Home / Artikel / Healthy / 5 Hal Ini Diklaim Bisa Sembuhkan Diabetes, Hoax atau Bukan Ya?

5 Hal Ini Diklaim Bisa Sembuhkan Diabetes, Hoax atau Bukan Ya?


5 Hal Ini Diklaim Bisa Sembuhkan Diabetes, Hoax atau Bukan Ya?

Jakarta - Pengidap diabetes yang diawali resistensi insulin tak bisa sembuh. Namun pengidapnya tetap bisa hidup normal dengan mengendalikan gula darah, kontrol teratur, dan menerapkan pola hidup sehat setiap hari.

Kendati info tersebut telah diketahui banyak orang, namun obat untuk menyembuhkan penyakit diabetes terus dicari. Kecenderungan ini sesuai dengan sifat manusia yang ingin sembuh dari segala jenis penyakit dengan berbaga cara. 

"Saat ini obat diabetes adalah jaga mulut, olahraga, dan jika masih tidak terkontrol harus dengan konsumsi obat. Mekanisme obat berbeda sesuai kebutuhan tiap pasien. Jangan takut komplikasi karena obat yang terlalu banyak karena masalah muncul akibat tidak taat anjuran terapi medis hingga tensi, gula darah, kolesterol tak terkendali," kata dokter ahli endokrinologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM) dr Dicky Levenus Tahapary SpPD, PhD.

Menurut dr Dicky, obat yang diresepkan dokter telah melalui serangkaian uji coba sehingga mutunya tak perlu diragukan. Terkait berbagai alternatif yang sempat beredar, dr Dicky mengatakan harus ada riset lebih lanjut untuk membuktikan kualitas dan dosis penggunaannya. Suatu materi tak bisa diklaim mampu mengobati jika hanya diuji coba pada sampel terbatas. Berikut 5 hal yang sempat diklaim bisa mengobati diabetes

1. Semut jepang

Pesan singkat terkait khasiar semut jepang untuk mengobati diabetes sempat beredar di grup alumni perguruan tinggi. Namun konsumsi semut ternyata mengakibatan diare tak kunjung henti jika tempat penyimpanannya terinfeksi bakteri. Seorang ibu dikabarkan sempat mencoba semut jepang namun harus dirawat di rumah sakit karena diare.

2. Kolagit

Kolagit adalah obat berbahan gula tebu yang ditemukan Gita Adinda Nasution, seorang mahasiswa farmasi dari Universitas Sumatera Utara (USU). Saat itu Gita dikabarkan tengah memperjuangkan paten untuk obat yang formulanya masih dirahasiakan.

3. Kolang-kaling

Menurut ahli gizi Mochamad Aldis Rusliadi SKM, kolang-kaling tidak untuk mengobati resistensi insulin pada pengidap diabetes. Namun sumber pangan kaya serat ini bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh.

4. Ikan gabus

Klaim soal ikan gabus untuk obat diabetes berasal dari riset di Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS). Ekstrak ikan gabus dianggap membantu regenerasi jaringan pankreas yang rusak akibat kenaikan kadar gula dalam darah (hiperglikemia). Riset saat itu disebutkan memasuki tahap molekuler.

5. Pare

Pare dan daun-daunan dengan rasa pahit adalah herba yang populer di kalangan pengidap diabetes. Menurut dokter ahli penyakit dalam dr Mulyani Anny Suryani Gultom, SpPD dari Siloam Hospital ASRI, herba dianggap obat bila ada riset lebih lanjut. Asal konsumsi berisiko buruk bagi kesehatan pengidap diabetes.

 

Sumber: detik.com







Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Belum ada komentar

menu
menu