Home / Artikel / Misteri / Para Arkeolog 90 Persen Yakin Bahwa Makam Tutankhamun Memiliki Sebuah Ruangan Rahasia

Para Arkeolog 90 Persen Yakin Bahwa Makam Tutankhamun Memiliki Sebuah Ruangan Rahasia


Para Arkeolog 90 Persen Yakin Bahwa Makam Tutankhamun Memiliki Sebuah Ruangan Rahasia

Sejak para arkeolog berhasil membongkar makamnya di Valley of the Kings pada tahun 1922, Tutankhamun telah menjadi seorang ikon dalam peradaban Mesir kuno. Meskipun begitu, sebenarnya sangat sedikit informasi yang kita ketahui mengenai Firaun yang berusia 3.330 tahun ini. Sebuah penemuan yang baru saja diumumkan akhir pekan ini, menunjukkan bahwa rahasia yang tersembunyi ternyata jauh lebih dalam dari apa yang kita duga.

Setelah tiga hari dipindai menggunakan radar, para arkeolog kini sudah "90 persen yakin" bahwa terdapat ruang tersembunyi di dalam makam Raja Tutankhamun. Hasil scan mengungkapkan adanya sebuah "koridor" yang terletak di belakang dua pintu tersembunyi pada bagian dalam makam, yang mengarah pada sebuah ruang pemakaman yang belum pernah dilihat selama lebih dari 3.000 tahun.

Sekelompok peneliti internasional menggunakan scan radar pada makam yang terkenal ini dimulai pada Kamis malam, seiring dengan terbenamnya matahari dan perginya para wisatawan untuk meninggalkan tempat tersebut.

Temuan ini dapat mengkonfirmasi klaim berani dan kontroversial dari Nicholas Reeves, yang menyatakan bahwa makam Tutankhamun adalah ruangan bagian luar yang nantinya mengarah pada makam Ratu Nefertiti (ibu mertuanya), yang sebagian orang percaya bahwa ia juga merupakan seorang Firaun. Dalam sebuah penelitian mendalam terkait dengan benda-benda yang terdapat pada makam Tutankhamun, Reeves percaya 80 persen dari benda-benda tersebut sebenarnya dibuat untuk seorang wanita. Ia juga menduga bahwa ikon topeng emas Raja Tutankhamun telah dimodifikasi dan awalnya merupakan ikon Ratu Nefertiti.

"Semua informasi semakin berkembang," kata Reeves kepada National Geographic, "Makam ini tidak mengungkapkan rahasianya secara mudah. Tetapi memberikannya secara sedikit demi sedikit. Penemuan ini adalah informasi tambahan lainnya. Dan dari semua penemuan yang ada, tidak ada yang bertentangan dengan arah dasar teori.”

"Ketika saya pertama kali menerbitkan makalah, saya berpikir bahwa rekan-rekan di seluruh dunia pasti akan mengira saya gila," tambahnya. "Tetapi saya pikir keadaan itu telah berubah sekarang. Saya pikir orang-orang kini percaya bahwa bahkan jika dibalik dinding tersebut tidak ditemukan makam Nefertiti, mereka pasti percaya bahwa terdapat sesuatu yang lain di sana."

Namun, banyak arkeolog yang berpikir dua kali untuk langsung memberi kesimpulan dan mengatakan diperlukannya penelitian secara lebih lanjut. Menteri barang-barang antik Mesir, Mamdouh el-Damaty, mengatakan bahwa pencarian akan dihentikan sementara sampai temuan ini dikirim ke Jepang untuk dilakukan analisis selama kurang lebih satu bulan.

Tutankhamun dan keluarganya diyakini telah memerintah Mesir pada masa-masa pergolakan. Kekuasaan Tutankhamun akhirnya berakhir di tangan salah satu jenderalnya sendiri, yaitu Horemheb, yang mengambil alih kerajaan dan menghancurkan berbagai catatan tertulis mengenai periode ini. Mungkin sudah selayaknya bahwa babak baru dari warisannya akan terbuka pada saat Mesir, sekali lagi, mencoba untuk pulih kembali dari revolusi dan perang.

 

Sumber: blogkertas.blogspot.co.id



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Kisah Pilu Fikri, Santri "Peramal" Prabowo Jadi Menteri

access_time 29 Oktober 2019 21:48:25 folder_open 129

Gambar Pedesaan atau Gajah yang Pertama Kali Dilihat?

access_time 29 Oktober 2019 21:29:45 folder_open 124

Sejarah Panjang Tupperware, Wadah Favorit Emak-Emak

access_time 29 Oktober 2019 12:24:58 folder_open 113




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted JNE Agen Sahabat Arjawinangun Cirebon, FREE PICKUP

    Melayani paket kiriman, pindahan rumah, kiriman motor, dll.. Kami siap jemput paket di Rumah/Kantor Anda.

  2. Belum ada komentar

menu
menu