Home / Artikel / Economics / Franchise Warteg: Cara Mudah Punya Bisnis Kuliner, Minat?

Franchise Warteg: Cara Mudah Punya Bisnis Kuliner, Minat?


Franchise Warteg: Cara Mudah Punya Bisnis Kuliner, Minat?

Katanya, bisnis kuliner itu tak ada matinya. Artinya, dagangan pasti laku karena setiap orang butuh makan. Tak heran bila bisnis yang satu ini banyak diminati.

Tapi yang kerap jadi pertanyaan adalah bagaimana cara memulainya. Ditambah lagi jika merasa tak punya skill memasak, tak tahu cara menyediakan bahan bakunya, dan masih banyak hal lain lagi yang kerap membuat orang mengurungkan niatnya.

Mau memulai usaha memang tak mudah. Tapi bukan berarti tidak bisa segera diwujudkan impian menjadi pengusaha kuliner.

Sebab sekarang sudah ada banyak bisnis dengan sistem waralaba atau kemitraan (franchise), tak terkecuali franchise kuliner. Jika Anda berniat ingin bisnis kuliner tapi bingung bagaimana cara memulainya, kenapa tidak dengan cara franchise?

Anda pun mungkin paham bagaimana ribetnya saat membayangkan ingin berbisnis. Berbagai macam hal harus siapkan dengan baik, seperti modal, tempat, urusan operasional, pengaturan keuangan dan lainnya, hingga tak tahu harus bagaimana memulainya.

Tak perlu berlama-lama galau memikirkannya, Anda bisa segera mengeksekusi niat berbisnis kuliner ini secara franchise. Tinggal daftar dan buka usaha warteg Anda.

Kami akan mengulas apa dan bagaimana cara franchise warteg ini dari berbagai sumber. Tapi sebelum itu, ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan bisnis franchise.

Kelebihan Bisnis ‘Franchise’

Tak perlu bersusah-payah membangun dari awal
Hanya menyiapkan modal dan tempat saja karena franchisor sudah menyediakan paket kemitraan lengkap untuk mendirikan usaha
Tak pusing memikirkan cara membuat manajemennya, mulai dari pengaturan keuangan hingga operasionalnya
Tak perlu repot mencari suplier karena franchisor sudah menyediakan bahan bakunya
Tak sulit mempromosikannya karena bisnis waralaba biasanya sudah dikenal masyarakat dan jaringannya yang luas
Bisa cepat mendapatkan keuntungan karena sudah ada pasarnya atau pelanggannya

Kekurangan Bisnis ‘Franchise’

Terikat ketentuan kerjasama kemitraan (franchise), mulai dari fee yang harus dibayarkan, hingga kurangnya kendali pemilik bisnis untuk berkreasi dan lainnya
Terikat dengan jangka waktu kontrak kerjasama franchise
Adanya potensi munculnya perdebatan karena perbedaan keinginan
Dimungkinkan butuh modal yang besar untuk franchise tertentu

Tips Berbisnis dari ‘Franchise’ bagi Pemula

Pilih franchise (waralaba) yang menawarkan modal kecil
Pilih franchise yang mudah dijalankan
Pilih franchise yang terpercaya atau punya reputasinya baik
Pilih franchise yang banyak dicari konsumen
Pilih franchise yang harga produknya terjangkau
Pilih franchise yang memberikan pelayanan baik, mulai dari pelatihan, garansi produk, dan sebagainya

Lalu, Apa itu ‘Franchise’ Warteg?

Jika bisnis franchise selama ini dikenal dengan usaha yang berasal dari produk-produk luar negeri, termasuk di bidang kuliner, ada KFC, Mc Donald, A&W, Domino Pizza, Pizza Hut, dan masih banyak lagi. Kini Anda bisa menjumpai bisnis waralaba kuliner asal Indonesia, yakni Franchise Warteg.

Franchise warteg adalah sebagaimana waralaba lainnya, namun ini terkesan lebih dekat di mata masyarakat. Sebab hampir setiap wilayah di negeri ini dan ke mana pun kita pergi, pasti akan menemukan warteg.

Tempat makan tinggal tunjuk alias ‘tinju’ ini dikenal sebagai warung makan asal Tegal, Jawa Tengah. Tentu saja, warteg itu sendiri singkatan dari Warung Tegal.

Inilah Daftar ‘Franchise’ Warteg yang Ada di Indonesia

Ada beberapa bisnis franchise warteg dengan beberapa pilihan modal yang ditawarkan untuk bergabung. Mulai dari yang hanya membutuhkan modal kemitraan kecil hingga yang butuh modal cukup besar. Berikut beberapa pilihan bisnis franchise warteg.

1. Franchise Warteg Kharisma Bahari

Waralaba Warteg Kharisma Bahari ini dicetuskan oleh Sayudi, pria yang berusia 45 tahun asal Jawa Tengah. Dengan motonya ‘Mewartegkan Jabodetabek’, bisnis kemitraan WKB (Warteg Kharisma Bahari) ini sekarang sudah mencapai sekitar 250 mitra sejak dibukanya kemitraan pada 2008 lalu.

Namun usaha wartegnya sendiri sudah didirikan sejak 1996 silam. Pria yang akrab disapa Yudhika ini pun menawarkan harga paket franchise wartegnya dengan beberapa pilihan, yakni:

Paket Warteg Kecil
Paket Warteg Sedang
Paket Warteg Besar
Paket Warteg Super

Tak tanggung-tanggung, franchise WKB ini pun menyediakan tempat atau lokasi untuk membuka usaha warteg juga.  Sehingga bila Anda hanya punya sejumlah modal atau dana saja, tetap mudah untuk membuka bisnis warteg ini.

Bahkan sistem pembayaran pembelian paket franchise warteg ini pun pembayarannya juga bisa dicicil. Dan uang muka (DP/down payment) franchise Warteg Kharisma Bahari ini sebesar 50% dari harga paket.

Berminat franchise Warteg Kharisma Bahari (WKB)?

Untuk kemitraan ini bisa langsung menghubungi sang pemilik, yakni Yudhika di +6287788313111

2. Franchise Warjak

Tentu saja, konsep Warjak (Warung Jakarta) pun sejatinya sama dengan tempat makan yang selama ini dikenal dengan sebutan warteg (Warung Tegal), yakni menyajikan makanan secara ‘tinju’ alias tinggal tunjuk.

Namun yang membedakan dari franchise kuliner yang satu ini adalah tidak menyediakan tempat atau lokasi. Akan tetapi, hanya menyediakan paket peralatan dan perlengkapan hingga beraneka makanan yang sudah siap dan tinggal disajikan.

Tak heran bila untuk bermitra dengan franchise Warjak ini pun relatif cukup murah, yakni hanya sekitar Rp10,5 juta saja. Dengan modal yang disetor ini, Anda sudah bisa mendapatkan etalase, meja makan, bangku makan, piring, sendok, centong, kertas nasi, dan lainnya.

Bisnis kemitraan yang digawangi oleh Hendra Hudiono dan Martin Kauw, ini menyediakan pilihan menu makanan untuk etalase mitra Warjak sebanyak 30 item, mulai dari Ikan Lele Balado hingga Perkedel Kentang. Warjak yang didirikan sejak tahun 2016 ini sudah menjaring mitra sekitar 70 gerai mitra.

Berminat franchise Warjak?

Ini alamatnya:

Ruko CBD, Jl. Malibu Raya, Blok C, No.6, Cengkareng Timur, Jakarta Barat

3. Franchise Warteg Mamoka Bahari

Bisnis waralaba Warteg Mamoka Bahari ini masih merupakan bagian dari Kharisma Group. Namun yang membedakan dari warung ini adalah menawarkan desain warung makan yang memberikan kesan elegan, bersih, dan nyaman, dengan interiornya serba keramik.

Franchise Warteg Mamoka Bahari ini dikelola oleh Toro Mamoka, yang menawarkan paket waralaba tidak jauh berbeda dengan Warteg Kharisma Mahari, yakni Paket Warung Kecil yang cocok buat para pemula, Paket Warung Sedang, Paket Warung Besar, dan Paket Warung Super.

Berminat franchise Warteg Mamoka Bahari?

Ini alamatnya:

Warteg Mamoka Bahari, Jl. Madrasah Ujung No.15, RT.06/RW.01, Gandaria Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan

Pilih ‘Franchise’ yang Sesuai dan Segera Wujudkan Bisnis Anda

Jika Anda sudah mantab ingin terjun di dunia usaha kuliner namun masih belum tahu apa yang harus dilakukan, tak ada salahnya memilih salah satu bentuk bisnis franchise warteg di atas. Anda bisa bergabung dengan para pengusaha waralaba warteg ini, sehingga bisa saling bertukar informasi, tips trik dalam menjalankan dan mengembangkan usaha kuliner yang akan Anda jalankan. Selamat berbisnis, semoga sukses!

 

Sumber: cermati.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Berapa Lama Ikan hingga Susu Bisa Disimpan di Kulkas?

access_time 22 Agustus 2019 10:49:47 folder_open 32

8 CEO Startup Ini Pernah Melesat Lalu Melarat

access_time 19 Agustus 2019 11:19:24 folder_open 52

Tomat Bisa Bikin Mr P Tambah Besar, Mitos atau Fakta?

access_time 19 Agustus 2019 11:05:48 folder_open 51




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted JNE Agen Sahabat Arjawinangun Cirebon, FREE PICKUP

    Melayani paket kiriman, pindahan rumah, kiriman motor, dll.. Kami siap jemput paket di Rumah/Kantor Anda.

  2. Belum ada komentar

menu
menu