Home / Artikel / Lifestyles / Sering Ngantuk Setelah Sarapan? Hindari Konsumsi 8 Makanan Ini

Sering Ngantuk Setelah Sarapan? Hindari Konsumsi 8 Makanan Ini


Sering Ngantuk Setelah Sarapan? Hindari Konsumsi 8 Makanan Ini

Kamu sering ngantuk usai sarapan? Bisa jadi karena salah pilih makanan. Berikut 8 makanan yang bisa picu kantuk kalau dimakan saat sarapan.

Merasa ngantuk usai sarapan, padahal sudah tidur cukup di malam harinya, ternyata termasuk hal yang lumrah. Hal ini disebabkan oleh makanan yang kamu makan ketika sarapan. Makanan yang dikonsumsi memang bisa jadi sumber energi tetapi bisa juga usai makan justru membuat orang merasa lelah dan lemas.

Dilansir dari Eat This, Not That! (30/11), inilah 8 makanan yang sebaiknya dihindari ketika sarapan karena akan membuat kamu mengantuk dan lelah.

1. Bagel

Bagel tidak disarankan untuk dimakan ketika sarapan, karena satu bagel mengandung karbohidrat tanpa nutrisi yang sama seperti empat potong roti. Karbohidrat memang dapat memberi kamu energi, namun tidak untuk karbohidrat kosong seperti yang ada pada bagel.

Bagel juga kekurangan serat dan protein, dua nutrisi yang dibutuhkan untuk memperlambat pencernaan karbohidrat. Hal ini akan membuat Anda mengantuk karena Anda tidak akan memiliki tingkat energi yang lama setelah kamu memakannya.

2. Greek Yoghurt

Greek yoghurt memang merupakan sumber probiotik sehat yang dipenuhi protein, tetapi jika kamu membeli yogurt yang pakai sirup jagung fruktosa tinggi atau gula, hal ini bisa jadi penyebab kamu merasa lesu setelah memakannya. Anda bisa ganti dengan konsumsi plain yoghurt.

3. Pancake

Pancake memang menjadi makanan yang pas untuk sarapan. Tetapi jika dimakan terlalu banyak, makan pancake akan membuat kamu mengantuk. Sebab pancake sepenuhnya mengandung karbohidrat dan tidak mengandung serat atau protein apa pun.

4. Jus jeruk

Jus jeruk sangat tidak baik diminum ketika sarapan sebab jus menyegarkan ini penuh dengan sirup jagung fruktosa tinggi, gula, perasa buatan, serta pewarna. Sebagai gantinya, kamu bisa minum air mineral atau lebih baik makan buah jeruk utuh.

5. Sereal

Sereal sering menjadi menu sarapan yang paling enak dan mengenyangkan. Namun kamu bisa merasa ngantuk setelah memakannya. Hal ini bisa terjadi karena sereal penuh dengan sirup jagung fruktosa tinggi, gula, dan jagung, yang pada dasarnya trifecta alias penghisap karbohidrat yang kaya energi.

Kamu bisa mengganti hidangan sereal dengan bubur gandum dengan sedikit kayu manis dan taburan kacang.

6. Smoothies

Buah memang sangat tinggi serat, rendah kalori, sumber vitamin dan nutrisi. Tetapi juga perlu diingat bahwa buah juga tinggi gula. Jadi jika kamu buat menjadi smoothie, itu ternyata sangat tidak pas dikonsumsi ketika sarapan.

"Walaupun mungkin membuatnya mudah dan rasanya enak, tetapi saya sering mengingatkan klien saya untuk menyeimbangkan smoothie mereka. Smoothie yang seimbang mengandung campuran buah dengan bahan padat gizi lainnya seperti lemak sehat, protein, dan sayuran." kata Katie Cavuto, seorang ahli diet.

Jadi untuk menghindari gula berlebih yang ada pada buah, kamu perlu perhatikan dalam membuat smoothie. Kamu bisa mencampur dengan kangkung, bayam, chia seeds, dan susu almond tanpa pemanis. Lemak dan protein yang sehat akan membantu menyeimbangkan tingkat fruktosa yang berlebihan.

 

Sumber: detik.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Tas Tradisional Suku Indonesia Diakui UNESCO

access_time 02 Oktober 2019 14:41:35 folder_open 83

Manfaat Hati Sapi Untuk Kesehatan

access_time 02 Oktober 2019 14:11:57 folder_open 59

Sejarah Asal Mula Bom Molotov

access_time 29 September 2019 22:54:30 folder_open 58




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Promosikan Bisnis Anda bersama AdsMart by Komiqu.com

    Promosikan bisnis atau produk Anda bersama AdsMart by Komiqu.com, cuma Rp. 10.000 / hari saja bro..

  2. Belum ada komentar

menu
menu