Home / Artikel / Healthy / 5 Makanan yang Bisa Picu Asam Lambung Bikin Mag Kambuh

5 Makanan yang Bisa Picu Asam Lambung Bikin Mag Kambuh


5 Makanan yang Bisa Picu Asam Lambung Bikin Mag Kambuh

Kalau kamu punya sakit mag, ada beberapa asupan makanan yang harus diwaspadai karena dapat memicu produksi asam lambung berlebih. Bila tidak hati-hati tidak menutup kemungkinan makanan malah bikin sakit mag kambuh.

Kalau gejala mag sudah mulai muncul disarankan ahli agar segera minum air putih untuk menetralisir asam lambung. Kalau gejala tidak juga kunjung reda spesialis pencernaan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, mengancurkan konsumsi obat antasida.

"Jika sakit mag kambuh, pasien sebaiknya segera mengonsumsi obat antasida atau anti asam untuk mengendalikan produksi asam lambung," kata dr Ari.

Nah makanan apa saja yang sebaiknya dihindari? Berikut beberapa contohnya:

1. Terlalu banyak daging

Menurut dr Ari konsumsi daging-dagingan yang terlalu banyak dalam waktu singkat dapat merangsang produksi asam lambung yang berlebihan. Kondisi ini bisa makin parah bila daging diolah dengan bumbu tajam.

"Faktor yang menginduksi produksi asam lambung adalah karena mengonsumsi daging dalam waktu singkat secara berlebihan. Faktor ini kemungkinan sudah ada sebelumnya," jelas dr Ari.

2. Mi instan

Mi instan merupakan makanan yang cukup populer dikonsumsi oleh berbagai kalangan. Namun bagi pengidap mag, sebaiknya lebih berhati-hati karena menurut ahli tidak baik untuk lambung akibat kandungan garam yang tinggi.

"Konsumsi garam perhari dianjurkan tidak lebih dari satu sendok teh. Kandungan sodium pada mi instan rerata 50 sampai 60 persen dari kebutuhan sodium perharinya," terang dr Kevin William Hutomo dari RS Permata Depok pada detikHealth beberapa waktu lalu.

3. Makanan pedas

Makanan pedas dapat mengandung senyawa capsaicin yang bagi beberapa orang sensitif dapat memicu produksi asam lambung. Oleh sebab itu penderita mag sebaiknya hindari makanan pedas bila tidak ingin penyakitnya kambuh.

"Kalau ada masalah pada lambung, bisa lecet atau luka ditambah pedas ya makin tambah parah," kata dr Hendra Nurjadin, SpPD-KGEH, dari RS Mayapada Tangerang.

4. Buah asam dan soda

Buah asam seperti jeruk, lemon, atau nanas juga tidak disarankan untuk mereka dengan pengidap sakit mag. Alasannya jelas karena kandungan asam buah-buah tersebut dapat memperparah asam lambung.

Minuman bersoda yang bersifat asam juga dapat memicu hal serupa.

"Seperti lemon, jeruk, dan minuman berkarbonasi atau soda dapat segera menyebabkan rasa tidak nyaman dalam lambung," kata dr Kevin.

5. Makanan tinggi lemak

Makanan tinggi lemak harus dihindari bagi pengidap mag karena dapat mengganggu pencernaan. Makanan berlemak dan digoreng akan mengalami pencernaan yang lebih lambat sehingga akan memperpanjang waktu produksi asam dalam lambung untuk membantu mencernakannya.

 

Sumber: 







Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Belum ada komentar

menu
menu