Home / Artikel / Food / Heboh Boikot Nasi Padang, Ketahui 5 Fakta Unik Soal Rumah Makan Padang

Heboh Boikot Nasi Padang, Ketahui 5 Fakta Unik Soal Rumah Makan Padang


Heboh Boikot Nasi Padang, Ketahui 5 Fakta Unik Soal Rumah Makan Padang

Nasi Padang seolah masuk dalam salah satu makanan paling enak bagi orang Indonesia. Isu boikot nasi padang yang sedang heboh tampaknya tak akan berpengaruh. 

Rumah makan Padang akan dengan mudah dijumpai di Jakarta dan kota besar lainnya di Indonesia. Selain rasa makanannya yang menggoda dan bikin nagih, ternyata ada fakta unik seputar rumah makan padang. 

Berikut ini beberapa fakta dan hal unik yang berkaitan dengan rumah makan Padang dan sajian khasnya. 

1. Misteri nasi padang yang dibungkus

Banyak orang bertanya-tanya kenapa nasi padang yang dibungkus punya rasa lebih sedap dan porsinya juga lebih banyak. Misteri ini memang belum pernah terpecahkan namun hampir semua orang setuju. 

Ada yang mengatakan kalau penjual memang sengaja membungkus nasi padang dengan porsi lebih banyak dengan maksud agar bisa disantap bersama-sama keluarga. Hal ini berkaitan dengan sejarah orang Minang yang menyebut rumah makan dengan sebutan Ampera yang merupakan singkatan dari Amanat Penderitaan Rakyat saat masa penjajahan. 

Nah kalau nasi padang yang dibungkus terasa lebih enak, banyak yang menyimpulkan karena bumbu masakan sudah meresap ke dalam nasi. Inilah yang membuatnya lebih sedap dimakan. 

2. Di Sumatera Barat tak ada rumah makan Padang 

Meskipun berasal dari ranah Minang tapi di Sumbar sama sekali tak ada rumah makan Padang. Di daerah asalnya hanya dikenal dengan sebutan rumah makan. 

Lauk pauk yang disajikan di rumah makan ini juga tak sebanyak di kota lain. Di Minang justru rumah makan populer dengan spesialisasinya sendiri misalnya rumah makan khusus gulai. 

3. Foto kakek di rumah makan padang 

Jangan heran kalau melihat foto kakek-kakek di banyak rumah makan padang. Kakek yang mengenakan kopiah ini adalah Ungku Saliah.

Jika ada rumah makan padang yang memasang foto kakek ini, tandanya rumah makan ini asli Pariaman. Foto ini menunjukkan gambar tampak dekat ini berwarna hitam putih yang berkesan klasik. 

4. Keahlian pelayan membawa banyak piring 

Cara penyajian yang unik di rumah makan padang juga tak boleh terlewatkan. Sebelum makan, pengunjung akan melihat atraksi para pelayan yang ahli membawa belasan piring berisi lauk. 

Kemampuan ini tentunya diperoleh dari latihan terus menerus. Pelayan akan membawa piring di kedua tangannya, piring ditumpuk berlapis dan dibawa ke meja pengunjung. Keren!

5. Rendang jadi makanan terenak di dunia

Fakta membanggakan lainnya yakni rendang yang diakui jadi makanan terenak di dunia. Olahan daging sapi ini jadi makanan terenak versi CNN pada 2017 lalu. Aroma dan rasa bumbu yang pekat menjadi rahasia kelezatan rendang. 

Kelezatan rasa rendang setimpal dengan proses pengolahannya. Rendang berasal dari kata marandang yang artinya memasak perlahan dan lama. Dibutuhkan waktu berjam-jam untuk membuat rendang berbumbu kental dan enak. 

 

Sumber: detik.com







Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Belum ada komentar

menu
menu