Home / Artikel / Healthy / Susah BAB Pagi Ini? Begini Cara Terbaik Biar Nongkrong Lancar

Susah BAB Pagi Ini? Begini Cara Terbaik Biar Nongkrong Lancar


Susah BAB Pagi Ini? Begini Cara Terbaik Biar Nongkrong Lancar

Banyak yang beranggapan bahwa buang air besar (BAB) tiap pagi adalah hal yang sehat dan baik untuk dilakukan. Namun ketika 'nongkrong' yang kamu lakukan tidak lancar, jangan stres dulu! Mungkin ada beberapa hal yang salah kamu lakukan.

BAB memang sangat penting, namun lebih penting lagi untuk melakukannya dengan benar karena BAB merupakan salah satu proses alami tubuh. Dirangkum dari Metro, berikut adalah hal-hal yang harus kamu perhatikan supaya 'nongkrong' tiap pagi bisa lebih lancar:

1. Jongkok Is The Best

Bentuk toilet duduk yang lebih banyak ketimbang jongkok sekarang memang sedikit menyulitkan untuk melakukan yang satu ini. Bukan tanpa alasan toilet jongkok lebih bagus daripada toilet duduk, karena jongkok membuka usus lebih lebar, sehingga membuat BAB lebih lancar, cepat dan efisien tanpa perlu ekstra 'ngeden'.

Ketimbang duduk, jongkok bisa membantu mencegah banyak hal, dari konstipasi hingga prolaps. Kalau kamu bingung bagaimana berjongkok di toilet duduk, kamu bisa menggunakan kursi kecil untuk mengangkat kakimu hingga membentuk 'pose' jongkok.

Sebuah penelitian terhadap 52 tenaga kesehatan dan pasangan mereka terhadap kebiasaan BABnya. Kebanyakan dari mereka memiliki masalah seperti darah di feses, konstipasi atau terlalu keras mengejan. Saat mereka disarankan menggunakan kursi kecil, 90 persen masalah tersebut teratasi.

2. Buat Rutinitas BAB

Tidak ada ketentuan seberapa sering kamu BAB yang lebih baik, karena pencernaan setiap orang berbeda-beda. Perhatikan kebiasaanmu untuk BAB, atau buat sendiri rutinitasmu, seperti BAB setiap mandi.

Tubuh cenderung menyukai memiliki rutinitas, sama halnya dengan makan tiga kali sehari. Biasanya, BAB di pagi hari memang dianggap lebih baik karena usus dan usus kecil bekerja untuk memproses makanan semalaman saat kamu tidur, sehingga menjadikannya waktu yang sangat baik untuk membuangnya.

3. Jangan ditahan Saat Kerja

Sering kali kita menahan rasa ingin BAB di kantor karena rasa malu berlama-lama di toilet atau absennya sabun di toilet. Namun menahan BAB justru tidak baik, lho, terutama untuk tubuh kita sendiri.

"Jika kamu adalah seseorang yang tak suka BAB di kantor atau sekolah, bisa jadi menyebabkan konstipasi kronis yang bisa memicu masalah kesehatan seperti penyakit Crohn's, ulcerative colitis, polip rektal, wasir dan bahkan kanker usus," tutur Terapis gizi Jody Middleton, dikutip dari Metro.co.uk.

Pendeknya, menahan BAB bisa menyebabkan kembung, rasa tidak nyaman, nyeri dan mual. Kamu juga bisa mengalami konstipasi dan diikuti dengan diare.

 

Sumber: detik.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Covid-19, Vitamin C dan Kekebalan Tubuh

access_time 18 April 2020 10:53:01 folder_open 319

Pengusaha Cantik Asal Semarang yang Pekerjakan Puluhan Difabel

access_time 21 Maret 2020 11:21:55 folder_open 151

Nasihat Habib Jindan Agar Tak Kawatir Soal Rejeki

access_time 14 Maret 2020 11:40:13 folder_open 107




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Size Inn Hotel Cirebon, Low Budget 3-Stars Hotel

    Hotel nyaman dengan Lokasi strategis ditengah pusat kota Cirebon, dekat dengan shopping center, CSB dan Grage Mall

  2. Belum ada komentar

menu
menu