Home / Artikel / Healthy / Metode Khitan yang Tepat pada Anak Berkebutuhan Khusus

Metode Khitan yang Tepat pada Anak Berkebutuhan Khusus


Metode Khitan yang Tepat pada Anak Berkebutuhan Khusus

Khitan wajib hukumnya bagi anak laki-laki beragama Islam. Pada anak berkebutuhan khusus, menunaikan kewajiban penting bagi umat Muslim ini bukan perkara mudah.

Pada umumnya anak berkebutuhan khusus, terutama penyandang autisme atau ADHD (gangguan perilaku dan pemusatan perhatian), tidak bisa diminta tenang.

Padahal, jika anak terus bergerak, risikonya sangat berbahaya. "Bisa saja nanti penisnya tergores gunting atau pisau karena anak berontak dan tidak tenang," kata dr Mahdian Nur Nasution, Sp.BS, pendiri Rumah Sunatan.

Dia menjelaskan, Rumah Sunatan sebagai jaringan klinik khitan yang memiliki 40 cabang sudah memiliki pengalaman menangani anak berkebutuhan khusus.

" Anak berkebutuhan khusus yang tidak bisa tenang harus diberi sedasi atau obat tidur sehingga mereka mengantuk dan bisa tenang saat akan diberi anestesi," kata Mahdian.

Selain itu, walau saat ini berkembang teknik sunat menggunakan klem yang memiliki banyak keunggulan, metode ini tidak cocok untuk anak autisme.

Pada metode klem, kulup penis akan dijepit dengan suatu alat sekali pakai, kemudian dipotong dengan pisau bedah. Metode ini tidak membutuhkan jahitan, tetapi klem harus terus menempel di penis sekitar satu minggu.

"Anak autisme biasanya tidak bisa melihat benda-benda asing. Kalau dia melihat klem pada penisnya bisa langsung ditarik," ujarnya.

Menurut dia, sudah banyak ditemui kasus anak autis yang menarik klemnya sampai copot.

"Untuk itu metode sunatnya harus dengan cara konvensional yang dijahit. Kalau hanya perbannya yang copot, kan, tidak masalah," katanya.

 

Sumber: kompas.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Covid-19, Vitamin C dan Kekebalan Tubuh

access_time 18 April 2020 10:53:01 folder_open 244

Pengusaha Cantik Asal Semarang yang Pekerjakan Puluhan Difabel

access_time 21 Maret 2020 11:21:55 folder_open 127

Nasihat Habib Jindan Agar Tak Kawatir Soal Rejeki

access_time 14 Maret 2020 11:40:13 folder_open 85




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Kopi Kebersamaan, Kopi Enak Ga Harus Mahal

    Kopi Enak Ga Harus Mahal, dibuat dari biji kopi pilihan asli Indonesia dengan varian rasa yang bikin segar

  2. Belum ada komentar

menu
menu