Home / News / Entertainment / Kontroversi Film Joker

Kontroversi Film Joker


Kontroversi Film Joker

Film Joker yang tayang perdana di bioskop Indonesia 2 Oktober 2019, menimbulkan kontroversi di beberapa negara. Beberapa menganggap film Joker ini berpotensi menginspirasi serangan kekerasan massal.

Kontroversi ini muncul sejak keluarga korban penembakan massal yang terjadi di penayangan film Batman, The Dark Knight Rises, pada 2012 di Colorado menyampaikan kekhawatiran mereka. Mereka khawatir film yang dibintangi Joaquin Phoenix itu justru memberikan empati bagi pelaku dengan gangguan mental untuk melakukan tindak kejahatan keji.

Namun, dikutip dari Psychology Today, Bobby Azarian, PhD, seorang ilmuwan saraf kognitif yang berafiliasi dengan Universitas George Mason mengatakan bahwa dari dua trailer yang telah dirilis, ia percaya efek positif film Joker pada masyarakat akan lebih besar daripada yang negatif. Menurutnya, film Joker dapat mendidik masyarakat tentang penyakit mental dan cara mengatasinya.

"Arthur Fleck awalnya bukan maniak pembunuh. Dia adalah seorang pelawak dan penghibur yang ingin membawa sukacita bagi dunia, dan seorang putra yang dengan penuh kasih merawat ibunya yang sakit. Dia menjadi terkoyak dan kasar hanya setelah dia diganggu, dipukuli, dan dihina oleh orang lain," kata Bobby.

Menurut Bobby, film ini bisa membuat kita semua berpikir lebih dalam tentang faktor sosial dan psikologis apa saja yang dapat mendorong seseorang yang rentan secara mental. Kalau menurutmu bagaimana? Saksikan Joker yang rilis hari ini di bioskop kesayangan Anda.

 

Sumber : Detik.com, penulis : Michelle Natasya
Foto : Warner Bros



Artikel Terbaruartikel terbaru lainnya

Tas Tradisional Suku Indonesia Diakui UNESCO

access_time 02 Oktober 2019 14:41:35 folder_open 83

Manfaat Hati Sapi Untuk Kesehatan

access_time 02 Oktober 2019 14:11:57 folder_open 59

Sejarah Asal Mula Bom Molotov

access_time 29 September 2019 22:54:30 folder_open 58




Login disini untuk memberikan komentar

 

comment0 Responses
  1. Promoted Kopi Kebersamaan, Kopi Enak Ga Harus Mahal

    Kopi Enak Ga Harus Mahal, dibuat dari biji kopi pilihan asli Indonesia dengan varian rasa yang bikin segar

  2. Belum ada komentar

menu
menu