Home / Artikel / Technologies / Baterai Lithium Terbaru 5 Kali Lebih Baik Dibandingkan Baterai Saat Ini

Baterai Lithium Terbaru 5 Kali Lebih Baik Dibandingkan Baterai Saat Ini


Baterai Lithium Terbaru 5 Kali Lebih Baik Dibandingkan Baterai Saat Ini

Siapapun yang mempunyai smartphone atau gadget lainnya pasti pernah mengalami kerusakan baterai. Kerusakan baterai dapat mengakibatkan daya tahannya berkurang atau mungkin tiba-tiba mati saat kita sedang menggunakannya. Ini semua dapat diperbaiki dengan baterai yang lebih baik, dan saat ini para peneliti sedang mengembangkan sebuah baterai yang lebih baik untuk masa depan.

Sebuah tim yang terdiri dari para ilmuwan internasional telah mengembangkan baterai yang dapat menyimpan energi hingga lima kali lebih baik daripada baterai lithium-ion yang ada saat ini. Prototipe baterai ini disebut baterai lithium-air, karena ketika habis baterai ini akan melepaskan oksigen. Penemuan terbaru ini dipublikasikan di Nature.

Desain baterai lithium-air saat ini menggunakan lithium peroksida. Kutub positif dari baterai lithium ini memiliki logam yang bereaksi dengan oksigen di udara, sehingga dapat menyimpan energi dalam ikatan kimia. Walaupun begitu, lithium peroksida bukanlah material yang paling efisien, karena material ini mengikat lithium dengan sangat erat, sehingga para peneliti perlu untuk mencari pendekatan alternatif.

Tim peneliti kemudian mengembangkan prototipe baterai terbaru yang menyimpan energi pada lithium superoksida, sehingga lebih mudah di­breakdown dan menghasilkan energi yang lebih efisien dan daya tahan baterai yang lebih baik. Peroksida adalah ion molekul oksigen dimana dua elektron akan hilang, sementara superoksida adalah ion molekul oksigen yang hanya kehilangan satu elektron. Ketika baterai sedang diisi atau dicharge, lithium akan berubah menjadi ion positif dan terikat dengan oksida. Ketika baterai sedang dalam penggunaan, lithium dan oksida akan terpisah, sehingga melepaskan energi yang tersimpan.

Lithium superoksida memiliki keuntungan yang utama, yaitu baterai ini adalah sebuah sistem tertutup seperti baterai lithium-ion yang terpasang di perangkat hape saat ini. Sistem tertutup berarti tidak memerlukan asupan oksigen tambahan atau penghapusan komponen, hanya perlu diisi ulang seperti baterai pada umumnya yang biasa kita gunakan.

"Penemuan ini benar-benar membuka jalur untuk munculnya berbagai baterai jenis terbaru," kata Larry Curtiss, salah satu rekan penulis penelitian, dalam sebuah pernyataan.

"Meskipun masih memerlukan penelitian yang lebih lanjut, siklus hidup baterai adalah apa yang sebenarnya kita cari."

 

Sumber: http://bagikertas.blogspot.co.id/2016/01/baterai-lithium-terbaru-5-kali-lebih.html



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Covid-19, Vitamin C dan Kekebalan Tubuh

access_time 18 April 2020 10:53:01 folder_open 244

Pengusaha Cantik Asal Semarang yang Pekerjakan Puluhan Difabel

access_time 21 Maret 2020 11:21:55 folder_open 125

Nasihat Habib Jindan Agar Tak Kawatir Soal Rejeki

access_time 14 Maret 2020 11:40:13 folder_open 85




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Promosikan Bisnis Anda bersama AdsMart by Komiqu.com

    Promosikan bisnis atau produk Anda bersama AdsMart by Komiqu.com, cuma Rp. 10.000 / hari saja bro..

  2. Belum ada komentar

menu
menu