Home / Artikel / Hewan dan Tumbuhan / Perlukah Kita Tidur Bersama Hewan Peliharaan?

Perlukah Kita Tidur Bersama Hewan Peliharaan?


Perlukah Kita Tidur Bersama Hewan Peliharaan?

Mengalami kesulitan tidur? Terlepas dari apakah anda kekurangan waktu untuk tidur atau anda memiliki insomnia, jutaan orang di seluruh dunia seringkali bangun dengan mata yang merah. Menurut hasil survei yang dilakukan oleh Center of Sleep Medicine dari Mayo Clinic di Arizona, anda mungkin bisa merasakan nyenyaknya tidur jika anda memiliki hewan peliharaan di samping anda. Studi ini telah dipublikasikan dalam Mayor Clinic Proceedings.

Mayo Clinic memberikan beberapa pertanyaan kepada 150 orang peserta studi, 49 persen diantaranya memiliki hewan peliharaan. Hasil studi ini menunjukkan 41 persen dari peserta yang memiliki hewan peliharaan mengatakan bahwa memiliki hewan peliharaan di tempat tidur membantu mereka untuk tidur lebih baik, atau setidaknya tidak ada bedanya. Dari peserta yang menganggap bermanfaat, mereka mengatakan bahwa mereka merasa lebih aman dan lebih santai apabila ditemani oleh teman berbulu mereka.

Hanya sekitar 20 persen peserta yang mengatakan bahwa anjing atau kucing peliharaan mengganggu tidur mereka, dengan alasan hewan peliharaan mereka terlalu banyak bergerak, mendengkur, merengek atau dalam beberapa kasus memiliki kejang, sehingga membuat mereka selalu terjaga. Seorang wanita lajang yang berusia 51 tahun mengeluh karena burung beo miliknya selalu membangunkannya di pagi hari dengan berkotek keras pada pukul 6:00. Bahkan, beberapa studi yang sebelumnya pernah dilakukan oleh klinik yang sama menunjukkan bahwa hewan peliharaan lebih cenderung menghambat tidur daripada membantu seseorang untuk tidur.

Dengan sampel yang cukup terbatas ini, rasanya terlalu dini apabila kita langsung menarik kesimpulan.

Kebanyakan orang yang memiliki hewan peliharaan menganggap kucing dan anjing sebagai anggota keluarga yang "sebanyak mungkin mereka ingin libatkan dalam berbagai aspek kehidupan," menurut penulis penelitian.

Hasil terbaru yang juga merupakan bagian dari kuesioner mengenai tidur yang nyenyak, bertanya mengenai jenis hewan peliharaan apa yang dimiliki dan kebiasaan tidur yang seperti apa yang biasa dilakukan oleh pemilik dan hewan peliharaannya. Dalam skala kepemilikan hewan peliharaan, terdapat dua hasil yang ekstrim, yaitu seorang wanita berusia 43 tahun yang telah menikah memiliki dua ekor anjing dan lima ekor kucing dan seorang pria berusia 35 tahun yang sudah menikah memiliki lima ekor anjing dan satu ekor kucing.

Anjing adalah hewan yang paling banyak dijadikan peliharaan oleh orang-orang di Amerika Serikat, dan penelitian menunjukkan bahwa anjing adalah hewan yang paling berguna bagi orang-orang yang memiliki masalah dengan tidurnya. Anjing dapat membiasakan diri dengan pola tidur yang konsisten dan mereka sangat tergantung pada manusia. Mereka dapat memberikan sedikit peringatan di malam hari, terutama jika terdapat penyusup yang melanggar wilayah mereka. Penelitian menunjukkan, apabila anjing dapat berperilaku baik, mereka adalah anugerah bagi orang-orang yang ingin mengejar ketinggalan waktu tidurnya.

Terlepas dari kenyataan bahwa kucing peliharaan anda memiliki kepribadian yang sama seperti seekor singa kecil dan pada dasarnya tidak terlalu membutuhkan anda (bahkan, kucing mungkin melihat anda sebagai kucing besar yang pemalas), memiliki seekor di sebelah anda ketika sedang bermimpi mungkin akan dapat membantu anda untuk tidur dengan lebih nyenyak. Meskipun kucing memiliki sifat yang lebih sulit ditebak jika dibandingkan dengan anjing, terutama ketika mereka bangun dan seringkali berjalan-jalan di malam hari, mereka tampaknya masih dapat memberikan manfaat bagi para pemilik hewan peliharaan.

Kesimpulannya, jika anda kelelahan dan butuh tidur, cobalah tidur bersama hewan peliharaan.

 

Sumber: blogkertas.blogspot.co.id



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Covid-19, Vitamin C dan Kekebalan Tubuh

access_time 18 April 2020 10:53:01 folder_open 240

Pengusaha Cantik Asal Semarang yang Pekerjakan Puluhan Difabel

access_time 21 Maret 2020 11:21:55 folder_open 124

Nasihat Habib Jindan Agar Tak Kawatir Soal Rejeki

access_time 14 Maret 2020 11:40:13 folder_open 82




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Kopi Kebersamaan, Kopi Enak Ga Harus Mahal

    Kopi Enak Ga Harus Mahal, dibuat dari biji kopi pilihan asli Indonesia dengan varian rasa yang bikin segar

  2. Belum ada komentar

menu
menu