Home / Artikel / Healthy / Pentingnya Olahraga, Penting Juga Olahjiwa

Pentingnya Olahraga, Penting Juga Olahjiwa


Pentingnya Olahraga, Penting Juga Olahjiwa

Kesehatan sesorang tidak hanya dinilai secara fisik saja, akan tetapi kesehatan Jiwa seseorang adalah penentu dari fisik. Ketika kondisi psikologi seseorang stabil maka kondisi fisik juga stabil.

Selama ini kita sering mendengar atau malah sering mengalami ketika kita bertemu teman lama ada diantara kita mengajukan pertanyaan dan reaksi yang terkjadi berbeda, misalnya:

TANYA:  hai... apa kabar lama tidak ketemu , sehat?

ketika pertanyaan ini yang diajukan reaksi pasti akan biasa saja, tetapi akan berbeda jika pernyaannya yang diajukan seperti ini:

TANYA:  hai... apa kabar lama tidak ketemu , waras?

Pasti responnya akan berbeda, karena kata "waras" menggambarkan kondisi jiwa atau psikologi seseorang dan jika seseorang merasa waras dia pasti  sehat secara fisik. Dan berbeda jika pertanyaan " kamu sehat" kata sehat disini hanya sebatas keadaan fisik saja.

Jadi penting bagi kita untuk menjaga kesehatan jiwa kita, kita harus sadar bahwa bukan hanya olahraga tapi kita harus olahjiwa karena jiwa yang sehat menentukan kestabilan seseorang secara menyeluruh.

Beberapa hal yang bisa lalukan untuk meng-olahjiwa kita agar jiwa kita sehat, dan sehatnya jiwa pasti sehatnya fisik.

Hindari Pikiran-pikiran Negatif

ketika seseorang terjebak dalam pikiran negatifnya dia hanya akan melihat dan menilai segala hal dari sisi buruk saja. Pikiran negatif menimbulkan banyak reaksi negatif, meningkatnya stress, kecemasan dan prasangka-prasangka buruk. dan jika ini terus diabaikan pasti efeknya menimbulkan penyakit secara fisik. Jangan biarkan file-file memori negatif diotak kita terus menumpuk dan pasti akan mempengaruhi kehidupan kita. Latihlah untuk selalu berpikiran posifif agar kita memperolah kebaikan juga, dan kita juga sadar pikiran negatif sama sekali tidak diperlukan.

Perbaiki Hubungan kita sebagai manusia kepada Tuhan dan Hubungan kita kepada Sesama

Dalam hal ini kita sering menyebut dengan hubungan secara Vertikal (Tuhan) dan hubungan secara horizontal (sosial). hubungan ini harus selalu seimbang karena jika terjadi ketimpangan akan lahir jiwa-jiwa tanpa ketenangan. Istilah lain dalam hal ini kita harus cerdas secara spiritual juga harus cerdas secara emosional dengan begitu hidup kita juga akan seimbang tak ada lagi jiwa yang hampa. sekali lagi kondisi jiwa yang sehat pasti fisiknya juga sehat.

Jika diantara kita sering tidak sehat secara fisik, coba lihat bagaimana kesehatan jiwa kita.

 

Sumber: vebma.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Kisah Pilu Fikri, Santri "Peramal" Prabowo Jadi Menteri

access_time 29 Oktober 2019 21:48:25 folder_open 129

Gambar Pedesaan atau Gajah yang Pertama Kali Dilihat?

access_time 29 Oktober 2019 21:29:45 folder_open 124

Sejarah Panjang Tupperware, Wadah Favorit Emak-Emak

access_time 29 Oktober 2019 12:24:58 folder_open 113




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted TIKI Arjawinangun, Hanya Satu Titipan Kilat

    TIKI, Hanya satu titipan kilat.. Kami hadir lebih dekat, telah hadir TIKI AGEN ARJAWINANGUN, Kab. Cirebon

  2. Belum ada komentar

menu
menu