Home / Artikel / Healthy / Dapatkah Kita Mengontrol Kanker Serviks?

Dapatkah Kita Mengontrol Kanker Serviks?


Dapatkah Kita Mengontrol Kanker Serviks?

Kanker serviks adalah musuh paling mengerikan bagi wanita usia subur. Jenis kanker dengan urutan ketiga yang menyerang setengah juta wanita di seluruh dunia. Penyakit ini lebih banyak terjadi di negara-negara berkembang dan menyumbang 80% dari angka kematian global di seluruh dunia.

Dari sekelompok Human papiloma virus (HPV), beberapa varietas telah dikategorikan sebagai HPV. Varietas ini telah terbukti menjadi agen penyebab kanker serviks. Neoplasma ganas ini (tumor) dimulai di serviks dan terbuka di bagian atas vagina.

Gejala umum yang terkait dengan penyakit ini adalah pendarahan yang tidak normal dari vagina, nyeri panggul dan nyeri punggung. Stadium prakanker atau tahap awal penyakit ini biasanya asimtomatik. Penyakit ini membutuhkan waktu untuk mengintensifkan kondisi kanker.

Faktor risiko

Sejumlah faktor risiko telah dikaitkan dengan penyakit ini dimana beberapa faktor dapat dikendalikan oleh kita. Daftar faktor tersebut adalah sebagai berikut-

Merokok - Telah terbukti bahwa merokok aktif dan pasif meningkatkan risiko kanker serviks. Produk sampingan karsinogenik tembakau telah ditemukan pada lendir leher rahim wanita yang aktif merokok. Zat ini bisa merusak DNA sel-sel serviks. Menjaga efek buruk dari merokok dalam pandangan disarankan untuk menghentikannya.

Kontrasepsi Oral - Penggunaan kontrasepsi oral selama lebih dari lima tahun terkait dengan peningkatan risiko kanker serviks. Mekanisme tindakan kontrasepsi tidak jelas namun dihipotesiskan bahwa mekanisme terkait hormon mendorong integrasi DNA HPV ke dalam genom inang. Hal ini pada gilirannya mendorong transisi dari keadaan prematur ke keadaan ganas. Sebagai alternatif kontrasepsi disarankan menggunakan kondom.

Aktifitas Seks Usia Dini - Seks pada usia sangat dini dan tingkat kehamilan bebas yang lebih tinggi berhubungan erat dengan penyakit ini. Tingkat kehamilan yang lebih tinggi mempertahankan zona transformasi pada exocervix selama bertahun-tahun. Hal ini pada gilirannya memfasilitasi paparan langsung terhadap HPV dan kofaktor lainnya. Pendidikan seks untuk remaja putri akan sangat membantu untuk memberantas masalah ini.

Sistem Kekebalan yang Lemah - Makanan yang kaya akan nutrisi penting meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Sayuran dan buah kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan yang membantu kita melawan berbagai penyakit termasuk kanker serviks.
Seks Bebas - Seorang wanita yang memiliki banyak pasangan seksual atau pasangan seksual yang berpartisipasi dalam aktivitas seksual berisiko tinggi dapat dengan mudah menyerah pada penyakit ini. Pendidikan seks bisa menjadi solusi untuk masalah ini juga.

Deteksi / Tindakan Pencegahan

Penggunaan vaksinasi dan Pap smear

Vaksinasi - Ilmuwan di seluruh dunia berjuang keras untuk mensintesis vaksin yang dapat melawan penyakit mematikan ini. Mereka telah mencapai keberhasilan sampai batas tertentu karena vaksin tersebut mampu melawan hanya sedikit strain HPV. Apalagi identifikasi kelompok sasaran pemberian vaksin melibatkan beberapa masalah etika. Gadis muda pra-pubertas yang sangat muda yang tidak memiliki keterpaparan seksual sebelumnya adalah target vaksinasi yang tepat. Oleh karena itu vaksinasi tidak menjamin pemberantasan kanker serviks secara lengkap.

Pap smear-Sel yang dikeluarkan dari ujung serviks diamati di bawah mikroskop untuk mendeteksi kondisi kanker atau prekanker serviks. Dianjurkan untuk melakukan tes ini setelah berusia 21 setiap 2 tahun interval. Tes ini mendeteksi penyakit ini pada tahap awal sehingga penyembuhannya menjadi lebih mudah. Kesadaran akan tes ini dan membuatnya tersedia dengan harga lebih murah merupakan langkah yang baik untuk mengendalikan kanker serviks di negara-negara berkembang.

Terlepas dari langkah-langkah pencegahan ini langkah-langkah untuk mengendalikan faktor risiko dan perawatan umum kesehatan dan kebersihan juga dianjurkan untuk mengendalikan penyakit ini.

 

Sumber: vebma.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Covid-19, Vitamin C dan Kekebalan Tubuh

access_time 18 April 2020 10:53:01 folder_open 237

Pengusaha Cantik Asal Semarang yang Pekerjakan Puluhan Difabel

access_time 21 Maret 2020 11:21:55 folder_open 119

Nasihat Habib Jindan Agar Tak Kawatir Soal Rejeki

access_time 14 Maret 2020 11:40:13 folder_open 81




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Kirim Paket di JNE Sahabat Pake GoPay, Cashback Rp. 5.000

    Kirim paket JNE Sahabat pake GoPay, Cashback Rp. 5.000, Jemput Paket Gratis untuk wilayah Kab. Cirebon.

  2. Belum ada komentar

menu
menu