Home / Artikel / Hewan dan Tumbuhan / Mengapa Jerapah Ini Menggigit dan Melempar Bangkai Wildebeest?

Mengapa Jerapah Ini Menggigit dan Melempar Bangkai Wildebeest?


Mengapa Jerapah Ini Menggigit dan Melempar Bangkai Wildebeest?

Selama ini, jerapah memiliki citra sebagai hewan herbivora yang lembut. Namun, tampaknya citera tersebut akan segera berubah.

Beberapa tahun yang lalu, seorang fotografer bernama Corinne Kendall berhasil mengabadikan sebuah fenomena yang mengejutkan. Dalam fotonya, seekor jerapah jantan terlihat sedang melempar-lempar bangkai wildebeest di suaka margasatwa Masai Mara National Reserve, Kenya, Afrika.

“Aku melihat bagaimana dua jerapah dewasa berlutut dan menggigiti bangkai tersebut. Salah satu lalu mengangkatnya ke udara dan menjatuhkannya,” ujarnya seperti yang dikutip dari National Geographic 18 Agustus 2017.

Sebenarnya, ini bukan pertama kalinya jerapah terekam sedang menunjukkan perilaku seperti seekor karnivora. Pada bulan Juli lalu, National Geographic pernah melaporkan sebuah video yang menunjukkan seekor jerapah sedang menjilat-jilat tengkorak kerbau.

Lalu, menurut sebuah studi yang dipublikasikan pada tahun 2013 di Journal of Archaelogical Science, jerapah tidak hanya mengonsumsi tulang, tetapi juga tanduk dan gading gajah.

Namun, John Doherty, seorang pakar jerapah dari Queen’s University Belfast berkata bahwa jerapah kemungkinan besar tidak mengunyah, tetapi menggerogoti tulang. Pasalnya, kebanyakan herbivora tidak memiliki kekuatan rahang yang cukup untuk memotong dan menghaluskan tulang.

Dia mengatakan, jerapah secara rutin, tetapi tidak selalu, melakukan perilaku ini. Aku hanya melihatnya sekitar enam kali dalam setahun jika terus-terusan berada di lapangan.

Ada beberapa dugaan mengapa jerapah melakukan perilaku menggigiti tulang atau bangkai meskipun bukan karnivora. Salah satu yang paling terkenal adalah dugaan para peneliti dari studi yang dipublikasikan dalam The Journal of Wildlife Management pada tahun 1978..

Mereka berpendapat bahwa perilaku tersebut adalah salah satu bentuk osteophagy untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan fosfat pada hewan-hewan herbivora. Fosfat yang dibutuhkan oleh hewan tertinggi di dunia ini tidak bisa didapatkan dari tanaman.

Akan tetapi, Doherty berkata bahwa perilaku tersebut hanya untuk menghibur diri. “Jerapah terpesona oleh bangkai. Aku harus bilang bahwa perilaku dalam foto Kendall ini hanya ‘kebetulan’ dramatis,” katanya.

 

Sumber: kompas.com



Berita Terbaruberita terbaru lainnya

Jorge Lorenzo Puji Bali Setinggi Langit

access_time03 Desember 2019 18:14:04

Erick Thohir Heran Banyak BUMN Punya Hotel

access_time03 Desember 2019 17:43:52

Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Kisah Pilu Fikri, Santri "Peramal" Prabowo Jadi Menteri

access_time 29 Oktober 2019 21:48:25 folder_open 126

Gambar Pedesaan atau Gajah yang Pertama Kali Dilihat?

access_time 29 Oktober 2019 21:29:45 folder_open 114

Sejarah Panjang Tupperware, Wadah Favorit Emak-Emak

access_time 29 Oktober 2019 12:24:58 folder_open 105




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Size Inn Hotel Cirebon, Low Budget 3-Stars Hotel

    Hotel nyaman dengan Lokasi strategis ditengah pusat kota Cirebon, dekat dengan shopping center, CSB dan Grage Mall

  2. Belum ada komentar

menu
menu