenang dan menghilangkan rasa stress berat yanga anda alami, nyaman dan juga meningkatkan hormon endorfin dalam tubuh manusia  yang membuat timbulnya rasa bahagia. Hormon endorfin yaitu zat kimia menyerupai morfin dimana zat ini diproduksi sendiri oleh tubuh kita. Hormon endorfin sendiri memiliki efek yang baik bagi tubuh yaitu menghilangkan rasa sakit, dan memunculkan perasaan bahagia, senang dan memberikan kita ketenangan.

Tim Jacob, mengungkapkan " penemuan ini menunjukkan ketika mencium aroma-aroma yang segar dan harum yang bisa menenangkan bisa mempengaruhi kesehatan otak. Hal ini dibuktikan bila aroma terapi sangat berperan penting dalam membantu melepaskan otak dari hal - hal yang membuatnya stres, depresi, badmood, dan rasa tidak bahagia.

Bukan hanya membuat otak menjadi tenang dan mengatasi depresi, manfaat lain yang bisa anda rasakan ketika mencium aroma buah lemon diantaranya dapat

  1. Menyehatkan jantung, kandungan yang terdapat pada buah lemon sama seperti yang terkandung dalam buah pisang. Dimana buah lemon baik dikonsumsi oleh para penderita penyakit jantung, sehingga jantung akan menjadi sehat dan lebih kuat lagi.
  2. Melancarkan sistem peredaran aliran darah, kalium yang terkandung dalam buah lemon mampu mengontrol tekanan darah yang tinggi yang menyebabkan pusing serta mual.  Yang diakibatkan oleh depresi sehingga kalium ini dapat memberikan rasa ketenangan baik itu untuk pikiran maupun untuk tubuh anda.
  3. Dapat menurunkan resiko stroke, dengan kandungan yang terdapat dalam buah lemon maka anda akan terhindar dari resiko stroke.
  4. Meningkatkan semangat dan gairah serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.  Zat –zat yang terkandung dalam buah lemon ini bisa membantu tubuh anda dalam meningkatkan gairah dan semangat anda lagi. Dengan timbulnya semangat yang baru maka kekebalan tubuh pun akan secara otomatis meningkat dan anda akan senantiasa diberikan kesehatan. Kekebalan tubuh ini bisa membantu anda dalam menghilangkan stres, depresi, dan badmood.

Menurut para ahli, selain menghirup aroma buah lemon, juga mengkonsumsi buah lemon itu sangat penting bagi kesehatan tubuh. Dalam mengkonsumsi buah lemon bisa dengan cara meminum maupun dengan menggunakan aroma ekstraknya sebagai bumbu makanan.

Itulah dia manfaat buah lemon, yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan depresi, badmood dan juga stress berat yang anda alami. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

Sumber: vebma.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Covid-19, Vitamin C dan Kekebalan Tubuh

access_time 18 April 2020 10:53:01 folder_open 237

Pengusaha Cantik Asal Semarang yang Pekerjakan Puluhan Difabel

access_time 21 Maret 2020 11:21:55 folder_open 119

Nasihat Habib Jindan Agar Tak Kawatir Soal Rejeki

access_time 14 Maret 2020 11:40:13 folder_open 81




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Size Inn Hotel Cirebon, Low Budget 3-Stars Hotel

    Hotel nyaman dengan Lokasi strategis ditengah pusat kota Cirebon, dekat dengan shopping center, CSB dan Grage Mall

  2. Belum ada komentar

menu
menu