Home / Artikel / Campur-Campur / Inilah Cara Memotong Pizza yang Benar Menurut Matematika!

Inilah Cara Memotong Pizza yang Benar Menurut Matematika!


Inilah Cara Memotong Pizza yang Benar Menurut Matematika!

Selama bertahun-tahun, para ahli matematika telah banyak memberikan kontribusi yang cukup penting bagi kehidupan kita, mulai dari perhitungan geometris Pythagoras hingga teori permainan John Nash. Sekarang, para ilmuwan akhirnya mengalihkan perhatian mereka pada salah satu pertanyaan yang benar-benar penting bagi kehidupan, yaitu bagaimana cara terbaik untuk memotong pizza? Pertanyaan yang penting sekali bukan?

Pada kenyataannya, ini bukan pertama kalinya masalah cara memotong pizza yang benar menurut matematika dibicarakan, karena L.J. Upton telah mengembangkan apa yang disebut dengan Pizza Theorem (Teorema Pizza) untuk pertama kalinya pada tahun 1960-an. Seperti namanya, model yang ia kembangkan menyediakan sarana atau informasi mengenai cara untuk membagi pizza-shape/bentuk pizza (atau yang kita kenal dengan lingkaran) ke dalam segmen yang sama.

Saat ini, sekelompok matematikawan pecinta masakan Italia di Liverpool University mengambil langkah lebih lanjut, yaitu dengan membuat perhitungan secara lebih kompleks dan lebih mudah dimengerti dalam hal memotong pizza sementara tetap memastikan bahwa setiap irisan pizza memiliki ukuran yang sama. Untuk menempatkan masalah ini ke dalam pembahasan matematika, mereka merancang suatu sistem yang digunakan untuk membuat ubin monohedral pada kepingan planar.

Ubin dikatakan monohedral jika masing-masing bagian adalah sama dengan semua bagian lain dalam luas permukaan secara keseluruhan. Studi sebelumnya telah menunjukkan bagaimana hal ini dapat dicapai, yaitu dengan menarik garis lurus keluar dari titik pusatnya, memotong pizza menjadi “perisai” enam bagian yang sama. Perisai ini kemudian dapat dibagi dua lagi untuk menghasilkan 12 ubin monohedral.

Namun, karena perisai ini terlihat tidak terlalu elegan, para peneliti memutuskan untuk merancang potongan dengan bentuk yang lebih artistik, bentuknya dapat dilihat seperti pada gambar berikut. Meskipun semua irisan telah sama dalam ukurannya, model ini tidak memperhitungkan tentang distribusi topping pada pizza.

Nah seperti itulah cara anda memotong pizza! Matematikawan sebelumnya telah menunjukkan bagaimana pizza dapat dibagi menjadi bentuk “perisai” enam atau 12 bagian yang sama.

 

Sumber: blogkertas.blogspot.co.id



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Kisah Pilu Fikri, Santri "Peramal" Prabowo Jadi Menteri

access_time 29 Oktober 2019 21:48:25 folder_open 193

Gambar Pedesaan atau Gajah yang Pertama Kali Dilihat?

access_time 29 Oktober 2019 21:29:45 folder_open 199

Sejarah Panjang Tupperware, Wadah Favorit Emak-Emak

access_time 29 Oktober 2019 12:24:58 folder_open 174




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Kuliah di Kampus Umar Usman, Kuliah 1 Tahun Jadi Pengusaha

    Kampus BisnisUmar Usman, Program Profesional 1 Tahun (D1) Mencetak Entrepreneur Berkarakter, Lets Join Us!

  2. Belum ada komentar

menu
menu