Home / Artikel / Food / Pentingnya Konsumsi Telur bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Pentingnya Konsumsi Telur bagi Ibu Hamil dan Menyusui


Pentingnya Konsumsi Telur bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Dengan kemampuan ekonomi yang semakin baik, tentu mendapatkan beragam jenis makanan bukan perkara sulit.

Namun, nyatanya orang modern sering kekurangan nutrisi. Salah satu nutrisi esensial yang sering tidak tercukupi adalah kolin.

Zat gizi ini terdapat dalam telur dan daging. Namun, sumber terbaik adalah kuning telur. Asupan kolin yang direkomendasikan setiap hari adalah 550 miligram perhari untuk laki-laki dan 425 mg untuk wanita.

Pada ibu hamil, jumlahnya harus ditingkatkan menjadi 450 mg dan 550 mg selama menyusui. Sebenarnya tidak sulit mencukupi asupan kolin, karena dalam satu telur rebus terkandung 113 mg kolin.

Meski begitu, tetap saja banyak orang yang kekurangan. Salah satunya adalah karena takut kadar kolesterol naik gara-gara konsumsi telur. Baca juga: Kuning Telur Versus Putih Telur, Manakah yang Lebih Sehat? Fungsi otak Menurut National Institutes of Health, kolin dibutuhkan tubuh, terutama karena otak dan sistem saraf menggunakannya untuk mengatur fungsi vitl, termasuk memori, mood, dan kontrol otot.

Kolin juga dibutuhkan untuk membentuk membran yang menyelimuti sel-sel tubuh. "Pada janin, kolin dibutuhkan untuk pembentukan otak dan saraf tulang belakang.

Kekurangan kolin dapat berpengaruh pada perkembangan kecerdasan bayi," kata ahli gizi Emma Derbyshire, PhD. Ia menambahkan, ibu hamil dan menyusui seharusnya jangan sampai kekurangan kolin.

Karena fungsinya yang besar bagi otak, konsumsi kolin juga bisa menurunkan berbagai gangguan kesehatan yang terkait dengan fungsi otak, misalnya Alzheimer.

Konsumsi kolin yang cukup akan menjaga fungsi saraf, ukuran otak, dan jaringan saraf untuk mencegah penurunan daya ingat akibat penuaan.

Penelitian menyebut, kelainan otak yang ditemukan pada pasien demensia dan Alzheimer kemungkinan terkait dengan kekurangan kolin.

 

Sumber: kompas.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Sering Ngantuk Setelah Sarapan? Hindari Konsumsi 8 Makanan Ini

access_time 16 September 2019 09:36:57 folder_open 46

Riset: Terlalu Ganteng Bikin Susah Cari Kerja

access_time 11 September 2019 11:51:27 folder_open 53

Tidur Siang Minimal Sekali dalam Seminggu Bisa Turunkan Risiko Stroke

access_time 10 September 2019 15:26:54 folder_open 60




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted JNE Agen Sahabat Arjawinangun Cirebon, FREE PICKUP

    Melayani paket kiriman, pindahan rumah, kiriman motor, dll.. Kami siap jemput paket di Rumah/Kantor Anda.

  2. Belum ada komentar

menu
menu