Home / Artikel / Hewan dan Tumbuhan / Burung Jay, termasuk burung yang bisa menginformasikan kematian

Burung Jay, termasuk burung yang bisa menginformasikan kematian


Burung Jay, termasuk burung yang bisa menginformasikan kematian

Burung atau unggas adalah anggota kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata) yang memiliki bulu dan sayap. Fosil tertua burung ditemukan di Jerman dan dikenal sebagai Archaeopteryx. Jenis-jenis burung begitu bervariasi, mulai dari burung kolibri yang kecil mungil hingga burung unta, yang lebih tinggi dari orang. Diperkirakan terdapat sekitar 8.800 – 10.200 spesies burung di seluruh dunia; sekitar 1.500 jenis di antaranya ditemukan di Indonesia.

Berbagai jenis burung ini secara ilmiah digolongkan ke dalam kelas Aves. Kebanyakan burung harus makan makanan sekurang-kurangnya setengah dari berat badan mereka setiap hari. Sebagian besar burung menempati berbagai lokasi dalam ekologi. Sementara beberapa burung umum yang lain menempati tempat yang sangat khusus di habitatnya atau berdasarkan di mana letak jenis makanannya berada.

Bahkan di dalam sebuah habitat tunggal, seperti hutan, area ini bisa ditempati oleh berbagai jenis burung yang bervariasi, dengan beberapa spesies hidup dalam hutan kanopi, beberapa di bawah kanopi itu sendiri, serta beberapa yang lainnya dalam dalam hutan itu sendiri. Burung yang hidup di sekitar perairan umumnya mencari makanan dengan memancing, memakan tanaman, dan membajak makanan hewan lain.

Burung pemangsa mengkhususkan diri pada berburu hewan atau burung lain. Burung Jay, Adalah Burung Yang Bisa Menginformasikan Kematian. Burung jay termasuk burung pengicau dari keluarga gagak. Burung ini memiliki penampilan yang lucu dan imut seperti burung pada umumnya. Tapi siapa sangka di balik kelucuannya, burung ini ternyata bisa mengetahui kapan kematian akan datang.

Selain itu, burung ini juga bisa membedakan antara jasad makhluk hidup dan benda mati. Kemampuan misterius burung Jay bukan sekedar mitos belaka, tapi telah dibuktikan oleh ilmuwan. Menurut para peneliti dari Universitas California di Kota Davis California, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa kecerdasan burung ini sering terbang mendekati mayat dan berkumpul di sekitar mayat sambil mengeluarkan kicauan. Para peneliti melakukan uji coba terhadap seekor burung Jay hidup dengan menaruh boneka kayu aneka warna, bangkai seekor burung Jay, boneka burung hantu, dan benda mati lainnya. Anehnya, burung itu tidak mendekati benda mati dan bahkan tidak berkicau sama sekali ketika berada di dekat benda mati yang menyerupai makhluk hidup.

Tapi ketika di dekat bangkai seekor burung Jay, burung ini mulai berkicau. Pengamatan terhadap burung ini juga dilakukan di alam bebas. Peneliti menemukan kalau kicauan burung Jay dipicu oleh kemaitian. Terbukti dari penemuan peneliti ketika seekor burung Jay berkicau di dekat seekor hewan yang tengah sekarat. Temuan ini kemudian dipublikasikan dalam Jurnal Animal Behaviour yang mengidentifikasi bahwa burung Jay dapat menginformasikan kematian semua makhluk hidup

 

Sumber: vebma.com







Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Wahana, Jasa Ekspedisi Termurah Segalaksi

    Wahana Express melayani kiriman paket dan dokumen dengan tarif murah. Temukan agen terdekat kami di kota Anda

  2. Belum ada komentar

menu
menu