Home / Artikel / Healthy / 5 Barang yang Sering Jadi Sarang Kuman dan Harus Segera Dibuang

5 Barang yang Sering Jadi Sarang Kuman dan Harus Segera Dibuang


5 Barang yang Sering Jadi Sarang Kuman dan Harus Segera Dibuang

Jakarta - Saatnya beberes rumah di akhir pekan! Biar rumah terlihat lebih rapi dan bebas kuman, ada beberapa benda yang rasanya perlu disingkirkan mulai dari bantal, handuk, bahkan obat kadaluarsa.

Barang yang harus kamu buang menjadi sarang kuman dan bakteri penyebab berbagai macam penyakit. Jika selama ini mudah terserang flu atau pilek, bisa saja asalnya dari benda-benda ini.

Berikut barang yang jadi sarang kuman dan harus segera dibuang seperti dikutip detikHealth dari Times of India.

1. Bantal Tua

Beberapa orang punya bantal favorit yang telah mereka gunakan sejak kecil. Katanya sih, cuman bantal itu yang bisa bikin tidur makin nyenak dan mimpi indah. Padahal bantalnya sudah bengkok, busanya hilang, atau berbau aneh tapi masih tetap saja dipakai. Duh..

Jika selama ini kamu mudah terkena flu dan pilek, bisa saja itu dari kuman dan virus yang menumpuk di bantal favoritmu. Kata dokter, bantal merupakan salah satu benda yang menyimpan banyak debu dan kuman yang kita bawa pulang setiap hari. Jadi, baiknya mengganti bantal setiap 1-2 tahun sekali.

2. Obat Kadaluarsa

Banyak dari kita menyimpan stok obat tanpa memperhatikan tanggal kadaluwarsanya. Hati-hati, menyimpan obat terlalu lama bahkan yan sudah kadaluarsa sama sekali tidak. Sebab, obatnya bisa saja beracun.

Bahkan jika obat tidak kadaluwarsa, efektivitas obat tersebut dapat turun. Ditambah lagi, tidak ada obat yang bisa diminum tanpa saran atau resep dari dokter.

3. Handuk Bekas

Handuk juga punya masa kadaluarsanya. Jangan karena terlihat masih bagus lalu tetap digunakan tanpa mempertimbangkan faktor kesehatan. Kalau handuk yang kamu gunakan sudah lebih dari 2 tahun, ada baiknya untuk membeli yang baru. Jangan pelit-pelit sama diri sendiri lah.

Nggak jarang juga banyak yang menggunakan handuk bekas untuk dijadikan lap atau kain pembersih. Padahal, handuk tua penuh dengan bakteri dan kotoran yang tidak akan hilang bahkan setelah dicuci.

4. Spons Dapur

Dalam sehari, minimal kegiatan mencuci piring dilakukan sebanyak 3 kali pada jam-jam makan. Biasanya, setelah cuci piring, sponsnya dipakai lagi untuk mengelap bagian-bagian di dapur seperti kompor atau kitchen set. Pikirkan, betapa banyaknya kotoran dan kuman yang bisa disimpan dalam spons dalam satu waktu.

Bahkan jika mencuci spons setiap hari atau me-microwave-nya untuk alasan sanitasi, kuman tidak hilang. Karenanya, sangat ideal untuk mengganti spons cuci piring setiap bulan atau lebih.

5. Papan Pemotong

Papan pemotong, terutama yang kayu atau plastik adalah benda yang sering digunakan sehari-hari, baik untuk memotong sayuran atau bahan makanan lainnya.

Papan pemotong juga mengumpulkan banyak debu dan kotoran. Untuk kesehatan yang lebih baik dan makan yang bersih, pastikan untuk menggantinya setiap 9-12 bulan bahkan jika papan pemotong itu sangat lucu dan sepertinya tidak tega untuk dibuang.

 

Sumber: detik.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Covid-19, Vitamin C dan Kekebalan Tubuh

access_time 18 April 2020 10:53:01 folder_open 238

Pengusaha Cantik Asal Semarang yang Pekerjakan Puluhan Difabel

access_time 21 Maret 2020 11:21:55 folder_open 120

Nasihat Habib Jindan Agar Tak Kawatir Soal Rejeki

access_time 14 Maret 2020 11:40:13 folder_open 81




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Kuliah di Kampus Umar Usman, Kuliah 1 Tahun Jadi Pengusaha

    Kampus BisnisUmar Usman, Program Profesional 1 Tahun (D1) Mencetak Entrepreneur Berkarakter, Lets Join Us!

  2. Belum ada komentar

menu
menu