Home / Artikel / Healthy / Saran Stephen Hawking Untuk Orang-Orang yang Mengalami Depresi

Saran Stephen Hawking Untuk Orang-Orang yang Mengalami Depresi


Saran Stephen Hawking Untuk Orang-Orang yang Mengalami Depresi

Ilmuwan terkenal dunia Stephen Hawking diketahui telah banyak memberikan wawasan berharga kepada kita mengenai konsep ruang, waktu, dan intisari teori fisika. Namun, dalam perbincangan terakhirnya, fisikawan ikonik ini menerapkan pemikiran briliannya untuk sesuatu yang lebih emosional.

Hawking memberikan pesan yang tajam untuk orang-orang yang menderita depresi. Ia membuat persamaan antara depresi dan lubang hitam. “Tidak peduli seberapa gelapnya mereka, tetap saja ada yang berhasil melarikan diri.”

Hawking mengatakan, "pesan dari kuliah ini adalah bahwa lubang hitam tidak hitam karena dicat. Mereka bukanlah penjara yang kekal seperti anggapan kita dahulu.”

"Sesuatu bisa saja kabur dari lubang hitam, entah itu keluar ataupun berpindah ke alam semesta yang lain. Jadi jika anda merasa seperti berada di sebuah lubang hitam, janganlah menyerah, pasti ada jalan keluar."

Dia memberikan pidatonya di depan kerumunan berjumlah lebih dari 400 orang pada Kamis malam, 7 Januari, sebagai bagian dari Reith lecture at the Royal Institute di London. Kuliah ini sebenarnya telah dijadwalkan untuk dilaksanakan pada November tahun lalu, namun terpaksa ditunda karena kesehatan Hawking yang buruk.

Hawking telah hidup bersama penyakit neuron motoriknya selama hampir 53 tahun, meskipun saat itu ia diberitahu oleh dokter bahwa ia hanya memiliki waktu dua tahun untuk hidup saat pertama kali didiagnosis pada tahun 1963.

Berbicara kepada audiens yang sama, putri Stephen Hawking, Lucy mengatakan bahwa Hawking mempunyai kebugaran mental yang sangat luar biasa, baik secara intelektual maupun secara emosional.

"Ia memiliki keinginan yang kuat untuk terus hidup dan ia memiliki kemampuan untuk membangkitkan semua hal yang dia punya, semua energi, semua fokus mentalnya, dan ia paksa mereka semua untuk mencapai kehidupannya," katanya.

"Tidak hanya untuk terus hidup, namun lebih dari itu, ia juga menciptakan karya yang luar biasa. Menulis buku, memberikan pidato, dan menginspirasi para penderita neurodegenerative serta orang-orang cacat lainnya."

Bagi anda yang cukup beruntung memiliki akses ke BBC Radio 4, anda dapat mendengarkan kuliah Stephen Hawking secara penuh melalui dua siaran radio ini pada tanggal 26 Januari dan tanggal 2 Februari, pukul 9 pagi waktu setempat.

 

Sumber: blogkertas.blogspot.co.id



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Covid-19, Vitamin C dan Kekebalan Tubuh

access_time 18 April 2020 10:53:01 folder_open 244

Pengusaha Cantik Asal Semarang yang Pekerjakan Puluhan Difabel

access_time 21 Maret 2020 11:21:55 folder_open 127

Nasihat Habib Jindan Agar Tak Kawatir Soal Rejeki

access_time 14 Maret 2020 11:40:13 folder_open 85




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Kopi Kebersamaan, Kopi Enak Ga Harus Mahal

    Kopi Enak Ga Harus Mahal, dibuat dari biji kopi pilihan asli Indonesia dengan varian rasa yang bikin segar

  2. Belum ada komentar

menu
menu