Home / Artikel / Healthy / Alzheimer, Bisa Sembuhkah?

Alzheimer, Bisa Sembuhkah?


Alzheimer, Bisa Sembuhkah?

Alzheimer merupakan kondisi kelainan ditandai dengan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir, dan berbicara serta perubahan perilaku karena akibat gangguan otak yang sifatnya perlahan-lahan merusak. Dengan kata lain, penyakit Alzheimer akan bertambah parah seiring berjalannya waktu. Hal itu membuat kognitif pasien menurun.

Sebelum melabeli seseorang menderita Alzheimer atau tidak, yuk simak gejala-gejalanya, antara lain :

Pada tahap awal, pasien akan mudah lupa. Mulai dari lupan nama benda, tempat, lalu kejadian-kejadian yang pernah dilaluinya.
Pasien akan mudah lupa isi percakapannya dengan orang lain. Sehingga seringnya akan meminta lawan bicara untuk mengulangi pernyataannya.

Pasien akan kesulitan merangkai kata hingga mengalami kesulitan dalam mengeja. Namun dalam kasus ini, berbeda dengan orang yang menderita disleksia.

Pada tahap menengah, pasien biasanya sulit membuat perencanaan. Hal ini akan mengakibatkan dirinya sulit untuk mengambil keputusan. Jika pasien sudah mencapai tahap ini, biasanya dia akan kerap bingung dan tersesat jika berada di luar rumah.
Akan mengalami naik turun emosi yang sangat drastis. Mudah marah, mudah sedih, dan menjadi lebih agresif dikarenakan pasien belum dapat menerima kenyataan yang terjadi padanya.

Pada tahap parah, pasien dapat mengalami delusi dan halusinasi. Semua aktivitas yang dilakukannya akan membutuhkan bantuan dari orang lain.

Alzheimer memang merupakan momok bagi orang yang mengalaminya. Kepintaran dan ingatan yang dipunyai akan menghilang dari waktu ke waktu. Pasien juga biasanya akan mulai menarik diri dari lingkungannya karena kepercayaan diri yang menurun. Dalam ranah ini, keluarga dan lingkungan pasien seharusnya memberikan perhatian lebih agar psikologis pasien tidak terguncang. Seperti depresi, karena apa yang dilakukannya selama ini akan sia-sia. Bagi pasien Alzheimer genetik, akan bersarang rasa bersalah dalam dirinya jika keturunannya terindikasi Alzheimer juga. Hal ini dapat menyebabkan depresi tinggi. Dalam beberapa kasus, pasien Alzheimer yang depresi hingga putus asa dapat memicu pasien melakukan bunuh diri.

Perasaan marah dan merasa bersalah, frustasi dan tidak bersemangat, khawatir, sedih, dan terisolasi dari sosial akan umum terjadi bagi pasien Alzheimer. Situasi yang baru, tempat yang bising dengan orang dalam jumlah besar, dipaksa untuk mengingat, atau diminta untuk melakukan tugas yang sulit, dapat memicu kecemasan pada pasien. Ketika pasien Alzheimer merasa kecewa, kemampuannya untuk berpikir jernih akan semakin memburuk.

Karena itu, menjaga pasien Alzheimer memang merupakan aktivitas yang berat, baik secara fisik maupun psikis. Selain memberikan penanganan medis, memberi perhatian pada kebutuhan pasien merupakan hal paling penting yang dapat dilakukan oleh keluarga pasien dan pasien Alzheimer itu sendiri agar mereka tidak putus asa dan tetap berjuang untuk hidup.

Seseorang dapat mengalami Alzheimer antara lain karena beberapa faktor, yaitu genetik, gaya hidup tidak sehat, berjenis memiliki riwayat jantungan, pernah mengalami luka berat di kepala. Tentu saja jika ingin melakukan pencegahan, kita harus lebih banyak hidup sehat. Menjaga otak agar tetap aktif bekerja. Mengonsumsi makanan sehat. Menurunkan resiko penyakit jantung. Dan rutin check up seiring pertambahan usia.

Penyakit Alzheimer belum dapat disembuhkan. Intervensi yang dilakukan melalui, pemeriksaan dan obat-obatan hanya bertujuan untuk memperlambat perkembangan gejalanya saja.

 

Sumber: vebma.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Kisah Pilu Fikri, Santri "Peramal" Prabowo Jadi Menteri

access_time 29 Oktober 2019 21:48:25 folder_open 129

Gambar Pedesaan atau Gajah yang Pertama Kali Dilihat?

access_time 29 Oktober 2019 21:29:45 folder_open 124

Sejarah Panjang Tupperware, Wadah Favorit Emak-Emak

access_time 29 Oktober 2019 12:24:58 folder_open 113




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted JNE Agen Sahabat Arjawinangun Cirebon, FREE PICKUP

    Melayani paket kiriman, pindahan rumah, kiriman motor, dll.. Kami siap jemput paket di Rumah/Kantor Anda.

  2. Belum ada komentar

menu
menu