Home / Artikel / Healthy / Solusi Bagi Wanita yang Mudah Lelah walaupun Sudah Tidur Cukup

Solusi Bagi Wanita yang Mudah Lelah walaupun Sudah Tidur Cukup


Solusi Bagi Wanita yang Mudah Lelah walaupun Sudah Tidur Cukup

Terkadang seorang wanita merasa mudah lelah dan sulit berkonsentrasi dalam menjalankan aktivitas, padahal anda sudah tidur cukup selama7 jam, makan tiga kali dalam sehari. Rasa mudah lelah ini tentu akan memnggagu keseharian anda apalagi jika andaadalah seorang wanita yang aktif atau seorang wanita karir. Penyebab anda merasa mudah lelah walaupun sudah tidur cukup dan makan teratur mungkin disebabkan karena kekurangan zat besi. Setiap hari seorang wanita membutuhkan 14,8 mg zat besi hal ini berbeda dengan pria yang kebutuhan zat besinya lebih rendah, yakni 8,7 mg per harinya. Zat besi merupakan mineral makanan yang berperan penting dalam berbagai fungsi tubuh, seperti transportasi oksigen dalam darah. Kurangnya asupan zat besi membuat tubuh menguras cadangan zat besinya hal ini menyebabkan seorang wanita mudah lelah dan sulit berkonsentrasi.

Sumber zat besi sehat antara lain sayuran hijau dan kacang-kacangan.

Pola makan vegetarian seimbang yang mencakup kacang-kacangan, biji-bijian yang diperkaya, dan sayuran hijau menyediakan sejumlah zat besi yang memadai. Para vegetarian mendapatkan zat besi yang cukup memadai, tanpa mengandung lemak hewani dan kolesterol yang ditemukan dalam sumber zat besi dalam makanan hewani.

Produk susu dan telur mengurangi penyerapan zat besi.

Menkonsumsi susu dan beberapa bentuk kalsium dapat menghambat penyerapan zat besi. Konsumsi Telur (terutama kuning telur) juga muncul untuk menghambat penyerapan zat besi. Selain itu, jika anda alergi terhadap susu sapi sangat beresiko untuk mengalami kemiskinan tingkat besi. Dalam suatu penelitian telah dibuktikan bahwa semakin banyak mengkonsumsi produk susu sapi, maka tingkat zat besi akan menurun. Jadi bagi anda yang mengkonsumsi susu paling banyak akan memiliki kadar zat besi yang rendah, dan begitu pula sebaliknya.

Buah-buahan dan sayuran membantu penyerapan zat besi nonheme. 

Pada buah dan sayuran erdapat kandungan vitamin C dan asam organik (misalnya asam sitrat) yang meningkatkan penyerapan zat besi nonheme. Asupan vitamin C (asam askorbat) bersama-sama meningkatkan penyerapan zat besi. Segelas jus jeruk mengandung cukup vitamin C yang secara signifikan meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan. Vitamin A dan karotenoid juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi. Vitamin A yang ditambahkan pada suplemen zat besi juga telah terbukti dapat menghasilkan lebih sedikit kasus anemia dibandingkan dengan pemberian suplemen penambah zat besi saja. 

Teh, kopi, dan coklat sebaiknya tidak dikonsumsi dengan makanan

Jika anda mengalami kekurangan zat besi sebaiknya tidak mengkonsumsi Teh, kopi, dan coklat dengan makanan karena Polifenol dalam minuman ini menghambat penyerapan zat besi nonheme. Dalam hal ini Teh hitam tampaknya yang paling menghambat penyerapan zat besi dalam hal ini.

Mengonsumsi Suplemen

Bila memang asupan zat besi rendah, bisa ditambah dengan mengonsumsi suplemen. Salah satu suplemen zat besi oral yang paling sering digunakan dan banyak tersedia adalah Ferrous sulfate. Namun bagi beberapa orang konsumsi suplemen zat besi dapat menyebabkan perut lebih sakit daripada bentuk-bentuk lain dari zat besi(yang diperoleh dari makanan).

 

Sumber: vebma.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Covid-19, Vitamin C dan Kekebalan Tubuh

access_time 18 April 2020 10:53:01 folder_open 237

Pengusaha Cantik Asal Semarang yang Pekerjakan Puluhan Difabel

access_time 21 Maret 2020 11:21:55 folder_open 119

Nasihat Habib Jindan Agar Tak Kawatir Soal Rejeki

access_time 14 Maret 2020 11:40:13 folder_open 81




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Kopi Kebersamaan, Kopi Enak Ga Harus Mahal

    Kopi Enak Ga Harus Mahal, dibuat dari biji kopi pilihan asli Indonesia dengan varian rasa yang bikin segar

  2. Belum ada komentar

menu
menu