Home / Artikel / Healthy / Susah Kentut Juga Bahaya, Ini Kemungkinan Penyebabnya

Susah Kentut Juga Bahaya, Ini Kemungkinan Penyebabnya


Susah Kentut Juga Bahaya, Ini Kemungkinan Penyebabnya

Kentut ternyata menjadi penanda kondisi kesehatan tubuh. Sulit atau tidak bisa kentut mengindikasikan berbagai gangguan pencernaan, mulai dari sekadar salah makan hingga kanker.

"Susah kentut bisa diakibatkan gangguan enzim atau ketidakseimbangan flora dalam sistem pencernaan. Hal ini bisa diatasi dengan memperbaiki pola makan atau mengonsumsi suplemen untuk mengembalikan kondisi tubuh," kata konsultan saluran cerna RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH pada detikHealth, Sabtu (08/12/2018).

dr Ari menjelaskan, beberapa jenis makanan memang meningkatkan produksi gas dalam perut. Misal apel yang berukuran terlalu besar, kentang, dan kol. Produksi yang berlebih otomatis meningkatkan pengeluaran gas dari dalam tubuh.

Bila kentut tidak juga kembali normal, dr Ari menyarankan segera berkonsultasi ke dokter. Menurut dr Ari ada beberapa kondisi yang memang membutuhkan tindakan medis untuk mengatasinya. Misal, pada pasien yang mengalami sulit kentut atau gangguan pencernaan usai operasi caesar beberapa kali. Penyempitan usus setelah operasi mengakibatkan pasien sulit buang gas hingga merasa kembung.

Kondisi lainnya adalah pada pasien kanker usus besar, yang frekuensi kentutnya kadang terganggu. Bila kentut, aroma yang muncul sangat busuk hingga mengganggu orang di sekitarnya. Aroma busuk muncul akibat inflamasi pada usus yang harus ditangani secepatnya.

 

Sumber: detik.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Kisah Pilu Fikri, Santri "Peramal" Prabowo Jadi Menteri

access_time 29 Oktober 2019 21:48:25 folder_open 129

Gambar Pedesaan atau Gajah yang Pertama Kali Dilihat?

access_time 29 Oktober 2019 21:29:45 folder_open 124

Sejarah Panjang Tupperware, Wadah Favorit Emak-Emak

access_time 29 Oktober 2019 12:24:58 folder_open 113




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted JNE Agen Sahabat Arjawinangun Cirebon, FREE PICKUP

    Melayani paket kiriman, pindahan rumah, kiriman motor, dll.. Kami siap jemput paket di Rumah/Kantor Anda.

  2. Belum ada komentar

menu
menu