Home / Artikel / Healthy / Campak – Pengertian, Gejala, Penyebab serta Cara Mengobati

Campak – Pengertian, Gejala, Penyebab serta Cara Mengobati


Campak – Pengertian, Gejala, Penyebab serta Cara Mengobati

Penyakit Campak atau orang mungkin lebih mengenal penyakit ini dengan sebutan tampek, gabagen atau morbili merupakan salah satu dari sekian banyak penyakit yang mudah menular. Penyakit ini disebabkan oleh adanya infeksi virus yaitu paramikovirus dan penyakit ini umumnya diderita oleh anak-anak. Penyakit ini ditandai dengan munculnya ruam di sekujur tubuh.

Awalnya bercak merah atau ruam ini akan muncul setelah beberapa hari terinfeksi oleh virus. Penderita penyakit ini juga memiliki potensi besar mengalami pembengkakan kelenjar getah bening yang berada di bagian leher. Karena penyakit ini cukup menular, disarankan bagi orang tua yang memiliki anak menderita penyakit Campak ini untuk membiarkan anak tersebut istirahat total di rumah.

Gejala Campak

Pada awalnya, penyakit ini tidak menimbulkan gejala apaupun hingga tujuh hari dari terpaparnya virus. Setelah 7-14 hari terpapar virus, maka akan muncul tanda atau gejala seperti berikut :

  • Demam tinggi
  • Sakit tenggorokan
  • Peradangan pada bagian mata atau konjungtivitis dan sensitif pada cahaya
  • Batuk
  • Pilek
  • Badan terasa nyeri dan terlihat lemah
  • Hilang nafsu makan bahkan terkadang penderita mengalami diare
  • Mual dan muntah

Kemudian akan muncul ruam kulit atau bercak merah yang awalnya akan muncul pada bagian belakang telinga. Setelah itu bercak-bercak merah ini akan menyebar keseleruh tubuh dan penderita juga akan mengalami demam, seringkali hingga mencapai 40 derajat celcius. Biasanya bercak merah ini akan bertahan selama kurang lebih tujuh hari. Peningkatan suhu badan ini biasa terjadi mulai dari sore hari hingga malam hari dan cenderung menurun pada pagi hari.

Segeralah periksakan diri ke dokter jika mendapati gejala seperti yang telah disebutkan agar dapat ditangani dengan tepat dan mengurangi resiko terjadinya komplikasi. Meski komplikasi ini cukup jarang terjadi, namun pada beberapa kasus yang cukup parah penderita campak dapat mengalami komplikasi seperti :

  • Kejang-kejang akibat demam yang terlalu tinggi
  • Terjadi infeksi pada saluran pernapasan serta paru-paru
  • Infeksi pada bagian mata dan telinga bagian tengah
  • Dehidrasi
  • Radang pada pita suara

Selain itu komplikasi yang lebih serius dapat terjadi pada bayi atau anak-anak yang mengalami gizi buruk, ibu hamil, serta orang-orang dengan kekebalan tubuh yang rendah. Komplikasi serius yang dapat terjadi diantaranya :

  • Radang selaput otak serta saraf tulang belakang atau Meningitis
  • Infeksi otak atau ensefalitis
  • Hepatitis
  • Mata juling akibat dari terinfeksinya virus pada saraf dan otot mata
  • Terjadinya masalah pada sistem saraf dan jantung
  • Buta permanen akibat adanya inflamasi saraf mata
  • Masalah kehamilan yang dapat menyebabkan keguguran, lahirnya bayi prematur atau bahkan melahirkan bayi dengan berat badan rendah
  • Trombositopenia atau adanya penurunan jumlah trombosit.

Penyebab Campak

Penyakit campak ini disebabkan oleh virus campak atau golongan virus paramikovirus yang sangat menular. Penularan penyakit ini melalui percikan cairan yang dikeluarkan saat si penderita bersin atau batuk. Viru ini dapat menjangkiti siapapun yang menghirup percikan cairan ini. Virus ini pula dapat bertahan hidup di permukaan selama beberapa jam dan dapat menempel pada benda-benda lain. Karena itu, apabila kita menyentuh benda-benda yang terinfeksi virus tersebut kemudian menempelkan tangan pada mulut atau hidung, maka kita juga bisa ikut terinfeksi penyakit campak.

Penyakit ini dapat menyerang siapa saja terutama bagi mereka yang belum pernah menderita campak. Walau pada umumnya penyakit ini lebih sering diderita oleh balita dan anak-anak.

Cara Mengobati Campak

Pemeriksaan secara fisik dengan melihat gejala atau tanda-tanda yang muncul tentunya akan dilakukan oleh dokter untuk menegakkan diagnosa secara pasti apakah penderita benar-benar mengalami atau menderita penyakit campak atau tidak. Selain itu, mungkin juga dokter akan meminta untuk melakukan tes laboratorium seperti tes darah untuk lebih memastikan diagnosa. Dalam penanganan penyakit ini belum ada obat khusus untuk mengobati campak. Karena si penderita biasanya akan membaik tanpa perlu adanya perawatan khusus. Pemulihan kondisi biasanya berlangsung antara 1 hingga 2 minggu.

Ada juga beberapa cara agar kondisi pasien cepet membaik, yaitu dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar dapat melawan virus yang ada di dalam tubuh :

  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C serta gizi yang seimbang. Perbanyak pula minun air putih untuk mencegah terjadinya dehidrasi dan saat kondisi demam, tubuh juga membutuhkan asupan air yang cukup banyak.
  • Istirahat yang cukup dan mengurangi aktivitas yang membutuhkan cukup banyak energi yang keluar.
  • Minum obat penurun panas
  • Mengkonsumsi obat-obatan saat dan setelah menderita campak seperti vitamin A atau antibiotik.

Selain itu ada juga beberapa cara untuk mencegah tertularnya penyakit campak, diantaranya yaitu melakukan vaksinasi atau imunisasi campak. Vaksinasi ini sebaiknya diberikan pada bayi yang berumur di atas 6 bulan, namun di Indonesia sendiri pemberian vaksin ini dilakukan pada bayi berusia 9 bulan. Dengan imunisasi ini diharapkan dapat mecegah terjangkitnya penyakit campak atau setidaknya mengurangi resiko terjadinya komplikasi yang serius jika ternyata tetap terkena campak. Selain itu juga, selalu cuci tangan sebelum makan dan minum agar terhindar dari tertularnya penyakit yang mungkin hinggap di tangan kita.

 

Sumber: vebma.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Covid-19, Vitamin C dan Kekebalan Tubuh

access_time 18 April 2020 10:53:01 folder_open 394

Pengusaha Cantik Asal Semarang yang Pekerjakan Puluhan Difabel

access_time 21 Maret 2020 11:21:55 folder_open 187

Nasihat Habib Jindan Agar Tak Kawatir Soal Rejeki

access_time 14 Maret 2020 11:40:13 folder_open 151




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Wahana, Jasa Ekspedisi Termurah Segalaksi

    Wahana Express melayani kiriman paket dan dokumen dengan tarif murah. Temukan agen terdekat kami di kota Anda

  2. Belum ada komentar

menu
menu