Home / Artikel / Food / Punya Rasa Asam Unik, Kenali 5 Asam untuk Bumbu Masak Ini

Punya Rasa Asam Unik, Kenali 5 Asam untuk Bumbu Masak Ini


Punya Rasa Asam Unik, Kenali 5 Asam untuk Bumbu Masak Ini

Rasa asam pada masakan bisa berasal dari berbagai bahan. Masyarakat Indonesia biasa menambahkan buah asam pada masakan. Tahukah Anda ada berapa jenis asam yang populer?

Ada banyak sumber rasa asam yang digunakan sebagai bumbu masakan, sebut saja asam jawa, asam kandis hingga asam patikala. Meskipun sama-sama memiliki rasa asam tetapi setiap asam memiliki ciri rasa yang berbeda. 

Penasaran dengan jenis-jenis asam yang populer jadi bumbu masak? Berikut ulasannya.

1. Asam Jawa

Bagi masyarakat yang tinggal di pulau Jawa pastilah mengenal jenis asam yang satu ini. Asam jawa yang juga populer dengan sebutan tamarind ini kerap ditambahkan dalam berbagai masakan sebagai sumber rasa asam. 

Bagian yang digunakan pada asam ini adalah bagian daging buahnya yang sudah matang. Buah asam yang berbentuk memanjang mirip kacang koro jumbo ini punya daging berwarna cokelat dan bertekstur lunak. Saat sudah matang, rasanya asam manis. 

Untuk menggunakan asam Jawa sebagai bumbu masak, Anda bisa melarutkan asam dengan sedikit air panas. Larutan air asam ini bisa langsung dicampurkan sebagai bumbu masak. Asam segar yang masih mengkal juga kerap ditambahkan sebagai bumbu pada sayur asam. 

2. Asam Gelugur

Berbeda dengan di Jawa, masyarakat Sumatera lebih familiar dengan asam gelugur. Buah asam ini masih satu kerabat dengan buah manggis. Sekilas bentuknya agak mirip manggis dengan warna buah yang hijau dan kuning. 

Asam gelugur biasanya diolah terlebih dahulu sebelum digunakan sebagai bumbu masakan. Buah asam gelugur harus diiris tipis kemudian dijemur hingga kering. 

Asam gelugur memiliki rasa asam yang lebih ringan dibandingkan asam Jawa. Jenis asam ini populer jadi tambahan untuk masakan Sumatera seperti gulai khas Aceh atau pindang kuah.

3. Asam Sunti

Asam sunti berasal dari belimbing wuluh yang dikeringkan. Selain bisa digunakan dalam keadaan segar, belimbing wuluh juga banyak diolah jadi bumbu asam kering. 

Untuk mengolahnya jadi asam sunti, belimbing wuluh harus dibelah lalu dijemur hingga layu kemudian ditaburi sedikit garam kemudian dijemur kembali. 

Saat penggunaan, asam sunti bisa dimasukkan langsung pada masakan atau dihaluskan dengan bumbu. Rasa asam sunti tidak terlalu menyengat jadi hasil masakannya hanya semburat rasa asam tipis.

4. Asam Patikala

Di Sulawesi Selatan khususnya di Palopo, masyarakatnya memanfaatkan asam patikala sebagai bumbu penambah rasa asam. Biasanya asam patikala atau asam cilaka ini ditambahkan pada masakan parede, olahan ikan asam pedas.

Asam patikala merupakan buah dari bunga kecombrang. Bagian isi ini kemudian dipipil dan dikeringkan sebelum ditambahkan dalam masakan. 

Selain memberi sensasi rasa asam pada masakan, asam patikala juga memberikan sensasi aroma kecombrang yang khas. Di Batak, asam patikala sering jadi bumbu untuk arsik ikan.

5. Asam Kandis

Buah asam kandis memiliki bentuk bulat meruncing, warnanya hijau hingga kuning pekat. Pohon buah ini banyak tumbuh di Sumatera terutama Sumatera Selatan. 

Buah asam kandis harus lebih dulu diolah dengan cara dikeringkan. Buah yang sudah matang kemudian diiris tipis dan dijemur hingga kering. 

Asam kandis yang sudah kering akan memiliki warna coklat gelap hingga kehitaman. Aroma dan rasanya masam. Selain ditambahkan sebagai bumbu masakan, asam kandis juga biasa ditambahkan sebagai campuran selai.

 

Sumber: detik.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Sering Ngantuk Setelah Sarapan? Hindari Konsumsi 8 Makanan Ini

access_time 16 September 2019 09:36:57 folder_open 46

Riset: Terlalu Ganteng Bikin Susah Cari Kerja

access_time 11 September 2019 11:51:27 folder_open 53

Tidur Siang Minimal Sekali dalam Seminggu Bisa Turunkan Risiko Stroke

access_time 10 September 2019 15:26:54 folder_open 60




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted JNE Agen Sahabat Arjawinangun Cirebon, FREE PICKUP

    Melayani paket kiriman, pindahan rumah, kiriman motor, dll.. Kami siap jemput paket di Rumah/Kantor Anda.

  2. Belum ada komentar

menu
menu