Home / Artikel / Technologies / 9 Tips Aman Agar Keyboard Laptop Kalian Tidak Cepat Rusak

9 Tips Aman Agar Keyboard Laptop Kalian Tidak Cepat Rusak


9 Tips Aman Agar Keyboard Laptop Kalian Tidak Cepat Rusak

Membahas masalah yang sering kali dialami pengguna laptop, keyboard sebagai "media ketik" yang lebih modern dari mesin penulis terdahulunya yang dinamakan mesin ketik terkadang juga masih saja membuat repot para pengguna laptop.

Disaat kebutuhan menyelesaikan suatu tugas atau pekerjaan yang mendadak, ada saja gangguan seperti halnya beberap tombol keyboard yang tidak bisa berfungsi, terlalu menekan sehingga mengirimkan perintah secara berulang - ulang, ataupun sama sekali yang tidak bisa berfungsi sama sekali.

Masalah seperti inilah yang sedikit banyak pasti mengganggu mood para pengguna laptop bahkan ingin sesegera mungkin membawanya ke tempat servis atau menggantinya dengan yang baru. Padahal hanya masalah sepele saja bisa membuat kinerja kalian menjadi terhambat, apalagi yang kesehariannya sangat tidak memungkinkan untuk terlepas dari laptop.

Sebelum keyboard laptop kalian yang menjadi korban berikutnya ada baiknya jika kalian mengikuti 9 tips merawat keyboard laptop berikut ini.

1. Jaga selalu kebersihan keyboard laptop

Ketika kalian menggunakan laptop untuk keperluan mengetik atau bahkan hanya sekedar browsing - browsing saja, debu dari luar maupun dari dalam ruangan yang berukuran sangat kecil pasti akan tetap bisa tertempel pada permukaan tombol keyboard maupun masuk ke sela - sela sempit keyboard laptop kalian. 

Menumpuknya debu super kecil ini, lama kelamaan juga bisa menimbulkan gangguan pada keyboard laptop yang tidak berfungsi ketika ditekan karena telah merusak sambungan komponen keyboard itu sendiri. Sebisa mungkin untuk membersihkannya dengan kuas mini atau alat pembersih keyboard laptop lainnya.

2. Jangan sampai  terkena cipratan air

Seperti yang kalian ketahui sendiri, sifat laptop yang sangat anti dengan air adalah hal yang kalian hindari berikutnya.  Cipratan air sedikit saja akan sangat riskan jika masuk ke sela - sela keyboard. Bukan hanya mematikan fungsi salah satu keyboard saja, kemungkinan terburuknya adalah kalian harus mengganti komponen satu set tombol keyboard dengan yang baru. Maka dari itu jangan pernah meletakkan minuman atau minum di dekat laptop saat kalian memakainya.

3. Kurangi intensitas memakai keyboard untuk keperluan gaming

Memainkan game - game dengan resolusi yang memanjakan mata adalah hal yang sangat menarik dan membuat kecanduan banyak gamer di tanah air. Apalagi ketika berhasil melewati suatu stage atau level dan bahkan beberapa poin, pasti seorang gamer sejati akan semakin penasaran dan semakin kecanduan untuk terus memainkan game tersebut. 

Tak tanggung - tanggung, bahkan ada gamer yang bisa betah menatap layar monitor berjam - jam hanya untuk menyelesaikan misi atau level pda game yang dimainkannya. Dan imbasnya pemakaian tombol keyboard sebagai kontrol permainan inilah yang biasanya ditekan terlalu sering dan juga terlalu keras karena terlalu bersemangat saat memainkan game, yang menyebabkan beberapa tombol keyboard rusak.

4. Kesabaran juga diperlukan

Terkadang ketika koneksi internet sedang lemot dan mengalami lag, atau tampilan berhenti sejenak sehingga kursor mouse atau touchpad tidak bisa digerakkan, para pengguna laptop pasti juga tidak sabaran dan memencet beberapa tombol keyboard secara random. Penyebabnya bisa karena berbagai macam hal, bisa karena koneksi internet yang tidak stabil, memori RAM (Random Access Memory) yang penuh, VGA ( Video Graphic Array) yang dibawah standar untuk membaca tampilan game, dan juga bisa karena adanya virus komputer tertentu di dalam sistem program laptop tersebut.

 Bahkan saking kesalnya juga para pengguna sering menekan tombol Space, Enter, dan Escape secara berulang dan juga ditekan terlalu keras. Tunggulah beberapa waktu sampai sistem laptop berjalan dengan normal atau lakukan restart. Jangan lupa melakukan scan dengan antivirus.

5. Gunakan keyboard eksternal

Jika kalian terlalu sayang dengan keyboard laptop kalian yang pada keluaran laptop modern pastinya lebih terasa empuk dan nyaman saat digunakan mengetik,ada baiknya jika kalian sesekali menggantinya dengan sambungan  keyboard QWERTY eksternal, seperti halnya pada pemakaian PC Desktop. Hal ini akan sangat membantu, untuk mengurangi kemungkinan tombol keyboard laptop kalian lebih cepat rusak dari perkiraan.

6. Lapisi dengan keyboard Protector

Ini adalah cara pereventif yang paling untuk mencegah terjadinya kerusakan pada keyboard laptop kalian. Penggunaan yang tidak baik dengan membiarkan tombol keyboard terbuka apa adanya juga bisa mempercepat kerusakan. Dengan pelapis dari bahan karet yang ditempelkan pada keyboard laptop kalian, bahaya dari masuknya debu atau cipratan air ke dalam tombol keyboard akan lebih terminimalisir.  

7. Jangan sampai laptop kalian terbentur keras

Karena terburu - buru dengan suatu aktifitas atau tidak hati - hati saat menyimpan atau meletakkan laptop, terkadang laptop yang jatuh ke lantai atau terbentur benda secara keras juga bisa membuat beberapa komponen di laptop bergeser dari posisinya dan menyebabkan  beberapa kerusakan. Seperti halnya juga sambungan kabel keyboard pada sebuah chip dibawahnya juga bisa tergeser dan keyboard mengalami kerusakan.

8. Perhatikan kelembaban jari - jari tangan

Jangan pernah langsung menggunakan keyboard laptop sesaat setelah jari dan telapak tangan kalian berkeringat, atau dalam keadaan basah. Sebisa mungkin keringkan dulu dengan lap atau biar terkena udara luar, baru kalian memakai keyboard laptop. Terkadang orang yang terburu - buru langsung menggunakannya padahal kondisi jarinya basah, dan saat itu juga tanpa disadari butiran air berukuran kecil masuk ke sela - sel keyboard dan menyebabkan kerusakan.

9. Atur Posisi Meja dan Posisi Duduk

Jangan menggunakan laptop untuk keperluan mengetik ketika posisi duduk kalian lebih tinggi daripada letak laptop itu sendiri. Akibatnya tekann yang diakibatkan jari - jari saat mengetik juga akan mempercepat kerusakan pada beberapa tombol keyboard laptop kalian. Pakailah meja laptop atau posisi kan laptop sedikit sejajar dengan area sekitar dada kalian, dengan posisi laptop agak miring keatas, yang mana posisi inilah yang paling aman untuk keamanan keyboard kalian. 

 

Sumber: vebma.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Covid-19, Vitamin C dan Kekebalan Tubuh

access_time 18 April 2020 10:53:01 folder_open 321

Pengusaha Cantik Asal Semarang yang Pekerjakan Puluhan Difabel

access_time 21 Maret 2020 11:21:55 folder_open 151

Nasihat Habib Jindan Agar Tak Kawatir Soal Rejeki

access_time 14 Maret 2020 11:40:13 folder_open 107




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Diskon 50% APD dan Masker, JNE Express

    Diskon 50% APD (JTR) dan Masker (OKE) ke Seluruh Pulau Jawa dan Bali.. Max. 5kg. Walk in Interview di Sales Counter

  2. Belum ada komentar

menu
menu