Home / Artikel / Technologies / Menyeberang Jalan Sambil Main HP Bisa Didenda Jutaan Rupiah

Menyeberang Jalan Sambil Main HP Bisa Didenda Jutaan Rupiah


Menyeberang Jalan Sambil Main HP Bisa Didenda Jutaan Rupiah

Sudah bukan rahasia lagi bahwa orang yang sering mengutak-atik gadget saat berjalan rawan celaka, mulai dari jatuh ke selokan hingga yang lebih parah, seperti tertabrak mobil di persimpangan.

Sebab itulah, Kota Honolulu di Hawaii, Amerika Serikat, meneken aturan baru yang melarang pejalan kaki menggunakan handphone/ smartphone saat menyeberang jalan.

Kalau melanggar, orang yang bersangkutan bisa kena denda antara 15-99 dollar AS atau Rp 200.000 hingga Rp 1,3 juta, tergantung jumlah pelanggaran yang pernah dilakukan.

Walikota Honolulu Kirk Cadwell mengatakan aturan yang akan mulai berlaku pada 25 Oktober mendatang itu diharapkan bisa melindungi pejalan kaki supaya tak celaka.

"Sayangnya, kami punya predikat sebagai kota besar di mana pejalan kaki paling banyak mengalami kecelakaan di persimpangan, khususnya warga-warga senior," ujar Caldwell, sebagaimana dirangkum dari Reuters, Senin (31/7/2017).

Di Amerika Serikat saja, sepanjang tahun 2000 hingga 2011, tercatat sebanyak 11.000 kasus cedera yang terkait dengan penggunaan ponsel sambil berjalan, menurut sebuah studi University of Maryland yang dipublikasikan pada 2015.

Sejumlah kota di belahan dunia lain juga berupaya mengurangi angka kecelakaan dengan menerapkan aturan atau fasilitas baru untuk mengamankan pejalan kaki yang sibuk dengan ponsel.

Di Jerman, kota Augsburg membubuhkan rambu-rambu khusus di lantai trotoar untuk pengguna smartphone yang terlalu sibuk menunduk dan menatap ke arah bawah sambil berjalan. Langkah serupa turut dilakukan kota Bodegraven di Belanda.

Di China, pemisahan jalur trotoar secara khusus untuk pejalan kaki yang menatap gadget sudah diuji coba sejak 2014.

 

Sumber: kompas.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Covid-19, Vitamin C dan Kekebalan Tubuh

access_time 18 April 2020 10:53:01 folder_open 237

Pengusaha Cantik Asal Semarang yang Pekerjakan Puluhan Difabel

access_time 21 Maret 2020 11:21:55 folder_open 119

Nasihat Habib Jindan Agar Tak Kawatir Soal Rejeki

access_time 14 Maret 2020 11:40:13 folder_open 81




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Wahana, Jasa Ekspedisi Termurah Segalaksi

    Wahana Express melayani kiriman paket dan dokumen dengan tarif murah. Temukan agen terdekat kami di kota Anda

  2. Belum ada komentar

menu
menu