Home / Artikel / Lifestyles / 8 Fakta Tentang Seks dan Kehamilan

8 Fakta Tentang Seks dan Kehamilan


8 Fakta Tentang Seks dan Kehamilan

Karena masih dianggap hal yang tabu, seks sering kali disalahpahami oleh banyak orang. Hal-hal yang berbau seks pun tidak diajarkan secara gamblang sehingga orang justru menerima informasi yang simpang siur dan “mitos” yang jelas-jelas salah tentang seks, terutama yang berhubungan dengan kehamilan.

Apakah Anda tahu aktivitas seks apa saja yang membuat wanita bisa hamil, dan mana yang tidak? Berikut beberapa hal yang sebaiknya Anda tahu agar tidak keliru melangkah:

1. Anda bisa hamil saat pertama kali melakukan hubungan seks

Seorang lelaki dapat menghamili wanita bahkan saat pertama kali berhubungan seks. Jika Anda wanita dan berhubungan seks, Anda dapat hamil segera setelah Anda mulai ovulasi (pelepasan sel telur). Hal ini terjadi sebelum Anda mengalami menstruasi pertama Anda.

Jadi jangan mengira karena ini hubungan seks pertama, maka tidak akan terjadi kehamilan.

2. Anda tetap bisa hamil meskipun pasangan belum ejakulasi

Ada keyakinan bahwa seorang wanita tidak akan bisa hamil jika pasangannya mencabut penis sebelum berejakulasi. Kenyataannya adalah, mencabut penis tidak akan menghilangkan kemungkinan hamil.

Pasalnya, sebelum seorang pria ejakulasi, sebenarnya sudah terdapat sperma pada cairan pre-ejakulasi, yang keluar saat seorang pria merasa terangsang. Hanya dibutuhkan 1 sel sperma untuk membuat seorang wanita hamil.

Jadi  mencabut penis sebelum berejakulasi (ejakulasi di luar), tidak seratus persen mencegah kehamilan. Lebih baik gunakan kontrasepsi jika Anda ingin mencegah kehamilan.

3. Anda bisa hamil jika berhubungan seks saat haid

Faktanya adalah, seorang wanita dapat hamil kapan saja dalam sebulan jika ia berhubungan seks tanpa kontrasepsi, termasuk saat haid. Sperma dapat bertahan beberapa hari setelah hubungan seks, sehingga bahkan ketika Anda melakukannya saat menstruasi, sperma tetap dapat berada di dalam tubuh cukup lama.

4. Anda bisa hamil walaupun bercinta dalam posisi berdiri atau duduk

Anda mungkin pernah mendengar mitos bahwa wanita tidak dapat hamil apabila ia melakukan seks dalam posisi berdiri, duduk, atau jika ia melompat-lompat setelahnya. Faktanya adalah, tidak ada posisi apapun yang  bebas dari kehamilan jika Anda melakukan seks tanpa kondom atau bentuk lain dari kontrasepsi.

Tidak ada juga tempat yang bisa mencegah kehamilan saat berhubungan seks, termasuk kamar mandi atau pancuran. Kehamilan dapat terjadi dengan posisi apapun, dan di manapun Anda melakukannya. Yang dibutuhkan hanyalah sebuah sperma yang bertemu sel telur.

5. Anda tidak akan hamil karena seks oral

Anda mungkin pernah mendengar bahwa Anda dapat hamil hanya dengan seks oral. Kenyataannya adalah, wanita tidak dapat hamil dengan cara ini, walaupun ia menelan spermanya. Tetapi Anda dapat tertular penyakit seksual melalui seks oral, misalnya gonorea, klamidia, dan herpes.

6. Anda tidak dapat memakai plastik sebagai pengganti kondom

Hanya kondom yang dapat melindungi Anda dari penyakit menular seksual, bukan plastik. Anda dapat membelinya di apotek dan toko.

7. Kondom tidak dapat dicuci dan dipakai kembali

Jangan percaya siapapun yang berkata Anda dapat mencuci kondom dan menggunakannya lagi. Faktanya adalah, Anda tidak dapat menggunakan kondom lebih dari sekali, walaupun Anda mencucinya. Jika Anda menggunakan kondom, buang dan pakailah yang baru saat kembali berhubungan seks.

Hal ini berlaku untuk kondom pria dan wanita. Kondom perlu diganti setelah 30 menit hubungan seks karena gesekan dapat melemahkan kondom, membuatnya lebih mudah rusak atau lepas.

8. Anda bisa hamil walau hanya berhubungan seks satu kali

Anda dapat hamil walaupun hanya satu kali berhubungan seks. Yang dibutuhkan hanyalah satu sperma untuk bertemu sel telur. Untuk mencegah kehamilan, selalu gunakan kontrasepsi, dan gunakan kondom untuk mencegah penularan penyakit seksual.

 

Sumber: kompas.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Covid-19, Vitamin C dan Kekebalan Tubuh

access_time 18 April 2020 10:53:01 folder_open 296

Pengusaha Cantik Asal Semarang yang Pekerjakan Puluhan Difabel

access_time 21 Maret 2020 11:21:55 folder_open 142

Nasihat Habib Jindan Agar Tak Kawatir Soal Rejeki

access_time 14 Maret 2020 11:40:13 folder_open 101




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Kopi Kebersamaan, Kopi Enak Ga Harus Mahal

    Kopi Enak Ga Harus Mahal, dibuat dari biji kopi pilihan asli Indonesia dengan varian rasa yang bikin segar

  2. Belum ada komentar

menu
menu