Home / Artikel / Food / Berapa Lama Ikan hingga Susu Bisa Disimpan di Kulkas?

Berapa Lama Ikan hingga Susu Bisa Disimpan di Kulkas?


Berapa Lama Ikan hingga Susu Bisa Disimpan di Kulkas?

Kulkas jadi solusi ampuh untuk menjaga kesegaran makanan. Namun ada aturan soal lama menyimpan makanan yang disarankan.

Menyimpan makanan di kulkas memang bisa mempertahankan kualitas dan kesegaran makanan. Namun ternyata tidak semua jenis makanan bisa disimpan lama di dalam kulkas karena bisa mengubah kualitas, nutrisi, dan rasa makanan itu.

The Sun (30/7) melaporkan ada beberapa makanan yang tidak dapat bertahan lama di lemari es seperti buah, sayuran, ikan dan keju. Mungkin di awal terlihat masih bagus, namun ketika dua sampai tiga hari, makanan tersebut akan berubah.

Bahkan ternyata Anda harus menyimpan makanan tertentu di kulkas dalam durasi yang tak terlalu lama. Makanan yang Anda pikir akan tetap segar hingga satu minggu sebenarnya tidak akan terus segar.

Contohnya adalah ikan. Ikan atau makanan laut lainnya seperti kerang tidak boleh bertahan lebih dari satu hari. Namun berbeda dengan salmon asap, ikan ini akan tetap segar hingga dua minggu.

Kemudian Anda juga tidak boleh menyimpan keju seperti Parmesan terlalu lama. Keju yang sudah disimpan lebih dari seminggu harus dibuang. Sayuran segar jika sudah lebih dari dua hingga tiga hari juga harus dibuang, lalu susu jika sudah lebih dari empat hari harus dibuang.

Bukan hanya itu, buah-buahan yang sudah lebih dari satu minggu juga harus dibuang, karena tingkat kesegarannya berkurang. Lalu bagaimana cara yang benar dalam menyimpan makanan didalam rak kulkas? Ternyata inilah cara yang benar supaya memastikan makanan tetap aman dan menghentikan penyebaran bakteri.

Rak paling atas umumnya untuk menyimpan makanan siap saji yang tidak perlu dimasak seperti daging matang, sisa makanan, dan makanan kemasan lainnya.

Kemudian rak bagian tengah untuk produk susu seperti yoghurt dan keju. Sebenarnya susu dan telur harus disimpan di sini, bukan di bagian pintu.

Bagian rak bawah, untuk daging mentah, unggas dan ikan. Sebab selalu aman karena disimpan dalam wadah yang tertutup.

Laci sayur, tentu untuk menyimpan salad, buah dan sayuran. Namun tetap harus disimpan dalam kantong atau wadah tertutup. Agar buah dan sayuran lebih tahan lama, jangan dicuci sebelum disimpan.

Sedangkan untuk di bagian pintu, seharusnya untuk menyimpan sesuatu yang memiliki pengawet alami seperti bumbu. Anda juga dapat menyimpan mentega dan keju karena tidak perlu berada di bagian paling dingin dari kulkas.

 

Sumber: detik.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Sering Ngantuk Setelah Sarapan? Hindari Konsumsi 8 Makanan Ini

access_time 16 September 2019 09:36:57 folder_open 46

Riset: Terlalu Ganteng Bikin Susah Cari Kerja

access_time 11 September 2019 11:51:27 folder_open 53

Tidur Siang Minimal Sekali dalam Seminggu Bisa Turunkan Risiko Stroke

access_time 10 September 2019 15:26:54 folder_open 60




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Promosikan Bisnis Anda bersama AdsMart by Komiqu.com

    Promosikan bisnis atau produk Anda bersama AdsMart by Komiqu.com, cuma Rp. 10.000 / hari saja bro..

  2. Belum ada komentar

menu
menu