Home / Artikel / Healthy / Ini Dia Rahasia Agar Bisa Tidur Dengan Lelap Di Malam Hari

Ini Dia Rahasia Agar Bisa Tidur Dengan Lelap Di Malam Hari


Ini Dia Rahasia Agar Bisa Tidur Dengan Lelap Di Malam Hari

Tidur adalah kebutuhan primer manusia. Agar bisa tidur dengan nyenyak, tubuh kamu harus rileks dan nyaman.

Setelah seharian sibuk bekerja, tubuh kita pasti membutuhkan istirahat dan tidur yang nyenyak di malam hari. Sayangnya, tidak semua orang dapat dengan mudah tertidur. Kenyataanya, banyak orang yang sulit memejamkan mata di malam hari, padahal tubuh sudah sangat lelah dan membutuhkan  istirahat sesegera mungkin. Beberapa cara dibawah ini mungkin saja bisa membantu kamu untuk segera tidur dengan pulas.

Mematikan lampu sesaat sebelum tidur

Mematikan lampu ketika hendak tidur adalah pilihan yang sangat tepat untuk kamu yang ingin dapat segera terlelap. Cahaya lampu dapat merangsang tubuh untuk tetap terjaga. Saat seseorang tidur dengan lampu yang redup atau mati, maka akan membantu pikiran dan suasana hatinya menjadi  lebih tenang dan segar.  Sedangkan saat tidur dengan lampu yang menyala terang, cahaya dari lampu akan mempengaruhi kecemasan dan suasana hati.

Mematikan alat elektronik

Matikan alat elektronik seperti TV dan Ponsel jika kamu ingin tidur dengan nyenyak. Cahaya yang muncul dari Televisi ataupun HP mengganggu pelepasan hormon melatonin, yaitu hormon yang berperan dalam regulasi siklus tidur, menjaga kesehatan sel dan memperlancar aliran darah,  sehingga berfungsi membantu tubuh untuk bisa tidur. Jika pelepasan melatonin terganggu, maka dapat menyebabkan saraf tetap terjaga, akibatnya kamu akan kesulitan untuk tidur. Selain itu suara berisik dari televisi ataupun kipas angin tentu saja akan mengganggu konsentrasi kamu untuk tidur.

Menetapkan jam tidur teratur

Membiasakan tidur teratur pada waktu yang sama setiap harinya akan membuat tubuh mempunyai jam tidur alami, dan juga membantu metabolisme dalam tubuh  berjalan dengan baik. Sebaiknya pilih jadwal tidur pada waktu saat kamu mengantuk, sebab jika memaksakan tidur sebelum waktunya maka justru akan membuat pikiranmu terganggu dan stress.

Menghindari kafein

Sebaiknya kamu menghindari untuk meminum kopi beberapa jam sebelum waktu tidur. Bukan hanya kopi, bahkan teh, cokelat, minuman bersoda, minuman berenergi dan obat penghilang rasa nyeri sebisa mungkin hindari penggunaannya minimal empat hingga enam jam sebelum tidur.  Kandungan kafein yang terdapat di dalam minuman minuman tersebut akan membuatmu terjaga sepanjang malam atau sering disebut dengan insomnia.

Menghindari makanan berat

Makan malam sebaiknya dilakukan maksimal 4 jam sebelum tidur. Perut yang terisi penuh akan membuat kamu kesulitan untuk tidur. Ketika dilanda kelaparan saat malam hari, disarankan untuk makan buah atau sayuran saja. Jangan mengkonsumsi makanan berat seperti karbohidrat dan junk food, karna makanan makanan berat seperti itu mengandung banyak kalori. Kalori merupakan suatu bahan bakar yang diperlukan tubuh  sehingga tidak bisa membuatnya cepat tidur dan akan terjaga  untuk beberapa saat.

Rutin berolahraga

Olahraga yang dilakukan secara rutin setiap hari ternyata dapat membantu kamu tidur dengan nyenyak, karna berfungsi sebagai obat tidur alami tubuh. Olahraga juga bisa meredakan stress dan membangkitkan mood positif sehingga bermanfaat untuk menghasilkan tidur yang lelap dan tenang. Akan tetapi jangan melakukan olahraga mendekati waktu tidur, karna saat olahraga suhu tubuh akan berubah menjadi hangat. Suhu tubuh yang hangat justru menyulitkan kamu untuk bisa tidur.

Gunakan pakaian tidur yang nyaman

Di saat tidur kamu sebaiknya menggunakan pakaian rumahan yang nyaman dan berbahan ringan. Hindari memakai pakaian berbahan berat seperti jeans, agar kulit tubuh kamu bisa bernafas dan kamu pun dapat lebih leluasa dalam bergerak.

Buang air kecil terlebih dahulu

Agar kamu merasa nyaman selama tidur, sebaiknya kamu buang air kecil terlebih dahulu. Terbangun tengah malam hanya untuk kencing tentu saja sangat menggangu tidur pulasmu.  Kebiasaan buang air kecil ini jugaakan menyehatkan kantung kemih, dimana saat kamu tidur dia akan tetap bekerja menampung air senimu.

Tidur berfungsi bukan hanya untuk mengistirahatkan otot, saat tidur tubuh juga mengalami perbaikan dan detoksifikasi. Tidur memberikan kesempatan bagi sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi hormon-hormon imunitas, jadi jika kamu tidur dengan benar maka kamu juga akan jarang sakit.

 

Sumber: vebma.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Covid-19, Vitamin C dan Kekebalan Tubuh

access_time 18 April 2020 10:53:01 folder_open 219

Pengusaha Cantik Asal Semarang yang Pekerjakan Puluhan Difabel

access_time 21 Maret 2020 11:21:55 folder_open 111

Nasihat Habib Jindan Agar Tak Kawatir Soal Rejeki

access_time 14 Maret 2020 11:40:13 folder_open 75




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Kirim Paket di JNE Sahabat Pake GoPay, Cashback Rp. 5.000

    Kirim paket JNE Sahabat pake GoPay, Cashback Rp. 5.000, Jemput Paket Gratis untuk wilayah Kab. Cirebon.

  2. Belum ada komentar

menu
menu