Home / Artikel / Sejarah / Sejarah Asal Mula Bom Molotov

Sejarah Asal Mula Bom Molotov


Sejarah Asal Mula Bom Molotov

Istilah bom Molotov nampaknya sudah sangat akrab ditelinga orang. Apalagi zaman kerusuhan tahun 1998 di Jakarta dan Solo, dan terakhir pada peristiwa 22 Mei 2019 beberapa waktu lalu, bom Molotov seakan jadi senjata utama para oknum demonstran yang memang berniat membuat rusuh saja.

Visualisai bom molotov tentunya kita paham yakni botol kaca berisi bahan bakar dengan sumbu kain di ujungnya. Sering kita lihat huru-hara diluar maupun dalam negeri penggunaan bom molotov amat sangat merusak. Bom sederhana ini bukan bertujuan untuk menghancurkan namun untuk membakar targetnya. Namun darimana asal muasal dan nama bom molotov?

Nah, rupanya bom molotov diambil dari nama seseorang asal Uni Soviet, Vyacheslav Mikhailov Molotov. Vyacheslav Mikhailov Molotov adalah seorang politisi Uni Soviet tahun 1920-an. Tapi bukan Vyacheslav Mikhailov Molotov lah penemu dan perancang bom molotov.

Bom molotov pertama kali digunakan dalam perang saudara Spanyol Juli 1936-April 1939 antara Spanish Nasionalists pimpinan Jenderal Fransisco Franco melawan Spanish Republican. Pasukan Jenderal Franco sengaja membuat bom molotov untuk menahan gempuran tank T-26 milik lawannya.

Keampuhan bom molotov ini langsung menarik perhatian militer negara lain. Finlandia kemudian juga menggunakan bom molotov untuk menghalangi gerak maju tank tentara Uni Soviet yang menyerbu negara mereka pada tahun 1939.

Tak mau kalah, AU Soviet juga menggunakan bom molotov untuk membombardir pertahanan Finlandia melalui serangan udara. Baru dalam invasi Soviet ini Vyacheslav Mikhailov Molotov mengomentari akan penggunaan bom tersebut.

Vyacheslav Mikhailov Molotov berujar dengan nada sarkas bahwa AU Soviet tidak mengirimkan bom kepada pejuang Finlandia namun 'makanan' bagi penduduk Finlandia yang kelaparan. Gara-gara ini rakyat Finlandia kemudian menamai bom tersebut sebagai bom molotov karena komentar sarkas si Vyacheslav Mikhailov Molotov. Bahkan pihak angkatan perang Finlandia seakan mewajibkan prajuritnya membawa bom molotov saat maju berperang.

Mereka kemudian membuat bom molotov dengan versi 'Molotov Cocktail' yang dproduksi secara massal oleh Finnish Alcohol Monopoly (ALKO) untuk keperluan tentara dari tahun 1939-1940. Pengembangan bom molotov kemudian meluas dan varian canggihnya dikembangkan oleh Amerika yakni Napalm.

 

*Sumber : grid.id, akuratnews.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Kisah Pilu Fikri, Santri "Peramal" Prabowo Jadi Menteri

access_time 29 Oktober 2019 21:48:25 folder_open 127

Gambar Pedesaan atau Gajah yang Pertama Kali Dilihat?

access_time 29 Oktober 2019 21:29:45 folder_open 121

Sejarah Panjang Tupperware, Wadah Favorit Emak-Emak

access_time 29 Oktober 2019 12:24:58 folder_open 108




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Promosikan Bisnis Anda bersama AdsMart by Komiqu.com

    Promosikan bisnis atau produk Anda bersama AdsMart by Komiqu.com, cuma Rp. 10.000 / hari saja bro..

  2. Belum ada komentar

menu
menu