Home / Artikel / Healthy / Manfaat Hati Sapi Untuk Kesehatan

Manfaat Hati Sapi Untuk Kesehatan


Manfaat Hati Sapi Untuk Kesehatan

Hati sapi merupakan daging organ yang populer untuk dikonsumsi. Hati sapi menjadi olahan lezat yang disukai banyak orang. Hati mengandung nutrisi tinggi yang baik untuk tubuh. Tak cuma kaya akan zat besi, hati sapi mengandung jauh lebih banyak vitamin B-12 dan vitamin A. 

Karena hati menyaring racun dan zat-zat berbahaya lainnya yang keluar dari darah, beberapa orang beranggapan makan hati sapi buruk bagi kesehatan. Meskipun mengonsumsi hati sapi memang memerlukan beberapa pertimbangan potensial, ini sangat baik untuk kesehatan.

Hati sapi kaya nutrisi mudah ditemukan dan diolah menjadi ragam menu makanan. Mengonsumsinya dalam jumlah wajar dapat memberi manfaat kesehatan secara keseluruhan. Namun, penting untuk diperhatikan bahwa hati sapi dan semua jenis hati tidak disarankan untuk penderita kolesterol tinggi.

Hati sapi yang kaya nutrisi aman dikonsumsi khususnya hati dari sapi organik. Penting juga memilih hati sapi segar untuk memastikan hati aman dikonsumsi. Berikut manfaat mengonsumsi hati sapi untuk kesehatan

Memasukkan hati sapi dalam makanan dapat membantu meningkatkan asupan zat besi dan mencegah anemia. Zat besi dalam sel darah merah membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh. Tanpa persediaan zat besi yang cukup, tubuh akan rentan mengalami anemia defisiensi besi. Zat besi juga memiliki peran lain di seluruh tubuh, termasuk mendukung metabolisme dan sistem kekebalan tubuh

Hati sapi mengandung karbohidrat dan protein, yang keduanya berkontribusi pada jumlah energi untuk memberi tenaga pada tubuh. Energi utama yang dibutuhkan tubuh berasal dari karbohidrat dan kemudian dari protein. Makronutrien ini tidak dapat dikonversi menjadi energi tanpa vitamin B. Beruntungnya hati sapi merupakan sumber vitamin B terbaik. Hati sapi mengandung tiamin, riboflavin, niasin, vitamin B-6, folat, vitamin B-12 dan asam pantotenat.

Hati hewan seperti sapi adalah salah satu sumber terkaya vitamin A. Ini karena seperti manusia, hewan menyimpan vitamin A di hati. Nilai harian yang disarankan dari vitamin ini adalah 5.000 unit Internasional untuk orang dewasa. Vitamin A dalam hati sapi larut dalam lemak, jadi tidak ada yang terbuang.

Hati sapi juga mengandung mineral penting berupa tembaga. Tembaga adalah komponen fungsional dari berbagai enzim. Menurut Linus Pauling Institute, tubuh membutuhkan enzim ini untuk menghasilkan energi, memetabolisme zat besi, mensintesis kolagen dan menjaga kesehatan saraf.

Sementara itu kandungan vitamin B-6 mengatur suasana hati dan siklus tidur. Vitamin B-12 pada hati sapi juga sangat penting untuk saraf dan sel darah merah. Zat besi dan seng pada hati sapi juga bisa mendukung sistem kekebalan tubuh. Seng juga penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat dan membantu mengatur DNA.

Konsumsi hati sapi berlebihan ( lebih dari 3 ons ) tiap hari dapat menyebabkan tembaga dan vitamin A terbentuk pada tingkat racun. Toksisitas tembaga jarang terjadi pada orang dewasa yang sehat, tetapi dapat menyebabkan kerusakan hati, jadi penting untuk membatasi asupan tembaga harian hingga 10 miligram.

Terlepas dari manfaat nutrisinya, dengan begitu banyak vitamin A dan kolesterol, konsumsi hati sapi harus dibatasi. Persiapkan hati dengan membilasnya dengan air dingin. Setelah mengeringkannya, beri sedikit tepung dan tumis dalam minyak zaitun.

 

Sumber : Liputan6.com
Penuluis : Anugerah Ayu Sendari
Foto : Okezone.com



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Tas Tradisional Suku Indonesia Diakui UNESCO

access_time 02 Oktober 2019 14:41:35 folder_open 83

Sejarah Asal Mula Bom Molotov

access_time 29 September 2019 22:54:30 folder_open 58

4 Ciri Khas Nyeri Dada karena Serangan Jantung yang Perlu Diketahui

access_time 22 September 2019 01:32:45 folder_open 100




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted JNE Agen Sahabat Arjawinangun Cirebon, FREE PICKUP

    Melayani paket kiriman, pindahan rumah, kiriman motor, dll.. Kami siap jemput paket di Rumah/Kantor Anda.

  2. Belum ada komentar

menu
menu