Home / Artikel / Hewan dan Tumbuhan / Kisah Sapi Pemberani yang Berkawan dengan Bison Liar Selama 3 Bulan

Kisah Sapi Pemberani yang Berkawan dengan Bison Liar Selama 3 Bulan


Kisah Sapi Pemberani yang Berkawan dengan Bison Liar Selama 3 Bulan

Seekor sapi ternak di Polandia tertangkap kamera saat sedang mencari makan tongkol jagung bersama kawanan bison liar. Andai bisa bicara, pengalaman sapi tersebut tentu menarik untuk diketahui.

Namun, kita hanya bisa mengenal sebagian ceritanya melalui foto yang diambil oleh Rafal Kowalczyk dan kisah yang dituturkannya.

Bercerita kepada The Associated Press, Kamis (25/1/2018), Kowalczyk mengaku tidak percaya dapat memotret seekor sapi ternak yang berlari bersama kawanan bison liar di hutan Bialowieza, Polandia Timur.

Ceritanya, sapi tersebut telah tiga bulan kabur dari peternakannya. Namun bukannya mati kelaparan, ia malah berbaur dengan kawanan bison liar.

" Sapi ternak berada di tengah kawanan bison adalah luar biasa. Akan tetapi kondisi itu berisiko bagi kedua jenis hewan tersebut," kata Kowalczyk yang juga menjabat sebagai Direktur Institut Penelitian Mamalia di Akademi Ilmu Pengetahuan Polandia,

Dia mengkhawatirkan bila saat musim kawin tiba, seekor bison jantan bisa saja mengawini sapi tersebut. Bayi yang dihasilkan kemudian ukurannya akan lebih besar dari bayi sapi normal dan bisa membuat sapi ternak tersebut mati saat melahirkan.

Selain itu, gen bison asli Polandia yang sedang terancam bisa terkontaminasi oleh gen sapi. Pasalnya, bison asli Polandia ini sempat terancam punah setelah Perang Dunia I, tetapi akhirnya dapat diselamatkan setelah melalui program penangkaran.

Rencananya, para ilmuwan ingin memisahkan sapi dari kawanan bison sebelum musim kawin, tetapi Kowalczyk berkata bahwa mereka harus berpikir keras mencari caranya.

"Satu pertanyaannya adalah apakah saat musim dingin berakhir, sapi akan mengikuti bison ke hutan yang bukan habitat asli sapi ini. Semakin lama sapi ikut dalam kawanan, akan semakin berbahaya," kata Kowalczyk, dikutip dari Nytimes, Kamis (25/1/2018).

 

Sumber: kompas.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Berapa Lama Ikan hingga Susu Bisa Disimpan di Kulkas?

access_time 22 Agustus 2019 10:49:47 folder_open 32

8 CEO Startup Ini Pernah Melesat Lalu Melarat

access_time 19 Agustus 2019 11:19:24 folder_open 52

Tomat Bisa Bikin Mr P Tambah Besar, Mitos atau Fakta?

access_time 19 Agustus 2019 11:05:48 folder_open 51




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Kopi Kebersamaan, Kopi Enak Ga Harus Mahal

    Kopi Enak Ga Harus Mahal, dibuat dari biji kopi pilihan asli Indonesia dengan varian rasa yang bikin segar

  2. Belum ada komentar

menu
menu