Home / Artikel / Healthy / 25 Manfaat Buah Nangka

25 Manfaat Buah Nangka


25 Manfaat Buah Nangka

Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan Kita

Nangka tidak hanya enak dikonsumsi, buah yang memiliki getah super lengket ini juga memiliki aroma yang khas dan tentunya memiliki manfaat kesehatan.

Buah nangka memiliki vitamin A dan C, zat besi, kalsium, kalium, niasin, tiamin, riboflavin yang bisa melindungi tubuh dari risiko kanker.

Tak percaya? simak ulasannya berikut ini:

1. Membangun Imunitas

Buah nangka adalah sumber vitamin C yang dapat melindungi Anda dari infeksi bakteri. Selain itu, buah ini juga berguna untuk meningkatkan fungsi sel-sel darah putih.

2. Perlindungan dari Kanker

Perlu Anda ketahui, buah nangka mengandung fitonutrien seperti lignan, saponin dan isoflavon yang bisa mengurangi risiko kanker. 

3. Membantu masalah pencernaan

Sifat anti-ulkus pada nangka, membantu mencegah maag dan kesulitan pencernaan. Jika Anda menderita sembelit, mengonsumsi nangka bisa menghaluskan gerakan usus.

4. Energi Booster

Karena ada fruktosa dan sukrosa dalam nangka, sehingga buah ini bisa memberi Anda energi yang sempurna tanpa mengganggu kadar gula Anda.

5. Mengatasi hipertensi

Nangka merupakan sumber yang kaya potassium yang dapat membantu menjaga tekanan darah tinggi menjadi normal dan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

6. Mengontrol Asma

Sebuah penelitian menemukan, rebusan akar nangka bisa mengatasi asma.

7. Cegah Anemia

Inilah mengapa, buah ini juga disarankan bagi wanita. Sebab saat ini banyak wanita yang kurang zat besi sehingga anemia. Selain itu, nangka juga membantu melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh Anda

8. Menjaga Tiroid

Nangka merupakan sumber yang kaya tembaga yang membantu mengatasi masalah tiroid.

9. Menjaga Tulang Kuat

Nangka mengandung magnesium yang menyerap kalsium. Kalsium memperkuat struktur tulang dan mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis dan arthritis. Jika Anda memiliki masalah kepadatan tulang yang rendah, nangka dapat menjadi obat Anda.

10. Memperlambat proses penuaan

Ini yang tidak pernah Anda bayangkan. Antioksidan dalam nangka bisa menjaga kelembaban kulit dan mempertahankan kekenyalan kulit wajah serta mencegah penuaan dini.

11. Menjaga kesehatan mata

Nangka mengandung vitamin A yang baik untuk menjaga mata tetap sehat. Selain itu, nangka juga bisa melindungi mata indah Anda dari sinar berbahaya seperti sinar UV dan mencegah katarak

12. Mencegah Kanker usus besar

Nangka membantu membersihkan racun dari usus besar dan mengurangi kemungkinan kanker usus besar. Selain itu, seratnya bisa mencegah sembelit.

13. Baik untuk Ibu Hamil

Niacin (vitamin B) pada nangka bisa membantu memberi energi ibu hamil, mengontrol hormon dan meningkatkan kekebalan.

14. Bijinya mencegah keriput

Tak hanya buahnya yang bisa dimanfaatkan, menggiling biji dan tambahkan madu dan susu bisa mengurangi keriput.

15. Kaya akan pati, protein dan mineral

Biji nangka juga bisa dikonsumsi sebagai makanan ringan yang boleh dikombinasikan dengan teh atau kopi.

16. Mencegah dan menyamarkan keriput di mata. 

Caranya, celupkan nangka matang pada pada susu dingin beberapa saat, lalu gosokkan lembut pada kerutan Anda. Pemakaian rutin selama empat minggu bisa menghilangkan kerutan di sekitar mata Anda.

17. Menyembuhkan jerawat. 

Menghilangkan jerawat bisa diatasi dengan membuat bubur nangka. Lembutkan nangka lalu tempelkan pada tempat berjerawat sampai mengering, atau kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilas sampai bersih.

18. Mengatasi kulit berminyak. 

 Buatlah bubur nangka yang ditambahkan sesendok minyak zaitun. Gunakan pasta nangka tersebut sebagai masker untuk wajah dan leher. Diamkan selama 30 menit dan bilas memakai air hangat. Setelah selesai, tepuk-tepuk wajah Anda secara ringan.

19. Mengatasi kulit terbakar. 

Akibat sinar matahari yang terik, kulit Anda dapat terbakar dengan ditandai kulit berwarna coklat kemerahan dan agak perih. Nangka dapat mengatasinya dengan cara membuat bubur nangka yang ditambahkan sedikit air lemon. Gunakan pada kulit yang terbakar dan lakukan secara rutin selama sebulan.

20. Kulit lebih bersinar. 

Anda mesti memanfaatkan biji nangka untuk ini. Giling biji nangka kering dan tambahkan susu dengan madu. Oleskan pasta tersebut pada wajah dan leher. Agar lebih menunjang kulit bersinar, makanlah buah nangka matang untuk perawatan dari dalam tubuh.

21. Mengatasi noda wajah.

 Caranya tinggal menerapkan bubur nangka ada noda wajah. Nangka kaya vitamin C yang dapat memperbaiki kerusakan sel-sel kulit.

22. Mengurangi pigmentasi kulit di sekitar mulut dan dagu. 

 Nangka dapat memperbaiki pigmentasi ke warna kulit asli. Gunakan bubur nangka di bagian yang mengalami pigmentasi. Pijat lembut selama lima menit dengan gerakan melingkar. Diamkan selama 10 menit lalu bilas.

23. Menyembuhkan kutil berukuran kecil.

 Pakailah biji nangka kering yang telah ditumbuk untuk dioleskan pada kutil. Lakukan minimal dua minggu hingga kutil mengelupas sendiri.

24. Merawat kulit kering. 

Buatlah jus nangka dan pakai untuk masker. Setelah kering, bilas memakai susu untuk mendapatkan hasil terbaik.

25. Menyembuhkan luka ringan. Buah ini kaya vitamin C dan A yang membantu penyembuhan luka kecil. Terapkan bubur nangka di tempat luka.

 

Sumber: vebma.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Covid-19, Vitamin C dan Kekebalan Tubuh

access_time 18 April 2020 10:53:01 folder_open 296

Pengusaha Cantik Asal Semarang yang Pekerjakan Puluhan Difabel

access_time 21 Maret 2020 11:21:55 folder_open 143

Nasihat Habib Jindan Agar Tak Kawatir Soal Rejeki

access_time 14 Maret 2020 11:40:13 folder_open 101




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Wahana, Jasa Ekspedisi Termurah Segalaksi

    Wahana Express melayani kiriman paket dan dokumen dengan tarif murah. Temukan agen terdekat kami di kota Anda

  2. Belum ada komentar

menu
menu