Home / Artikel / Food / Strawberry yang Manis Asam Punya 8 Manfaat Sehat Ini

Strawberry yang Manis Asam Punya 8 Manfaat Sehat Ini


Strawberry yang Manis Asam Punya 8 Manfaat Sehat Ini

Dibalik rasanya yang asam menyegarkan, strawberry memiliki beragam manfaat kesehatan. Mulai dari sehatkan jantung hingga otak.

Strawberry merupakan buah yang kaya akan nutrisi. Warnanya yang merah menyala dan rasanya yang asam segar sangat menggoda untuk di makan. Buah yang satu ini memang populeran dijadikan camilan manis yang menyehatkan. Selain lezat dijadikan selai dan jus, ternyata strawberry memiliki manfaat yang beragam. Meenurut laman Prevention (27/2), mengonsumsi strawberry dapat memberikan khasiat-khasiat berikut.

1. Melindungi jantung

Kandungan serat dan vitamin C pada stroberi merupakan perpaduan nutrisi yang sempurna untuk mengurangi stres oksidatif. Dimana hal ini dapat menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung. Selain itu, stroberi juga mengandung potasium yang baik untuk kesehatan jantung. 

Menurut pakar dari Akademi Nutrisi dan Diet, mengonsumsi makanan yang tinggi potasium dan mengurangi sodium dapat menekan risiko hipertensi dan stroke. Bahkan menurut penelitian dari Harvard, stroberi dapat megurangi risiko serangan jantung.
Tidak hanya itu, penelitian di tahun 2014 membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi 3 cangkir stroberi beku (50 gram) per hari akan menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh setelah 12 hari. 

 

2. Menangkal kanker

Mengonsumsi buah-buahan berjenis beri, terutama stoberi, selalu dihubungkan dengan penekanan sel kanker, termasuk kanker kerongkongan daan paru-paru. Penelitian ini telah diuji dan berhasil pada hewan, namun masaih dalam pengembangan lebih lanjut terhadap manusia. Hal ini memang sangat mungkin karena stroberi menempati posisi 10 teratas dalam kategori buah dengan kandungan anti oksidan yang tinggi. 

3. Menjaga pencernaan

Salah satu cara menjaga kesehatan usus adalah dengan mengonsumsi makanan kaya serat. Stroberi dapat Anda andalkan dalam hal ini karena mengandung 3 gram serat dalam satu cangkir penyajian. Terkadang manusia kurang memperhatikan pola makan, dengan mengonsumsi serat maka akan menjauhkan dari sembelit bahkan kanker usus besar.

4. Mengurangi kembung

Ketika mengalami kembung, makanan yang mengandung air dan serat yang tinggi dapat menangkal gas. Karena stroberi mengandung potasium, maka akan membantu mengurangi kandungan air yang menyebabkan kembung.

5. Menaikkan sistem imun

Dengan mengonsumsi satu cangkir buah stroberi, Anda sudah mencukupi 100 persen kebutuhan vitamin C harian. Dengan begitu, sistem imun tubuh akan menigkat dan membantu dalam proses penyembuhan penyakit seperti demam dan flu. Namun stroberi tidak akan menyembuhkan penyakit flu secara langsuung melainkan mengurangi durasi dan keparahannya.

6. Mempertajam kinerja otak

Menurut penelitian dari Annals of Neurology, mengonsumsi stroberi secara rutin dapat mencegah penurunan kinerja otak pada wanita lansia. Hal ini karena kandungan flavonoid yang merupakan zat anti inflamasi. Kandungan antioksidan didalamnya pun memiliki efek yang baik terhadap keseluruhan pembuluh darah dan memperbaiki aliran darah ke otak.

7. Menurunkan berat badan

Kandungan serat pada stroberi membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, stroberi juga berkalori rendah sehingga cocok untuk dikonsumsi saat diet. Konsumsilah stroberi dengan protein dan lemak baik seperti yogurt atau keju.

8. Mencegah cacat pada janin

Saat hamil, orang cenderung lebih berhati-hati dengan makanan yang dikonsumsi untuk menjaga kondisi kandungan. Dengan rutin memakan stroberi, ibu hamil akan mendapat 10 persen asam folat yang sangat penting bagi pertumbuhan janin. Karenanya stroberi dianjurkan bagi ibu hamil untuk mencegah cacat pada bayi.

 

Sumber: detik.com

 







Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Belum ada komentar

menu
menu