Home / Artikel / Hewan dan Tumbuhan / Kalligrammatid lacewings, Serangga Zaman Jurassic yang Menyerupai Kupu-Kupu

Kalligrammatid lacewings, Serangga Zaman Jurassic yang Menyerupai Kupu-Kupu


Kalligrammatid lacewings, Serangga Zaman Jurassic yang Menyerupai Kupu-Kupu

Para peneliti yang meneliti fosil Jurassic dari Cina telah menemukan seekor serangga yang memiliki bentuk sangat mirip dengan kupu-kupu, meskipun spesies ini telah punah sekitar 40 sampai 50 juta tahun lalu, sebelum munculnya spesies kupu-kupu “yang sebenarnya”. Dengan nama Kalligrammatid lacewings, serangga yang mirip kupu-kupu ini memiliki fitur seperti kupu-kupu fluttery monarchs dan viceroys saat ini, sehingga ada kemungkinan bahwa lacewings dan kupu-kupu merupakan contoh dari sebuah evolusi konvergen. Temuan ini dipublikasikan dalam Proceedings of the Royal Society B.

Menurut catatan, Kalligrammatid lacewings pertama kali ditemukan pada fosil Eurasia yang hidup sekitar 165 juta tahun yang lalu, dan 45 juta tahun kemudian mereka menghilang. Nenek moyang kupu-kupu yang asli, seperti yang kita punya saat ini, hidup pada 70 atau 80 juta tahun yang lalu, jauh setelah kalligrammatid punah. Namun, karena bentuk fosil kalligrammatid yang sudah mulai rusak, para peneliti tidak mengetahui secara persis seperti apa bentuk aslinya atau makanan apa yang mereka makan.

Dalam beberapa dekade terakhir, para peneliti berhasil menemukan fosil kalligrammatid yang masih dalam kondisi baik di bekas danau zaman Middle Jurassic dan Early Cretaceous di sebelah timur laut Cina. Dan sekarang, Conrad Labandeira beserta rekan-rekan dari Smithsonian Institution mencoba untuk memeriksa spesimen dari 17 genera kalligrammatid menggunakan berbagai teknik, seperti pemindaian mikroskop elektron dan spektroskopi dispersi elektron.

Bentuk tubuh, struktur anatomi, dan peran ekologi kupu-kupu Kenozoikum dapat ditemukan pada catatan fosil di zaman pertengahan Mesozoikum. Lacewings yang sudah punah ini memiliki sisik sayap yang telah berevolusi, corak mata pada sayap yang kemungkinan mengandung melanin, dan bagian mulut tubular panjang yang disebut the proboscis (belalai). Hasil identifikasi menunjukkan bahwa kedua garis keturunan yang saling berkaitan ini (kupu-kupu dan lacewings) memiliki pola makan serupa dan peran yang sama dalam membantu penyerbukan tanaman.

Kalligrammatid lacewings adalah salah satu serangga penyerbuk pertama di planet ini. Mereka telah membantu penyerbukan tanaman sikas dan konifer purba, jauh sebelum kupu-kupu modern melakukan hal yang sama pada tanaman berbunga. Kalligrammatids dan berbagai jenis tanaman tidak berbunga yang menjadi makanannya mengalami kepunahan pada masa tanaman berbunga mulai mendominasi sekitar 100 juta tahun yang lalu. Setelah itu, kupu-kupu muncul untuk mengisi peran-peran serangga purbakala tersebut sekitar 50 juta tahun kemudian.

 

Sumber: bagikertas.blogspot.co.id



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Covid-19, Vitamin C dan Kekebalan Tubuh

access_time 18 April 2020 10:53:01 folder_open 147

Pengusaha Cantik Asal Semarang yang Pekerjakan Puluhan Difabel

access_time 21 Maret 2020 11:21:55 folder_open 81

Nasihat Habib Jindan Agar Tak Kawatir Soal Rejeki

access_time 14 Maret 2020 11:40:13 folder_open 52




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Size Inn Hotel Cirebon, Low Budget 3-Stars Hotel

    Hotel nyaman dengan Lokasi strategis ditengah pusat kota Cirebon, dekat dengan shopping center, CSB dan Grage Mall

  2. Belum ada komentar

menu
menu