Home / Artikel / Antariksa / Wow! Gambar-gambar Terbaru Ini Menunjukkan Kemungkinan Adanya Awan di Pluto

Wow! Gambar-gambar Terbaru Ini Menunjukkan Kemungkinan Adanya Awan di Pluto


Wow! Gambar-gambar Terbaru Ini Menunjukkan Kemungkinan Adanya Awan di Pluto

Gambar-gambar terbaru yang diterima oleh Jacob Aron dari New Scientist menunjukan suatu objek yang tampak seperti awan di planet Pluto. Jika dugaan ini telah dikonfirmasi kebenarannya, maka penemuan awan di planet pluto akan menjadi penemuan yang sangat luar biasa, karena ternyata di planet kerdil tersebut terdapat sejumlah besar aktivitas atmosfer yang terjadi..

Foto-foto yang masih belum dirilis ke publik, yang diambil dari New Horizons, menunjukkan adanya gumpalan di kabut planet Pluto yang kemungkinan adalah awan individu. New Horizons adalah sebuah wahana antariksa tak berawak miliki NASA yang dirancang untuk terbang melintasi planet Pluto beserta bulan/satelit-satelitnya. Pesawat luar angkasa tanpa awak New Horizons diharapkan mampu mengirimkan foto-foto detail planet Pluto dan satelitnya. Wahana luar angkasa ini memiliki berat sebesar hampir 500 kilogram.

New Horizons direncanakan akan melintasi seluruh bagian tata surya selama sembilan tahun sebelum akhirnya terbang menuju Pluto dan satelitnya, Charon, pada tahun 2015. Jika berhasil, New Horizons akan menjadi pesawat luar angkasa pertama yang berhasil mengunjungi planet kerdil tersebut. Di dalam New Horizons, terdapat tujuh peralatan ilmiah yang dirancang khusus untuk memberikan berbagai informasi mengenai keadaan permukaan planet Pluto, baik susunan dalam, maupun atmosfernya.

New Horizons awalnya direncanakan dapat meluncur pada tanggal 11 Januari 2006, namun rencana ini tertunda hingga tanggal 17 Januari, dan tertunda lagi hingga tanggal 19 Januari 2006 karena ada beberapa pengujian lanjutan harus dilakukan. Peluncurannya dilaksanakan menggunakan sebuah roket Atlas V.

Dalam email yang diterima oleh New Scientist, para peneliti yang terlibat dengan misi eksplorasi Pluto menemukan beberapa fitur khusus pada foto-foto yang diduga awan tersebut.

Untuk saat ini, kita tidak mengetahui mengapa bisa terdapat awan, atau terbentuk dari apakah yang awan-awan di planet Pluto. Namun, laporan dari para peneliti yang dimuat dalam jurnal Science berikutnya kemungkinan dapat mengungkapkan rinciannya secara lebih lanjut.

"Email yang kami terima tidak membahas tentang darimana awan tersebut berasal," kata New Scientist. "Awan-awan ini kemungkinan memiliki komposisi yang mirip dengan atmosfer pada umumnya, yang menurut laporan tim Science selanjutnya, terdiri dari nitrogen, dengan indikasi metana, asetilena, etilena dan etana."

Sebelum penemuan ini dapat dikonfirmasi, kita hanya bisa mengagumi foto-foto terbaru yang datang dari dunia yang menakjubkan ini.

 

Sumber: bagikertas.blogspot.co.id



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Covid-19, Vitamin C dan Kekebalan Tubuh

access_time 18 April 2020 10:53:01 folder_open 237

Pengusaha Cantik Asal Semarang yang Pekerjakan Puluhan Difabel

access_time 21 Maret 2020 11:21:55 folder_open 119

Nasihat Habib Jindan Agar Tak Kawatir Soal Rejeki

access_time 14 Maret 2020 11:40:13 folder_open 81




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted TIKI Arjawinangun, Hanya Satu Titipan Kilat

    TIKI, Hanya satu titipan kilat.. Kami hadir lebih dekat, telah hadir TIKI AGEN ARJAWINANGUN, Kab. Cirebon

  2. Belum ada komentar

menu
menu