Home / Artikel / Healthy / 5 Alasan yang Ternyata Membuatmu Cepat Merasa Haus

5 Alasan yang Ternyata Membuatmu Cepat Merasa Haus


5 Alasan yang Ternyata Membuatmu Cepat Merasa Haus

Jika tubuh sering merasa kehausan bahkan ketika sudah minum, mungkin itu bukan penyebab dari dehidrasi atau kekurangan cairan. Ada berbagai faktor yang bisa memicu rasa haus dan terkait dengan kondisi kesehatanmu.

Ketika mengalami rasa haus yang berlebihan padahal tidak sedang berolahraga dan merasa kebutuhan cairan sudah cukup bisa saja kamu mengidap penyakit tertentu dan harus segera mendapatkan penanganan khusus.

Berikut alasan yang ternyata membuat tubuh cepat merasa haus dikutip dari berbagai sumber.

1. Terlalu banyak garam di makananmu

Makanan asin juga akan mengirim pesan kimiawi ke otak untuk meminta lebih banyak air dan kamu akan merasakan haus yang berlebihan. Sodium dalam garam membantu menyeimbangkan cairan dalam tubuh kamu. Ketika makan terlalu banyak garam, tubuh akan membutuhkan lebih banyak cairan untuk membantu membersihkan diri sehingga otot dan organ lain dapat berfungsi dengan baik.

2. Punya riwayat diabetes

Ternyata salah satu gejala dari diabetes adalah serinng merasa haus. Ketika diabetes, gula dalam darah 'tumpah' dan memaksamu untuk selalu buang air kecil sehingga tubuh akan selalu kekurangan cairan. Gejala lainnya yakni haus yang berlebihan, buang air kecil yang berlebihan, dan penglihatan kabur. 

3. Mulut kering

Beberapa kondisi memang dapat menyebabkan mulut terasa kering. Ketika kelenjar air liur di mulut tidak memproduksi saliva yang cukup maka kamu akan cepat merasa haus meski sudah minum dalam jarak yang terbilang dekat. Banyak faktor yang membuat mulut terasa kering, misalnya efek obat, kerusakan saraf di kepala dan leher, atau akibat merokok.

4. Stres kronis

Stres kronis menyebabkan kelenjar adrenalin kita tidak berfungsi, yang dapat menyebabkan tekanan darah rendah ketika stres parah. Ini dapat menyebabkan pusing, depresi, kecemasan, dan juga kehausan yang ekstrim.

5. Masalah pada tiroid

Ketika kelenjar tiroid memproduksi terlalu banyak atau terlalu sedikit hormon, ini dapat memacu berbagai gejala termasuk menstruasi yang tidak normal, kecemasan, dan mulut kering yang semuanya dapat menyebabkan rasa haus.

Terlebih lagi, orang yang menderita hipotiroidisme secara khusus lebih mungkin menderita kondisi kesehatan lain yang memicu dahaga, seperti diabetes tipe 1, sindrom Sjörgren, dan anemia.

 

Sumber: detik.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Kisah Pilu Fikri, Santri "Peramal" Prabowo Jadi Menteri

access_time 29 Oktober 2019 21:48:25 folder_open 127

Gambar Pedesaan atau Gajah yang Pertama Kali Dilihat?

access_time 29 Oktober 2019 21:29:45 folder_open 121

Sejarah Panjang Tupperware, Wadah Favorit Emak-Emak

access_time 29 Oktober 2019 12:24:58 folder_open 108




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted J&T Express Arjawinangun, Gratis Jemput Paket DiTempat

    J&T Express, Gratis Jemput Paket DiTempat, melayani kiriman paket dan dokumen. Temukan DP terdekat kami dikota

  2. Belum ada komentar

menu
menu