Home / Artikel / Campur-Campur / Jembatan Hasil Karya Leonardo Da Vinci Dibangun Menggunakan Es

Jembatan Hasil Karya Leonardo Da Vinci Dibangun Menggunakan Es


Jembatan Hasil Karya Leonardo Da Vinci Dibangun Menggunakan Es

Golden Horn Bridge, yang dirancang oleh Leonardo da Vinci pada tahun 1502, akhirnya dibangun. Walaupun pada awalnya orang-orang di masa Renaissance membangun jembatan ini untuk melintasi Bosphorus di Istanbul, ternyata konstruksi terakhirnya dikerjakan di Juuka, Finlandia. Kemudian, bukannya menciptakan jembatan dari batu sesuai desain aslinya, para insinyur di balik proyek ini justru menggunakan es.

Dengan bentangan sepanjang 35 meter (115 kaki) dalam prosesnya, jembatan yang disebut Bridge in Ice ini akan menjadi jembatan terpanjang yang pernah dibangun dari es dan diharapkan akan selesai pada tanggal 13 Februari tahun ini. Meskipun begitu, tetap saja nantinya akan tergantung pada cuaca, dan suhu udara yang meningkat menjadi sebuah ancaman bagi prospek jembatan ini karena membuatnya tidak dapat membeku dengan cepat sesuai yang diharapkan.

Untungnya, hingga saat ini kondisi udara terlihat cukup ideal untuk pembangunan jembatan, dengan suhu di Juuka berada diantara -30° C (-22° F), terhitung sejak pekerjaan dimulai pada tanggal 28 Desember 2015. Untuk pembuatan struktur, sekitar 150 orang siswa yang dipimpin oleh tim dari Eindhoven University of Technology bekerja dalam shift setiap jamnya, memastikan semua peralatan tetap bekerja sehingga tidak membeku.

Jembatan ini diciptakan menggunakan es yang dilapisi serat kertas, membuatnya tiga kali lebih kuat dan 20 kali lebih fleksibel dibandingkan es normal. Dalam membuatnya, tim menyemprotkan tipis lapisan campuran dari air dan kertas ini di sekitar permukaan cetakan karet raksasa, yang kemudian membeku seketika. Setiap lapisan hanya memiliki ketebalan beberapa milimeter, dan ketika lapisan-lapisan ini telah dibuat cukup banyak hingga mampu menopang es untuk berdiri sendiri, cetakan yang mirip seperti balon besar tersebut dilepaskan.

Nanti setelah selesai, jembatan ini rencananya akan dibuka hanya untuk pejalan kaki saja, meskipun tim yakin bahwa jembatan ini sebenarnya juga bisa menopang beban kendaraan yang berat. Untuk membuktikan hipotesis tersebut, mereka nantinya berniat untuk mengendarai mobil di atas jembatan pada saat upacara pembukaan. Kemudian apabila di masa mendatang esnya mencair, serat kertasnya akan digunakan untuk pupuk kompos.

 

Sumber: bagikertas.blogspot.co.id



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Covid-19, Vitamin C dan Kekebalan Tubuh

access_time 18 April 2020 10:53:01 folder_open 244

Pengusaha Cantik Asal Semarang yang Pekerjakan Puluhan Difabel

access_time 21 Maret 2020 11:21:55 folder_open 129

Nasihat Habib Jindan Agar Tak Kawatir Soal Rejeki

access_time 14 Maret 2020 11:40:13 folder_open 85




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Wahana, Jasa Ekspedisi Termurah Segalaksi

    Wahana Express melayani kiriman paket dan dokumen dengan tarif murah. Temukan agen terdekat kami di kota Anda

  2. Belum ada komentar

menu
menu