Home / Artikel / Hewan dan Tumbuhan / Mengapa Anjing Memiringkan Kepala Saat Kita Berbicara Padanya?

Mengapa Anjing Memiringkan Kepala Saat Kita Berbicara Padanya?


Mengapa Anjing Memiringkan Kepala Saat Kita Berbicara Padanya?

Tidak ada yang benar-benar yakin mengapa anjing memiringkan kepala ketika kita berbicara padanya, kecuali mereka melakukannya untuk meredam emosi kita setelah mereka pup di karpet. Menurut survei yang diterbitkan oleh Psychology Today, hal tersebut mungkin dilakukan anjing karena ada hubungannya dengan penglihatan.

Anjing adalah makhluk yang sangat cerdas secara emosional. Mereka memiliki kemampuan untuk memahami bahasa tubuh dengan baik dan menangkap isyarat vokal kita, baik itu berupa infleksi halus ataupun kata-kata tertentu yang dapat mereka kaitkan dengan kegiatan menyenangkan. Sebagai bagian dari kemampuan membaca gerakan tubuh, mereka juga "membaca" wajah kita untuk mendapatkan informasi mengenai kondisi emosional kita.

Menurut Stanley Coren, orang yang melakukan survei, anjing memiringkan kepala mereka tujuannya adalah agar mereka bisa melihat wajah kita dengan lebih baik. Karena ketika mereka melihat dengan normal, moncong mereka menghalangi bagian bawah wajah kita (jadi mereka tidak dapat melihat wajah kita secara keseluruhan). Sama halnya seperti mata, mulut merupakan komponen penting dari ekspresi emosional manusia, apalagi pada anjing yang melihat dari apakah terdapat gigi yang terlihat atau tidak (di alam liar, jika hewan menunjukkan taringnya, ada kemungkinan hewan tersebut sedang marah). Jika anda meletakkan tangan di depan hidung anda, maka anda akan mempunyai gambaran seperti apa rasanya memiliki moncong yang lebih mancung ke depan (tetapi sebaiknya jangan coba hal ini di depan rekan-rekan kantor anda ya).

Survei yang dilakukan Coren ialah dengan cara meminta kepada 582 orang untuk menyelesaikan survei secara online berhubungan dengan anjing mereka. Dari semua responden, 62% menyatakan bahwa anjing mereka pada umumnya memiringkan kepala ketika mereka berbicara padanya.

Namun, hanya terdapat 52% dari pemilik anjing berwajah datar (seperti pugs dan Bulldog) yang mengatakan bahwa anjing mereka memiringkan kepalanya. Di sisi lain, sebanyak 71% dari pemilik anjing yang bermoncong lebih besar (seperti greyhounds) melaporkan bahwa anjing mereka sering memiringkan kepalanya ketika si pemilik berbicara. Kesenjangan statistik antara anjing bermoncong panjang dan anjing yang bermoncong pendek ini mengarahkan Coren pada suatu kesimpulan bahwa kepala yang dimiringkan setidaknya memiliki kaitan dengan kemampuan anjing untuk melihat.

Meskipun begitu, dilihat dari statistiknya, terdapat lebih dari 50 persen anjing berkepala datar yang tetap memiringkan kepalanya dan ini merupakan proporsi yang cukup tinggi. Coren beranggapan hal tersebut terjadi dikarenakan terdapat respon positif yang anjing rasakan ketika mereka memiringkan kepala.

"Mungkin ada hubungannya dengan pendengaran yang ikut memainkan peran, atau mungkin sebenarnya anjing memang hanya mencoba untuk terlihat manis. Meskipun demikian, penelitian ini merupakan langkah pertama untuk menemukan jawabannya, dan setidaknya sekarang kita memiliki beberapa data untuk ditelusuri lebih lanjut," Coren mengatakan dalam artikelnya. Atau mungkin jawaban terbaik adalah jawaban yang paling sederhana, yaitu anjing tersebut sebenarnya hanya kebingungan.

 

Sumber: blogkertas.blogspot.co.id



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Covid-19, Vitamin C dan Kekebalan Tubuh

access_time 18 April 2020 10:53:01 folder_open 244

Pengusaha Cantik Asal Semarang yang Pekerjakan Puluhan Difabel

access_time 21 Maret 2020 11:21:55 folder_open 125

Nasihat Habib Jindan Agar Tak Kawatir Soal Rejeki

access_time 14 Maret 2020 11:40:13 folder_open 85




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Size Inn Hotel Cirebon, Low Budget 3-Stars Hotel

    Hotel nyaman dengan Lokasi strategis ditengah pusat kota Cirebon, dekat dengan shopping center, CSB dan Grage Mall

  2. Belum ada komentar

menu
menu