Home / Artikel / Healthy / 6 Cara Simpel Redakan Nyeri Haid yang Mengganggu

6 Cara Simpel Redakan Nyeri Haid yang Mengganggu


6 Cara Simpel Redakan Nyeri Haid yang Mengganggu

Nyeri haid bagi sebagian wanita bisa terasa sangat sakit dan tak bisa melakukan apa-apa. Hingga cenderung diabaikan dan tak tahu cara meredakan nyeri haid.

Mayo Clinic menyebutkan, kontraksi yang terjadi di rahim berfungsi untuk membuang dinding mereka yang menebal selama menstruasi. Zat mirip hormon bernama prostaglandin memicu kontraksi tersebut dan menyebabkan rasa nyeri.

Dirangkum dari beberapa sumber, kamu bisa mencoba 6 cara alami untuk meredakan nyeri haid:

1. Olahraga

Siapa bilang saat haid kita tidak boleh olahraga? Jangan jadikan rasa sakit tersebut sebagai alasan, karena dengan olahraga justru bisa meredakan nyeri haid lho. Dikutip dari situs Everyday Health, saat kita melakukan berbagai jenis latihan aerobik, tubuh memompa lebih banyak darah dan membantu melepaskan endorfin untuk 'melawan' prostaglandin dan meredakan nyeri haid kamu.

2. Kompres hangat

Panas membantu untuk merilekskan otot yang berkontraksi di rahim, yang menjadi penyebab nyeri haid kamu. Kompres hangat sangat manjur atau menggunakan kompres tempel sekali pakai, atau jika tak ada kamu juga bisa menggunakan botol minum yang diisi air hangat, lalu tempelkan ke perut hingga nyeri haid terasa reda.

3. Minum teh herbal

Teh herbal, terutama teh kamomil, disebutkan memiliki kandungan pereda nyeri, menurut sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Agriculture and Chemistry.

"Ini adalah salah satu dari semakin banyak penelitian yang memberikan bukti bahwa produk alami yang umum digunakan benar-benar mengandung bahan kimia yang mungkin memiliki manfaat medis," kata Elaine Holmes, PhD, seorang ahli kimia dari Imperial College of London.

4. Pastikan cukup vitamin D

Mencegah lebih baik daripada menyembuhkan, oleh karena itu memastikan tubuh memiliki cukup vitamin D penting untuk mencegah nyeri haid. Sebuah studi menemukan dosis tinggi vitamin D bisa membantu menurunkan nyeri haid.

Dalam studi tersebut, 40 wanita dibagi menjadi dua kelompok, satu menerima obat oral dengan dosis 300 ribu IUs vitamin D3 dan yang lain meminum obat tiruan lima hari sebelum jadwal haid mereka, seperti dikutip dari Health.com. Dilaporkan nyeri mereka yang meminum vitamin D3 kadar nyerinya turun 41 persen.

5. Dipijat

Memijat bagian-bagian tertentu di abdomen, samping dan punggung bisa mengurangi nyeri haid. Memijat dengan minyak esensial misalnya dengan wewangian seperti lavender juga bisa membantu menenangkan rasa nyeri, seperti dikutip dari Health Line.

6. Akupunktur

Para peneliti dari Oriental Hospital di Korea Selatan menemukan bahwa akupunktur mungkin memiliki efek positif untuk nyeri haid, berdasarkan studi yang dilakukan sebanyak 10 kali pada 944 peserta. Studi tersebut menyebutkan adanya peningkatan reda nyeri haid dari akupresur.

Akupunktur merupakan salah satu praktek pengobatan tradisional China, dengan menancapkan jarum-jarum kecil ke tubuh yang menstimulasi tubuh pada tingkatan tertentu.

 

Sumber: detik.com







Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Belum ada komentar

menu
menu